Nextren.com -Facebook mengalami pertumbuhan pengguna yang signifikan pada kuartal 4 2022.
Menurut Laporan Pendapatan Kuartal 4 2022, Facebook berhasil mencatat sejarah baru pengguna aktif harian.
Pada kuarta 4 2022, Facebook berhasil mencatatkan 2 miliar pengguna aktif harian di seluruh dunia.
Pertumbuhan ekosistem sosial media Facebook di akhir tahun 2022 juga terlihat di Indonesia.
Di Indonesia, jumlah Grup yang aktif di Facebook telah bertumbuh dari 7,5 juta Grup di tahun 2020 menjadi 10,5 juta Grup saat ini.
Pengumuman ini menunjukkan pertumbuhan dan relevansi Facebook yang berkelanjutan bagi para penggunanya sebagai salah satu jejaring sosial pertama yang menawarkan social discovery journey di mana para penggunanya dapat berinteraksi dan terhubung dengan berbagai hal dan orang-orang yang berarti bagi mereka.
Baca Juga: Meta Rilis Langganan Centang Biru Instagram dan Facebook, Ini Harganya
Perusahaan induk Facebook, Meta menerapkan inovasi AI di platform Facebook yang mendorong perkembangan fitur-fitur utama seperti Reels.
Inovasi AI MetamemungkinkanFacebookuntuk merekomendasikan konten yang sangat relevan bagi para penggunanya.
Hal ini menjadi kunci bagi Reels, yang terus berkembang dengan cepat di seluruh aplikasi kami baik dalam hal produksi dan konsumsi.
Dalam Facebook, kecerdasan buatan (AI) juga mampu merekomendasikan semua jenis konten di luar Reels seperti foto, teks, grup, video berdurasi pendek dan panjang, dan masih banyak lagi.
Baca Juga: Meta Hapus Fitur NFT di Facebook dan Instagram demi Efisiensi
Facebook menggunakan AI untuk mengidentifikasi kreator yang menarik minat pengguna dan meningkatkan cara merekomendasikan Reel dan konten lain dari kreator di Feed pengguna.
Facebook juga memperkenalkan beberapa fitur untuk memudahkan pengguna menemukan kreator yang relevan dengan minat mereka seperti label kreator yang sedang naik daun untuk kreator populer, unit saran di Feed yang merekomendasikan kreator, dan ajakan Follow yang lebih konsisten untuk membantu pengguna mengikuti kreator yang mereka temukan di rekomendasi atau komentar.
Baca Juga: Meta Rilis Fitur Baru di Facebook Reels, Bisa Upload Video 90 Detik!
Head of Facebook Tom Elisson dalam Laporan Pendapatan Kuartal 4 2022 mengungkapkan bahwa terdapat pergeseran perilaku pengguna Facebook selama beberapa tahun terakhir.
Facebook dijadikan sebagai media untuk mencari hiburan dan menemukan sesuatu yang baru.
"Telah terjadi pergeseran dalam beberapa tahun terakhir, dimana orang-orang lebih banyak datang ke Facebook untuk mendapatkan hiburan dan menemukan sesuatu yang baru," ujar Tom Elisson.
"Alasan-alasan baru inilah yang menjadi alasan mengapa kami berinvestasi dalam penemuan yang didukung oleh AI," sambungnya.
(*)