Apple Diisukan Akan Buat AirPods Jadi Alat Bantu Dengar di Masa Depan

Senin, 13 Maret 2023 | 15:00
iDownloadBlog

Ilustrasi AirPods buatan Apple yang dikabarkan akan memiliki kemampuan sebagai alat bantu dengan di masa depan.

Nextren.grid.id - Setelah meluncurkan berbagai paten, Apple nampaknya tidak berhenti berinovasi dengan berbagai perangkat yang sudah mereka miliki.

Melansir darianalis kenamaan bernama Mark Gurman di buletin PowerOn, perusahaan akan merubah AirPods menjadi "alat bantu dengar". (13/2/2023)

Gurman mengatakan bahwa kemampuan ini akan dikembangkan melalui fiturLive Listen di AirPods.

Fitur ini mampu memperkuat suara yang dihasilkan apapun di seluruh penjuru ruangan yang ada di sekitar pengguna.

Tentunya, perangkat ini akan sangat berguna apabila dikenakan oleh orang dengan masalah pendengaran.

Menurut tulisan Gurman, ada kemungkinan yang besar untuk Applemengubah fungsi AirPods menjadi alat bantu dengar yang telah disetujui oleh FDA.

Hal ini disebabkan oleh perubahan peraturan di AS yang memungkinkan pembelian alat bantu dengar tanpa harus melalui resep dokter.

Dengan demikian, Apple berpotensi untuk memasarkan AirPods sebagai alat bantu dengar dalam dua maupun tiga tahun kedepan.

Gurman berharap bahwa dengan menawarkan AirPods sebagai alat bantu dengar, hal tersebut dapat membantu jutaan orang yang membutuhkannya.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Apple AirPods ke Laptop, Cepat dan Tanpa Ribet

Melansir dari PhoneArena,fiturLive Listen bukanlah satu satunya metode karena AirPods Pro juga akan memiliki opsi Conversation Boost yang dapat membantu pengguna mengurangi gangguan pendengaran. (13/3/2023)

Apabila fitur ini diaktifkan, mikrofon pada perangkat akan memperkuat suara percakapan yang terjadi langsung di depan pengguna.

Meskipun tidak sekuat Live Listen, fitur ini diprediksi dapat membantu pengguna untuk lebih mudah mengikuti percakapan lawan bicaranya.

Sebenarnya, konsep ini sudah dikembangkan oleh apple melalui paten earbud yangdirilis pada tahun 2016.

Paten tersebut menunjukkan kemampuan masa depan earbud yang dapatmelacak detak jantung pengguna, suhu tubuh, dan data biometrik terkait kesehatan lainny.

Hal tersebut dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang ada di sekitar pengguna ini melalui earbud ataupun earphone.

Informasi tersebut akan ditangkap oleh sensor biometrik yang akan ditempatkan di dalam salah satu earbud.

Baca Juga: Harga AirPods Gen 3 Second Februari 2023, Bisa Hemat Ratusan Ribu!

Apple bahkan menerima paten beberapa tahun sebelum rilis AirPods pertama tentang sensor yang tertanam di earphone yang akan mengukur detak jantung dan tingkat keringat pengguna.

Namun, sampai saat ini masih belum ada konfirmasi dari pihak Apple mengenai kapan kemampuan ini akan meluncur ke publik.

Yang pasti fitur sebagai alat bantu dengar ini sangat menarik dan akan sangat berguna untuk banyak orang, terutama yang memiliki gangguan pendengaran.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan kehadiran fitur ini di AirPod, pantau terus website Nextren ya!

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Phonearena

Baca Lainnya