Inovasi VMWare di MWC 2023 Dukung Perusahaan Perluas Kapabilitas 5G

Jumat, 10 Maret 2023 | 15:00
VMware

Ilustrasi VMWare Telco

Nextren.com -Penyedia layanan multi-cloud VMWare mengumumkan sejumlah inovasi dan ekspansi kemitraan bagi penyedia layanan komunikasi dalam menunjang kebutuhan kalangan Communications Service Providers (CSP) maupun perusahaan.

Di perhelatan MWC 2023, VMware mengumumkan sejumlah inovasi yang mampu mendukung transformasi pelanggan dalam menghantarkan solusi multi cloud bagi perusahaan penyedia layanan dengan dibekali kapabilitas jaringan dan keamanan yang canggih untuk segala kebutuhan di lingkungan edge.

VMWare juga mendukung CSP dalam memodernisasi jaringan dan mengoptimalkan potensi 5G.

Berikut merupakan 5 inovasi terbaru VMWare yang diumumkan di MWC 2023 awal bulan Maret lalu.

Baca Juga: VMware Aria Meluncur, Hadirkan Pengelolaan Multi Cloud Efektif dan Aman

VMware memperkenalkan inovasi dan penawaran baru nan canggih untuk mendukung kalangan CSPs dalam memodernisasi jaringan mereka dengan cepat.

VMware menyampaikan visi mereka dalam Service Management and Orchestration (SMO) framework sesuai dengan pendekatan aliansi O-RAN, yakni dengan melakukan simplifikasi, optimalisasi, dan automatisasi RAN dan seluruh aplikasi-aplikasinya.

VMware juga menyampaikan versi technical preview baru yang memungkinkan CSP menggunakan VMware ESXi sebagai pelengkap dalam menjalankan fungsi RAN terdisagregasi dan tevirtualisasikan langsung dari server bare metal dengan VMware Tanzu.

Baca Juga: Ribuan VMware ESXi Menjadi Korban Ransomware Args, Awas Data Bocor!

VMware juga menampilkan solusi jaringan generasi masa depan yang terdapat pada VMware Telco Cloud Platform dengan VMware NSX dengan kapabilitas jaringan dan keamanan lateral cerdas kelas telko.

Menyusul disematkannya dukungan untuk akselerasi berbasis DPU di bulan Agustus lalu, VMware juga menawarkan performa jaringan dan keamanan untuk VNFs dan CNFs, dengan menampilkan observability jaringan canggih serta peningkatan pada sumber-sumber host yang disediakan untuk aplikasi.

VMware mengumumkan telah tersedianya layanan akselerasi berbasis DPU pada fitur-fitur keamanan seperti firewall terdistribusi maupun fitur deteksi dan pencegahan intrusi terdistribusi dengan menampilkan use case untuk penghematan daya sesuai dengan kebutuhan dalam melakukan 4G/5G core load balancing.

Perluasan Mobilitas, Konektivitas, dan Ragam Pilihan Bagi Enterprise

VMware juga mengumumkan sejumlah kapabilitas konektivitas edge dan nirkabel cerdas yang telah disempurnakan untuk para pengguna SD-WAN dan SASE.

VMware mengundang sejumlah pelanggan dan mitra untuk melakukan evaluasi pada VMware SD-WAN Client untuk use case lingkungan pelanggan jarak jauh maupun perangkat edge.

VMware SD-WAN Client rencananya tersedia di kuartal pertama tahun fiskal VMware FY24.

Baca Juga: Blue Power Technology Gaet Digital Ocean, Ini Keuntungan Bisnis Kecil Pakai Cloud

Pengujian lapangan menunjukkan bahwa VMware SD-WAN menghadirkan peningkatan performa QoE untuk aplikasi suara dan video hingga lebih dari 40 persen saat menggunakan satelit maupun selular.

Selain kemampuannya menghadirkan kualitas aplikasi yang tinggi, platform ini mampu menghadirkan network utilization through yang lebih tinggi dan adaptif dengan ambang rancangan dari pengujian lapangan hingga lebih dari 100.000 koneksi selular dan satelit yang digunakan hari ini oleh pelanggan VMware.

Kemudian, VMware juga memperkenalkan program pelatihan VMware Certified Professional dan sertifikasi VMWare SD-WAN dan SASE dalam rangka meningkatkan kapabilitas mitra dan pelanggan dalam menggelar dan mengelola solusi SD-WAN dengan efektif.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto