Qualcomm Gandeng Vendor HP untuk Hadirkan Konektivitas Satelit

Rabu, 01 Maret 2023 | 19:00
Qualcomm

Ilustrasi fitur konektivitas satelit besutan Qualcomm dan vendor HP global.

Nextren.com -27 Februari lalu, Qualcomm resmi mengenalkan beberapa teknologi baru di gelaran MWC 2023 Barcelona.

Salah satu teknologi yang menarik adalah dukungan konektivitas satelit untuk HP Android yang ditenagai oleh chipset Qualcomm.

Qualcomm menggandeng vendor HP Android global seperti Honor, Motorola, Nothing, OPPO, vivo, dan Xiaomi untuk mengembangkan smartphone dengan kemampuan komunikasi satelit yang memanfaatkan Snapdragon Satellite.

Snapdragon Satellite memungkinkan vendor smartphone untuk menawarkan jangkauan global dari kutub ke kutub dan mendukung pengiriman pesan dua arah untuk penggunaan darurat, SMS, dan aplikasi pengirman pesan lainnya.

Baca Juga: MediaTek Akan Rilis Konektivitas Satelit di MWC 2023, Susul Qualcomm!

Qualcomm mengklaim bahwaSnapdragon Satellite adalah solusi pengiriman pesan berkemampuan dua arah berbasis satelit pertama di dunia untuk smartphone.

Teknologi ini menawarkan jangkauan global dari kutub ke kutub dan dapat mendukung pengiriman pesan dua arah untuk penggunaan darurat, SMS, dan aplikasi pengiriman pesan lainnya untuk berbagai tujuan seperti keadaan darurat atau rekreasi di lokasi terpencil, pedesaan, dan lepas pantai.

Dulansir dari keterangan pers yang diterima Nextren, Snapdragon Satellite didukung oleh low-Earth orbiting (LEO) dan konstelasi satelit Iridium yang beroperasi penuh.

Teknologi Snapdragon Satellite ini memungkinkan pengguna menikmati koneksi satelit dengan daya dan latensi rendah menggunakan spektrum L-band yang tahan cuaca.

Kendati demikian, pengguna memerlukan pemandangan langit terbuka untuk hasil pengiriman dan penerimaan pesan yang lebih optimal.

Baca Juga: Terungkap, Ini Alasan Galaxy S23 Batal Pakai Konektivitas Satelit

Snapdragon Satellite akan tersedia di semua 5G Modem-RF systems yang akan datang dan tier Snapdragon Mobile Platform (dari 8- hingga 4-).

Di luar smartphone, Snapdragon Satellite diatur untuk diperluas ke kategori perangkat lain di segmen komputasi, otomotif, dan IoT.

yicai Global
yicai Global

Demonstrasi fitur konektivitas satelit melalui

Seiring pertumbuhan ekosistem, brand teknologi dan pengembang aplikasi akan dapat membedakan dan menawarkan layanan branded unik dengan memanfaatkan konektivitas satelit.

Snapdragon Satellite juga dirancang untuk mendukung 5G Non-Terrestrial Networks (NTN), karena infrastruktur dan konstelasi satelit NTN telah tersedia.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya