Review SSD Seagate Game Drive M2 Untuk Upgrade Memory Playstation 5

Rabu, 01 Maret 2023 | 07:58
bagus

Seagate FireCuds 530 Game Drive M.2 SSD hadir sebagai solusi bagi pemilik PS5 yang ingin menambah kapasitas memory atau penyimpanan

nextren.com - Sebuah konsol game seperti Playstation 5 memang hadir dengan kapasitas penyimpanan yang tidak terlalu besar, terutama jikauntuk bermaingame triple A saat ini.

Oleh karena itu, pengguna seringkali melakukan upgrade pada kapasitas penyimpanan PS5 mereka.

Sony sendiri sudah menyediakan opsi upgrade dengan sedikit usaha dari pengguna untuk membuka plate samping, yang menurut kami cukup mengerikan bagi first timer.

Salah satu pilihan upgrade yang sedang kami coba adalah SSD dari Seagate yaitu Firecuda Game Drive M.2 PS5.

Desain

Satu hal yang paling kami sukai dari Seagate Game Drive M.2 SSD PS5 adalah desain yang cukup simpel namun menarik.

Walaupun desain ini bukan yang terbaru dari Seagate Firecuda 530 yang sudah lebih familiar di kalangan PC Builder, Seagate memberikan aksen garis warna biru agar senada dengan warna brand Play Station.

bagus

Desain Segate Game Drive m.2 SSD untuk PS5

bagus

SSD Seagate Game Drive M.2 untuk PS5 dipastikan muat masuk ke slot M.2

Selain itu, SSD ini sudah dilengkapi dengan heatsink untuk mendukung performa tinggi dan membuang panas yang dihasilkan.

Desain heatsink ini terlihat besar, namun dipastikan pas dengan ruang yang ada di dalam PS5.

Baca Juga: Apple Downgrade Performa SSD MacBook Pro 14 inci, Apa Alasannya?

Pengalaman Bermain di PS5

Setelah terpasang, SSD langsung diformat oleh sistem Playstation dan mendeteksi kecepatannya.

Seagate mengklaim kalau Game Drive SS2 M.2 ini memiliki kecepatan hingga 7300MB/s, namun di sistem PS5 kami hanya bisa menjalankan kecepatannya hingga 6540MB/s.

bagus

kecepatan Seagate Game Drive SSD M.2 yang terbaca pada PS5 kami

Meskipun belum maksimal, kami merasa bahwa kecepatan tersebut sudah cukup baik.

Kami mencoba menguji SSD ini pada 2 game saja yang kebetulan sedang terinstall di PS5 kami yaitu Spiderman Miles Morales dan God of War Ragnarok.

Hasilnya menunjukkan bahwa game yang terinstall di SSD Seagate Game Drive M.2 tidak mengubah pengalaman bermain kami.

Saat bermain game Spiderman Miles Morales, kami bisa langsung memainkan game dalam waktu singkat setelah memulai permainan.

Hal yang sama terjadi di game God of War Ragnarok dimana kami membutuhkan waktu 15 detik untuk bisa memainkan game dari ketika menekancontinue sampai masuk ke permainan, baik saat bermain dengan memory internal PS5 atau dengan SSD Seagate Game Drive M.2.

bagus

Tidak terjadi perbedaan yang signifikan pada kecepatan loading game God of War Ragnarok baik saat menggunakan Memory internal (atas) dan SSD Seagate Game Drive M.2 (bawah)

Tapi salah satu perbedaan yang dapat kami rasakan adalah ketika memindahkan game dari memory internal ke PS5 ke SSD jauh lebih cepat dibandingkan kebalikannya.

Baca Juga: SSD Gaming WD BLACK SN850X dan WD BLACK P40 Resmi Hadir di Indonesia

SSD Seagate Game Drive M.2 PS5 memang dirancang untuk menambah kapasitas penyimpanan daripada meningkatkan performa kecepatan loading seperti di PC.

Sehingga jika kamu membutuhkan kapasitas penyimpanan tambahan untuk menginstall berbagai macam game, SSD ini bisa menjadi pilihan yang tepat dengan pengalaman yang sama seperti bermain dengan memory internal PS5.

Kesimpulan

SSD ini memiliki desain yang sederhana namun menarik dengan aksen garis warna biru yang senada dengan brand PlayStation.

SSD ini juga dilengkapi dengan heatsink untuk mendukung performa tinggi dan membuang panas yang dihasilkan.

Dalam pengalaman penggunaannya di PS5, SSD Seagate Game Drive M.2 tidak mengubah pengalaman bermain game dan hanya menambah kapasitas penyimpanan dibandingkan menambah performa kecepatan loading.

SSD ini juga memberikan garansi hingga 5 tahun bagi konsumen yang menghadapi masalah ketika menggunakannya.

SSD Seagate Game Drive M.2 dapat menjadi opsi yang tepat bagi pengguna PS5 yang membutuhkan kapasitas penyimpanan tambahan untuk menginstall berbagai macam game.

Baca Juga: Review WD My Passport SSD 1TB, SSD Eksternal Yang Pas Untuk Produktif

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya