Nextren.com - Siapapun pasti kenal denganNokia yang merupakan 'mantan' raja ponsel di era tahun 2000'an dan logo ikoniknya.
Melansir dari Reuters, perusahaan asal Finlandia itu kini resmi merubah logo ikoniknya agar terlihat modern sebagai usaha untuk kembali bersaing di dunia teknologi. (26/2/2023)
Logo ini telah menemani para penggunanya selama hampir60 tahuntahun sejak dibuat pada 1966.
Sebelum tahun itu logo perusahaan adalah sebuah logo berbentuk ikan salmon yang tinggal di sungaiNokianvirta.
Namun, kini perusahaan akhirnya kembali merubah logonya dengan tampilan dan font yang lebih modern dan dinamis.
Logo baru ini terdiri dari lima bentuk karakter yang berbeda yang terlihat menyatu dan membentuk kata "NOKIA".
Baca Juga: HP Nokia Buatan Semarang Segera Dipasarkan, Bakal Lebih Murah?
Tidak seperti skema warna biru sebelumnya, logo baru ini menampilkan berbagai warna berdasarkan tema dan tujuan perusahaan saat ini.
Pergeseran branding Nokia mencerminkan fokus baru perusahaan pada pasar bisnis teknologi.
CEO Pekka Lundmark menjelaskan bahwa fokus sebelumnya dengan smartphone tidak lagi menjadi prioritas utama perusahaan.
"Saat ini kami adalah perusahaan teknologi bisnis," ujarnya dalam sebuah wawancara dengan Reuters.
Berdasarkan pernyataan ini, dapat dipastikan bahwa perusahaan tidak akan kembali ke industri smartphone.
Meski kini smartphone Nokia masih aktif dalam meluncurkan produk terbaru hal itu karena merek itu kini berada di bawah perusahaan lain.
Ponsel yang dijual di bawah merek Nokia diproduksi oleh manufaktur asal Finlandia, HMD Global dan nama Nokia hanyalah sebuah merek.
Nokia sendiri kini bertujuan untuk fokus mengembangkan bisnis penyedia layanannya, yang menjual peralatan ke perusahaan telekomunikas.
Sejarah logo Nokia
Melansir dari 1000logo.net, logo pertama dan original dari Nokia digunakan pada tahun 1865 tepat saat perusahaan berdiri.
Lambang ini menggambarkan seekor ikan yang konon merupakan ikan salmon dari Sungai Nokianvirta.
Identitas ini telah digunakan digunakan selama satu abad tanpa perubahan apapun.
Baru pada tahun 1965, logo Nokia Osakeyhtiö mengalami perubahan dan Perubahan tersebut membuat gambar menjadi lebih transparan dan minimalis.
Setahun kemudian, lambang Nokia yang baru diperkenalkan dengan desain hitam-putih yang menampilkan nama perusahaan di dalam bentuk bulat.
Setelah bergabung dengan Finnish Cable Works dan Finnish Rubber Works pada tahun 1966, Nokia sempat meluncurkan logo 'Panah'.
Logo ini terlihat sangat mirip dengan logo yang terkenal sebelum logo 2023 muncul.
Akhirnya logo dengan nama perusahanaan yang minimalis tersebut mulai digunakan mulai tahun 1996 - 2023.
Sampai masa jayanya di tahun 90'an dan 2000'an, perusahaan hanya merubah beberapa aspek warna pada logonya.
Pada tahun 1992, perusahana juga menambah slogan berbunyi "Connecting People" yang memulai era kejayaannya.
Hingga saat ini perusahaan telah merombak total logo dengan konsep yang menggambarkan arah perusahaan.
Baca Juga: Spesifikasi Nokia X30 5G, Pakai Snapdragon 695 Kok Harganya Segini?
Meski tak lagi bekutat di bisnis smartphone, namun perusaan nampknya sangat optimis dengan branding baru di awal tahun 2023 ini.
Kalau menurut kamu, logo Nokia mana nih yang paling membekas sobat Nextren?
Tulis komentar kamu di bawah ya!
(*)