Review Infinix Zero 5G 2023: HP 5G 3 Jutaan dengan Chipset Baru dan Baterai Awet

Senin, 20 Februari 2023 | 17:54
way

Infinix Zero 5G 2023

Nextren.com - Infinix Zero 5G 2023 merupakan smartphone baru yang disegarkan dan ditingkatkan untuk seri Zero oleh Infinix pada tahun 2023.

Sebelumnya, Infinix secara resmi telah merilis smartphone 5G pertamanya di Indonesia pada awal tahun lalu, yaitu Infinix Zero 5G.

Kini Infinix merilis penerusnya, yaitu Infinix Zero 5G 2023, sebagai HP 5G terjangkau di kelas menengah.

Tentunya ada beberapa peningkatan yang diberikan dibanding tipe sebelumnya, meski secara desain tak ada perubahan.

Beberapa peningkatan utama yang diberikan ada di sisi sistem operasi, chipset, kapasitas memori internal, kamera utama, dan pilihan warna.

Infinix Zero 5G 2023 ditawarkan sebagai smartphone 5G yang harganya terjangkau, dengan kinerja andal dan kapasitas baterai besar untuk aktifitas sehari-hari.

Zero 5G 2023 hadir di Indonesia dalam tiga pilihan warna, yaitu Pearly White, Coral Orange, dan Submariner Black.

Baca Juga: Centang Biru Facebook dan Instagram Bakal Wajib Bayar dan Langganan

Isi paket penjualan

Kotak penjualan Zero 5G 2023 ini berwarna putih bersih, dengan tulisan Zero 5 yang besar.

Berikut isi paket penjualan Infinix Zero 5G 2023 :

  • Infinix Zero 5G 2023
  • Charger 33W
  • Kabel data USB Type C
  • Silicon Case transparan
  • Sim ejector
  • Manual dan kartu garansi
way
way

Isi kotak penjualan Infinix Zero 5G 2023

Bodi dan Desain

Desain sisi belakang Infinix Zero 5G 2023 ini tampak bagus dan modern.

Terdapat bagian transisi yang mulus antara bagian belakang dan tonjolan kamera utama, sehingga desain tampak menyatu dengan mulus.

Material bodi terbuat dari plastik, namun finishing bahannya terkesan premium.

Desainnya berkonsep Uni-Curve dengan lekukan halus di panel belakang untuk memisahkan kamera utama dan bodi secara keseluruhan.

Desain Uni-Curve dari Zero 5G 2023 menampilkan desain ramping dengan lekukan halus di belakang panel menggunakan material komposit yang menyerupai kaca.

Baca Juga: Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum Beralih Merek Smartphone Yang Beda

Selain memberikan rasa premium dan ramping pada perangkat, lekukan pada panel memberikan ergonomis dan genggaman nyaman bagi pengguna.

Lekukan panel belakang ini membuat genggaman tetap nyaman dan menghindari desain sistem kamera yang agresif dan sudut tajam pada umumnya.

Material bodi bertekstur licin dengan bintik-bintik halus yang membuatnya tampak elegan.

way
way

Modul kamera utama Infinix Zero 5G 2023

Nextren menyarankan untuk memakai soft case transparan bawaannya, agar tidak licin dan nyaman digenggam berlama-lama.

Di sisi depan, ada layar berukuran 6,7 inci dengan bingkai (bezel) berukuran yang terbilang tipis serta ada lubang untuk kamera depan.

Di sisi kanan bezel ada tombol volume dan tombol daya sekaligus sensor sidik jari.

Lokasi sensor sidik jari mudah dijangkau saat digenggam dengan satu tangan, dengan kinerja yang cepat dan responsif.

Di sisi kiri bingkai ada dua slot kartu SIM 4G/5G plus slot microSD. Di sisi bawah bingkai, ada port USB Type-C namun masih v2.0, speaker utama, mikrofon utama, dan jack headphone 3,5 mm. Sementara di sisi atas ada mikrofon kedua untuk peredam bising.

Secara umum, desain Infinix Zero 5G 2023 ini terasa segar dan modern.

Meski ukurannya terbilang besar karena punya layar 6,7 inchi, namun bobotnya cukup ringan (199 gram) untuk digenggam dengan satu tangan.

Baca Juga: WiFi Map Punya 4 Fitur Travelling, Gak Cuma Intip Password WiFI

Layar dan Audio

Infinix Zero 5G dibekali layar LCD FullHD+ IPS 6,7 inci dengan refresh rate 60/120 Hz. Tampilan layarnya tajam dengan warna akurat.

Kecepatan refresh 120 Hz bekerja dengan baik di sebagian besar waktu, dan kami bisa memilih pengaturan otomatis agar didapatkan kinerja dan masa pakai baterai terbaik. Namun kami juga bisa memaksa setting 120Hz jika dibutuhkan, misalnya saat bermain game.

Dengan layar panel IPS, bezel di sekeliling layar cukup tipis. Semua konten tampak bagus saat ditampilkan, dan sebagian besar aplikasi OTT mendukung Widevine L1. Jadi tampilan layar Infinix Zero 5G 2023 secara keseluruhan memberikan pengalaman yang sangat baik.

way
way

Layar Infinix Zero 5G 2023 super lega dan terang di bawah sinar matahari

Di bagian audio, tersedia satu speaker di sisi bawah dengan output suara yang standar saja. Suaranya cenderung flat dan keras di volume tertinggi.

Berikutnya, output audio lewat jack headphone 3,5 mm lebih layak dengan dukungan audio Hi-Res dan fitur DTS bawaan yang tersedia.

Output audio lewat Bluetooth juga terdengar cukup bagus.

Untuk cara lain, kamu juga bisa memakai port Type-C dengan dongle atau DAC untuk menggunakan headphone favorit kamu.

Fitur dan Aplikasi

Infinix Zero 5G berjalan pada XOS v12, yang berbasis Android 12. Antrmukanya terasa halus, responsif, dan dikemas dengan banyak fitur.

Ada beberapa aplikasi bawaan (bloatware), namun jangan khawatir karena sebagian besar bisa dihapus.

Setelah pertama kali setting dilakukan, tidak terlihat iklan apa pun di UI-nya.

Apakah mungkin Infinix terinspirasi dari MIUI untuk elemen UI dan cara kerjanya? Karena pengaturan cepat dan pusat notifikasi tampak sangat mirip dengan elemen MIUI.

Untuk mengakses pengaturan cepat Anda harus menggesek dari kanan atas layar. Sedangkan untuk mengakses pusat notifikasi, harus menggesek dari kiri atas.

Jika dilakukan dengan satu tangan yang sedang menggenggam, gerakan ini agak sulit dilakukan karena ukuran layarnya terbilang sangat besar.

way
way

Tampilan antarmuka Infinix Zero 5G 2023

Untungnya ada opsi di pengaturan layar beranda sehingga kami bisa menggesek di mana saja di layar beranda untuk menampilkan panel notifikasi dan menggesek ke kiri dari sana untuk mengakses pengaturan cepat.

Selain itu, XOS punya karakter mirip stok Android, yaitu menggesek ke atas dari bawah akan membuka laci aplikasi dan menggesek ke kanan akan membuka layar Zero, yang menggantikan halaman Google Now.

Ada hal-hal kecil, seperti menahan gestur sebentar untuk menampilkan menu samping untuk akses cepat ke beberapa fitur. Ada juga gerakan menggesek untuk mengambil tangkapan layar dan melakukan tugas serupa lainnya.

Sebagai hape baru di tahun 2023 yang menjalankan Android 12 mungkin hal yang biasa, dan saat ini sedang menjalankan patch keamanan Desember 2022. Pihak Infinix sendiri menjanjikan update perangkat lunak selama 2 tahun.

Performa Mantap

Infinix Zero 5G 2023 bisa menangani aktifitas digital sehari-hari dengan baik dengan tetap mempertahankan refresh rate 120Hz tanpa banyak masalah.

Memang sesekali ada sedikit lag di UI, yang sebagian besar akibat setting yang buruk. Namun aktifitas seperti menggulir, membuka, dan menutup aplikasi terasa cepat dan mulus.

Bodi hape tidak terasa panas bahkan saat melakukan tugas berat seperti bermain game online yang penuh detil.

Chipset Dimensity 920 dipadukan dengan memori RAM 8GB plus 5GB extended, bisa membantu hape mempertahankan kinerjanya selama beban kerja yang berkelanjutan.

Infinix menggunakan memori UFS 2.2 dipadukan dengan ruang penyimpanan 256 GB, sangat cukup bagi kebanyakan orang untuk menyimpan foto video dan install aplikasi. Masih terasa kurang? Ada slot microSD yang siap menampung lebih banyak lagi.

Memori penyimpanan 256 GB ini sangat besar dan tidak biasa untuk smartphone kelas menengah di kisaran harganya.

Zero 5G 2023 dibekali chipset baru MediaTek Dimensity 920 fabrikasi 6nm yang mendukung 5G, yang disebut menawarkan peningkatan kinerja 10% dan peningkatan CPU 8% dibandingkan dengan pendahulunya.

Chipset baru tersebut dipadukan dengan memori RAM 8GB yang bisa diperluas hingga 13GB, untuk kestabilan saat membuka banyak aplikasi hingga bermain game.

Smartphone ini termasuk salah satu yang pertama dibekali Dimensity 920 dan memberikan peningkatan dalam fitur untuk pengalaman pengguna.

Dipadukan dengan grafis Arm Mali-G68 yang dioptimalkan untuk efisiensi daya, bisa memperpanjang masa pakai baterai untuk gamer online.

Semua kinerjanya ditenagai oleh baterai berkapasitas besar 5000mAh dengan teknologi pengisian cepat 33 Watt.

Konektifitas tersedia lengkap di ponsel ini, yang mendukung internet VoLTE, 4G dan 5G semua operator di Indonesia.

Fitur konektivitas lainnya ada Wi-Fi 6 Dual Band (2.4GHz + 5GHz), Bluetooth, dan navigasi GPS.

Ponsel ini mendukung USB OTG lewat port USB Type-C 2.0, serta koneksi OTG untuk transfer file langsung ke flashdisk.

Baca Juga: Microsoft Batasi Kemampuan Chatbot Bing Agar Tak Beri Jawaban Ngawur

Meski jarang, sesekali ada kekurangan dalam pengoptimalan software sehingga membuat menyebabkan beberapa animasi tidak semulus yang seharusnya.

Beralih ke fungsi utama hape sebagai alat komunikasi, kualitas panggilan jernih dan tidak ada masalah pada sensor proximity bawaannya.

Kinerja internet lewat jaringan seluler dan kinerja wifi berjalan lancar. Kecepatannya tentu saja tergantung dengan kecepatan bandwith WiFi atau internet operator yang dipakai.

Meski hape ini sudah mendukung 5G, Nextren belum bisa mengujinya secara langsung karena domisili yang jauh dari sinyal 5G operator.

Kinerja saat dipakai bermain game juga berjalan lancar.

Nextren mencobanya untuk bermain game berat yang populer seperti Genshin Impact, dengan setting grafik mentok kanan 60 FPS dan berjalan lancar.

Memang mulai frame drop saat suhunya menghangat, namun masih belum menganggu permainan.

Game Genshin Impact dimainkan 30 menit, daya baterai turun 10 persen.

way
way

Setting tinggi game Genshin Impact berjalan cukup lancar di Infinix Zero 5G 2023

Beralih ke game populer lain seperti PUBG Mobile, setting bisa diatur ke Smooth Extreme/HDR Ultra dengan lancar.Dimainkan di HDR Ultra tak ada frame drop yang terjadi, dengan suhu bodi hanya agah hangat saja.

Adapun daya baterainya turun 8 persen, saat game PUBG dimainkan sekitar 30 menit.

Baterai Awet

Daya tahan baterai Infinix Zero 5G 2023 bisa diandalkan, berkat baterai berkapasitas 5000mAh.

Baterai 5000 mAh disebut bisa bertahan hingga 32,3 jam panggilan 5G, dan 43,6 jam panggilan 4G.

Selama pengujian, hape terbaru Infinix ini bisa bertahan seharian alias sekitar 17 jam penuh tanpa masalah.

Di setiap siklus pengisian daya, kami dengan mudah bisa mendapatkan screen on time (waktu layar) lebih dari 7 jam, dengan sisa daya baterai sebesar 30-40% di akhir hari. Bisa dibilang, daya tahan baterai menjadi salah satu nilai lebih dari Infinix Zero 5G 2023 ini.

Baterai Infinix Zero 5G 2023 yang 5000mAh ini mendukung pengisian cepat 33W, yang bisa terisi hingga 50% hanya dalam 30 menit, yang terasa berguna saat aktifitas harian yang sibuk.

Sedangkan untuk mengisi daya hingga penuh 100% butuh waktu sekitar 1 jam 40 menit.

Baca Juga: Update One UI 5.1 dilaporkan Jadi Sarang Bug dan Buat Baterai Boros

Memang kecepatan pengisian baterainya bukan tergolong cepat, namun juga sama sekali tidak lambat mengingat kapasitas baterainya yang cukup besar.

Jadi secara keseluruhan, kinerja Infinix Zero 5G 2023 ini baik disertai baterai yang bisa bertahan sepanjang hari.

Skor benchmark

  • AnTuTu v9.5.8 : 490894 (CPU 126375, GPU 133358, Memori 98744, UX 132417)
  • Geekbench 6 : 904 (Single COre), 2371 (Multi Core).
Kamera

Infinix Zero 5G dilengkapi tiga kamera, dengan satu kamera utama 50MP yang paling berkualitas.

Kamera utama di belakang terdiri dari 3 kamera yang ditempatkan dalam modul kamera berbentuk yang menonjol keluar.

Karena menonjol sehingga sebaiknya case silikon transparan bawaan dipakai, untuk mengurangi gesekan yang mungkin terjadi saat ponsel ditaruh.

Modul kamera belakangnya terdiri dari 3 kamera, yaitu sebagai berikut :

  • Kamera 50 MP, f/1.6 (wide) untuk memotret jauh, dilengkapi auto fokus PDAF
  • Kamera 2 MP untuk (macro)
  • Kamera 2 MP untuk kedalaman
  • Quad LED Flash
Kamera utamanya bisa merekam video 4K@30fps serta 1080p@30/60fps.

Sedangkan kamera depan beresolusi 16MP plus Dual Led Flash, dengan lensa wide dan bukaan lensa f/2.0, yang bisa merekam video 1080p@30fps.

Hasil foto terekam dengan detail yang bagus, lalu Infinix melakukan proses HDR dan kontrol white balance.

Video 4K 30FPS juga terekam bagus, begitu pula resolusi di bawahnya seperti 1080 60fps dan 1080 30 fps.

Namun, fitur Ultra Steady alias penstabil rekaman video tidak aktif di resolusi 4K, dan berlaku di resolusi di bawahnya.

Dua kamera lainnya membantu fungsi kamera utama 50MP utuk menghasilkan foto lebih baik.

Baca Juga: Genshin Impact 3.5 Rilis 1 Maret, Ada Karakter Baru & Event Windblume

Di lokasi gelap, lampu kilat LED ganda yang terang sangat berguna untuk mengambil foto dan video di malam hari.

Secara umum, kamera berfungsi dengan baik saat ada banyak cahaya, tetapi agak menurun dalam kondisi cahaya redup.

Kondisi pencahayaan buatan juga sedikit mempengaruhi kinerja kamera.

Di sisi depan, ada kamera 16MP untuk berfoto selfie yag hasilnya detail tetapi memperhalus wajah dan selalu mencerahkannya, bahkan saat pengaturan kecantikan (Beauty) dimatikan.

Jangan khawatir berfoto selfie di tempat gelap, karena kamera depan juga punya lampu kilat LED ganda sehingga foto selfie tampil lebih baik.

Jika ingin hasil foto malam hari yang lebih eksotis dengan gradasi terang gelap yang indah, maka matikan saja lampu flash.

Karena mode Super Night atau Mode AI Cam sanggup menangani dengan baik obyek di kondisi gelap.

Oya, kami juga membandingkan hasil foto malam hari di mode AI Cam, Portrait dan Super Night.

Secara umum, AI Cam memang pilihan paling tepat jika ingin memotret cepat agar tidak ketinggalan momen.

Hasil foto mode AI Cam sudah diatur otomatis dan seimbang antara kecerahan, kontras dan warna yang cemerlang.

Jika ingin hasil foto yang lebih alami, maka mode Portrait bisa dipilih karena cenderung lebih gelap dan minim olah software editing.

Sementara di mode Super Night, hasil foto memang lebih terang dan detil di tempat gelap, namun butuh waktu beberapa detik untuk memotret dengan kondisi hape harus stabil. Jika tidak, maka hasil foto bisa agak blur karena gerakan tangan sedikit saja.

Berikut ini hasil foto Infinix Zero 5G 2023 baik di siang hari maupun malam hari.

Semuanya dalam kondisi lampu flash mati dan tidak ada editing sama sekali, kecuali ukurannya diperkecil agar tidak berat saat diakses.

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 siang hari

way
way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 siang hari

way
way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 siang hari

way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 siang hari jarak dekat

way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 siang hari kondisi backlight

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari

way

Perbandingan hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari, Mode AI Cam, Portrait dan Super Night

way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari tanpa flash

way
way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari tanpa flash

way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari tanpa flash

way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari tanpa lampu, tanpa flash

way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari tanpa flash

way
way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari tanpa flash

way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari tanpa flash, mode Super Night

way

Hasil foto Infinix Zero 5G 2023 malam hari tanpa flash, mode Portrait

Harga dan Ketersediaan

Infinix Zero 5G 2023 ini bisa didapatkan di Shopee di sesi first sale dengan diskon Rp 200 ribuan, mulai 21 Februari 2023 dengan harga first sale Rp 3.499.000. Sementara harga normalnya adalah Rp 3.699.000.

Konsumen yang membeli Infinix Zero 5G 2023 dalam sesi first sale ini berpeluang mendapatkan penawaran cicilan 0% dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia.

Pendapat Kami

Infinix Zero 5G 2023 terbilang perangkat yang menarik bagi kebanyakan orang, karena menawarkan desain yang premium dengan kinerja gesit, serta kamera yang layak di kelas harganya.

Secara umum, Infinix Zero 5G 2023 merupakan perangkat dengan fitur yang lengkap dengan kinerja yang bisa diandalkan di kelas harganya.

Nilai lebih lainnya adalah desain bagus, layar tajam dan lega, dan baterai besar.

Hal yang mungkin perlu ditingkatkan adalah update software yang kurang serta output speaker standar saja.

Maka peningkatan Infinix Zero 5G 2023 ini cukup worth it dan menyeluruh dibanding versi 2022.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya