DBS Foundation Adakan Kelas Coding Gratis Untuk 102 Ribu Orang

Rabu, 08 Februari 2023 | 21:11
bagus

DBS Indonesia membuka program kelas coding secara gratis berkolaborasi dengan dicoding selaku penyedia kurikulum dan pengajar

nextren.com - Bank DBS Indonesia bersama DBS Foundation mengadakan beasiswa atau kelas Coding gratis kepada masyarakat umum dengan tajuk ‘DBS Foundation Coding Camp 2023’.

Program ini merupakan bentuk kolaborasi antara DBS dan dicoding selaku penyedia pelatihan coding dalam kampanye kali ini.

Program ini disiapkan agar talenta digital Indonesia, terutama kalangan menengah ke bawah, bisa berkembang dan siap bersaing.

Program ini sejalan dengan tiga pilar berkelanjutan dari DBS Bank Ltd yaitu Responsible Banking, Responsible Business Practice dan Create Impact Beyond Banking.

Kegiatan pelatihan ini merupakan perwujudan dari pilar keberlanjutan yang ketiga.

Head of Group Strategic Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika mengatakan, “DBS Foundation Coding Camp 2023 hadir untuk membekali masyarakat Indonesia dengan future-ready skills termasuk keterampilan digital untuk menghadapi tantangan dan kebutuhan industri di masa depan.

Hal ini sejalan dengan visi DBS Foundation untuk membangun dunia yang lebih baik bagi generasi saat ini dan mendatang.

Dengan kurikulum yang disusun oleh tim ahli bersama para praktisi industri, kami berharap para peserta dapat menjadi programmer berstandar global. Kedepannya, kami akan terus menghadirkan beragam program edukasi digital guna memperluas inklusi finansial dan digital di Indonesia.”

bagus

Dari kiri ke kanan Founder & CEO Dicoding Narenda Wicaksono, Head of Digital Banking PT Bank DBS Indonesia Erline Diani, dan Group Strategic Marketing & Communications PT Bank DBS Indonesia Mona Monika

Program DBS Foundation Coding Camp 2023

DBS Bank telah menggelontorkan dana sebesar SGD 5,6 juta untuk 10 program di Singapura, Tiongkok, Hong Kong, India, Indonesia dan Taiwan.

Baca Juga: HP Street Code Program Belajar Coding Anak Muda Bersama Darbotz

Untuk Indonesia, DBS mengadakan DBS Foundation Coding Camp 2023 untuk menyeimbangkan antara permintaan dan pasokan talent digital.

Program ini menargetkan sebanyak 102.000 peserta yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) dan dibagi dalam 3 kategori yaitu tenaga pengajar (guru, dosen ataupun pengajar di bidang IT non-instansi pendidikan resmi), siswa dan mahasiswa, serta masyarakat umum.

Kegiatan ini akan melibatkan dicoding, sebuah yayasan yang bergerak di bidang penyediaan platform edukasi teknologi.

Program ini diharapkan mampu menghasilkan dampak dengan memberikan literasi digital guna mempersiapkan masyarakat untuk masa depan.

“Seiring dengan percepatan transformasi digital, peran programmer menjadi semakin penting, seperti dalam hal membuat aplikasi atau program yang tepat untuk membantu pertumbuhan perusahaan.

Ini diiringi dengan peningkatan minat masyarakat dalam mempelajari ilmu coding.

Oleh karena itu, kami sangat menantikan terwujudnya program kolaborasi DBS Foundation Coding Camp 2023 yang diresmikan hari ini.

Program ini akan membantu para peserta untuk mengasah kemampuan coding mereka yang akan berguna di masa sekarang dan masa depan,” ungkap Founder dan CEO of Dicoding Indonesia Narenda Wicaksono.

Materi & Pendaftaran

Bagi pembaca yang berminat dengan program pelatihan coding gratis dari DBS Foundation bisa melakukan pendaftaran di website DBS sampai tanggal 25 mei 2023.

Pelatihan ini akan memiliki beberapa tahap dari level basic dan beginner, lalu dilanjutkan ke level intermediate dan expert dengan persyaratan tertentu.

Baca Juga: Dongkrak Keahlian Digital Karyawan Perempuan, XL Axiata Gandeng Microsoft Indonesia

Selanjutnya para peserta berkesempatan untuk memilih salah satu pembelajaran spesialis lagi yaitu Back-End Developer atau DevOps Engineer.

Didalamnya akan diajarkan beberapa materi seperti membuat aplikasi backEnd, dasar JavaScript, dasar DevOps, sampai membangun arsitektur Microservices.

bagus

Materi dari back-end & DevOps dalam DBS Foundation Coding Camp 2023

Peserta yang berhasil menyelesaikan seluruh materi di level basic dan beginner selambatnya pada 31 Mei 2023 secara mandiri (self-paced) akan mendapatkan sesi code review oleh Developer Expert serta berkesempatan untuk mendapatkan beasiswa di level lanjutan (intermediate dan expert) dengan jumlah terbatas.

Di level intermediate dan expert, peserta dapat mengakses Live Session dan forum diskusi online untuk membantu proses pembelajaran.

Penerima beasiswa lanjutan akan diseleksi berdasarkan nilai tugas akhir, durasi belajar, serta profil pendaftar.

“Kami melihat bahwa dunia memerlukan bank yang berbeda pasca pandemi, sehingga Bank DBS Indonesia bertransformasi menjadi lebih seperti perusahaan teknologi, dan tak lagi melihat dirinya sebagai bank konvensional.

Bank DBS Indonesia tidak hanya senantiasa berinovasi menghadirkan solusi perbankan digital cerdas dan intuitif, tetapi juga memberikan kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk mengembangkan potensi keterampilan digital mereka.

Diinspirasi oleh misi Bank DBS Indonesia untuk ‘Live more, Bank less’, kami berambisi untuk menjadi ‘More like an innovator, less like a bank’,” tutup Mona Monika.

Baca Juga: IDCamp 2019 Luluskan 5268 Developer Bidang Android, Kotlin dan Progressive Web Apps

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya