Cara Mengunci File Microsoft Word dengan Password, Pasti Aman!

Sabtu, 04 Februari 2023 | 19:30
Gama/Nextren

Ilustrasi mengunci file Microsoft Word dengan password

Nextren.com -Aplikasi Microsoft Word memiliki fungsi perlindungan dokumen yang memungkinkan pengguna untuk mengunci file.

Mengunci file Microsoft Word mungkin jarang dilakukan oleh beberapa pengguna karena terkesan merepotkan.

Namun, adakalanya pengguna perlu mengunci file Microsoft Word karena data yang terkandung didalamnya merupakan data rahasia atau data sensitif.

Mengunci file Microsoft Word dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari pembatasan akses, pembatasan kemampuan untuk mengedit, hingga mengunci dokumen dengan password.

Nah, kali ini Nextren akan membagikan tutorial sederhana seputar cara mengunci file Microsoft Word dengan password. Yuk, simak selengkapnya!

Baca Juga: Cara Cek Keamanan Akun dan Password di Google Checkup, Penting!

Cara Mengunci File Microsoft Word dengan Password

1. Buka dokumen atau file Microsoft Word yang ingin kamu amankan dengan password.

2. Klik opsi "File" pada pojok kanan atas.

3. Pilih opsi "Protect Document".

4. Klik pilihan "Encrypt with Password".

Cara mengunci file Microsoft Word dengan password

5. Masukan password yang nantinya akan kamu gunakan untuk membuka file.

6. Masukan kembali password yang sama untuk konfirmasi.

7. Selesai. Microsoft akan secara otomatis mengunci file tersebut dengan password yang sudah diinputkan.

Baca Juga: Cara Membuka Jurnal Penelitian yang Terkunci, Bisa di Download!

Perlu diingat bahwa kamu perlu memasukan password setiap kali membuka dokumen Microsoft Word yang sudah kamu kunci.

Pastikan untuk mengingat password tersebut karena Microsoft tak bisa mengganti password tersebut dengan metode "lupa password".

Tetap ikuti Nextren untuk tutorial menarik seputar teknologi.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto