Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas
Nextren.com - Tren pembelian menu makanan sehat di Tokopedia diakui mengalami lonjakan.
Hal itu dikatakan oleh pihak Tokopedia dalam konferensi pers bertajuk "Sambut Hari Gizi Nasional 2023, Tokopedia dan Ahli Gizi Bicara Tren Makanan Kekinian nan Sehat", Selasa (24/1).
Pihak perusahaan menyebut bahwa peningkatan pada transaksi menu makanan dan minuman sehat itu juga dapat terjadi berkat adanya kampanye Tokopedia NYAM!.
Dan apa yang terjadi pada peningkatan jumlah transaksi makanan dan minuman sehat ini pun dikatakan sebagai pencapaian yang baik pada peran UMKM.
Pasalnya dengan tren menu makanan dan minuman sehat yang ada di masyarakat, UMKM dikatakan telah menciptakanmindset pentingnya menjaga keseimbangan gizi.
Baca Juga: Penjualan Mainan Lato-Lato di Tokopedia Naik Hingga 57 Kali Lipat
Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menjelaskan bahwa berkat Tokopedia NYAM!, transaksi makanan dan minuman sehat naik hampir dua kali lipat.
Data internal Tokopedia mencatat kalau peningkatan minat terhadap menu makanan sehat tidak hanya terjadi pada kota-kota besar.
Misalnya saja pada jumlah transaksi makanan dan minuman sehat di Tokopedia.
Pihak perusahaan merangkum bahwa daerah-daerah seperti Kampar (Riau), Pringsewu (Lampung), hingga Buleleng (Bali), merupakan daerah yang mengalami transaksi tertinggi selama tahun 2022.
Kondisi itu pun terjadi pada jumlah penjual dan pembeli untuk produk makanan sehat di Tokopedia.
Baca Juga: Jelang Natal dan Tahun Baru Transaksi di Tokopedia Naik 14 kali lipat
Dikatakan kalau Provinsi Sumatera menjadi wilayah tertinggi untuk lonjakan jumlah penjual dan pembeli makanan sehat.
Sementara untuk di wilayah Pulau Jawa, Kota Demak dikatakan sebagai wilayah yang mengalami peningkatan jumlah pembeli makanan sehat selama tahun 2022.
"Ini hal yang sangat menarik karena tidak terkonsentrasi hanya di kota besar," ucap Ekhel.
5 Menu Makanan Sehat Terlaris di Tokopedia
Dalam kesempatan yang sama, Tokopedia pun memaparkan 5 menu makanan sehat terlaris yang banyak diminati oleh konsumen di Indonesia.
Dari menu-menu tersebut, tercatat bahwa Jus Lemon dan Madu merupakan produk minuman yang paling laris di Tokopedia selama tahun 2022.
Baca Juga: Riset Tokopedia dan INDEF: Penjualan UMKM Lokal di Kota Meningkat 147 Persen
Sementara untuk produk makanan sehat, beberapa menu sehat seperti Chia, Granola, dan Sereal adalah yang mencatat minat tertinggi pada transaksi pengguna Tokopedia.
Dan dengan adanya hasil temuan tersebut, Tokopedia pun menyatakan kalau makanan dan minuman sehat masih memiliki potensi yang sangat besar.
Oleh karena itu, Tokopedia NYAM! sebagai kampanye khusus menu makanan dan minuman sehat akan dibuat untuk terus mendorong kemajuan UMKM di Indonesia.
"Kami di Tokopedia bisa mewujudkan itu (peningkatan jumlah transaksi makanan sehat) tadi, dari sisi penjual, kami berikan panggung seluas-luasnya dan konsumen bisa mendapatkan barang dan jasa dengan harga yang transparan," pungkas Ekhel.
(*)