Nextren.com - Hasil analisis Canalys mencatat pangsa pasar Apple kalahkan Samsung di Q4 2022.
Selama periode Oktober-Desember 2022 Apple menjadi brand smartphone dengan penjualan produk terbanyak di dunia.
Apple berhasil menembus pangsa pasar hingga 25 persen.
Hasil itu pun merupakan peningkatan jika dibandingkan dengan pangsa pasar Apple pada kuartal sebelumnya.
Data Canalys menyatakan kalau pada kuartal tiga (Q3) 2022, Apple menguasai sekitar 18 persen pangsa pasar smartphone dengan jumlah 53 juta produk.
Baca Juga: Apple Benahi Masalah Layar Bergaris Hijau di iPhone 14 Pro Max
Artinya, ada peningkatan sekitar 7 persen pada hasil penjualan Apple di tiga bulan terakhir tahun 2022.
Sementara jika dibandingkan dengan peningkatanyear-on-year, Apple menikmati kenaikan sebesar sebanyak 2 persen.
Diketahui kalau pada Q4 2021 lalu, Apple mengantongi jumlah pangsa pasar sebanyak 23 persen.
Apple Menangi Persaingan dengan Samsung
Untuk Samsung sendiri, Canalys menempati perusahaan asal Korea Selatan itu di posisi kedua pada pangsa pasar Q4 2022.
Baca Juga: Aplikasi Apple TV dan Apple Music Beta Meluncur di Windows 11
Samsung hadir dengan pangsa pasar sebesar 20 persen.
Ada perbedaan 5 persen pada pangsa pasar Apple dan Samsung di Q4 2022.
Lantas apa yang membuat Apple berhasil kalahkan Samsung?
Peluncuran iPhone 14 Series
Dilansir dari situs resmi Canalys, Rabu (18/1), besar kemungkinan adanya lonjakan pangsa pasar Apple disebabkan oleh kehadiran seri iPhone terbaru.
iPhone 14 Series digadang-gadang menjadi faktor utama yang membuat Apple berhasil mempertahankan posisinya dengan pangsa pasar terbanyak selama dua kuartal.
Baca Juga: Sensor Kamera 200MP Samsung Galaxy S23 Ultra Resmi Diumumkan
Seperti yang kita tahu, iPhone 14 Series merupakan generasi smartphone terbaru dari Apple yang sempat menarik banyak perhatian.
Salah satu hal unik yang dibawa oleh iPhone 14 Series kala itu ialah fitur Dynamic Island.
Dari keberadaan iPhone 14 Series itu lah yang dianggap Canalys sebagai faktor keberhasilan Apple kalahkan Samsung di Q4 2022.
Berikut daftar brand smartphone dengan pangsa pasar terbesar di Q4 2022 versi Canalys:
Baca Juga: Bocoran Terbaru Samsung Galaxy Z Fold5, Pakai Engsel Tahan Air
1. Apple: 25 persen
2. Samsung: 20 persen
3. Xiaomi: 11 persen
4. OPPO: 10 persen
5. vivo: 8 persen
6. Brand lain: 26 persen
(*)