Google Bawa Berbagai Fitur-Fitur Baru untuk Android Versi lama

Kamis, 12 Januari 2023 | 10:00
The Verge

Ilustrasi Google

Nextren.com - Google akan mengambil kesempatan menghadirkan fitur-fitur baru ke pada versi Android lama yang belum mendapatkan pembaruan OS selama bertahun-tahun.

Tentu ini menjadi angin segar bagi pengguna Android lama, karena beberapa perangkat lama memang kerap tidak bisa lagi kompatibel dengan fitur-fitur baru.

Hal tersebut kerap membuat sejumlah aplikasi tidak lagi bisa dijalankan pada perangkat samrtphone dengan versi lama.

Misalnya Whatsapp yang menghentikan operasinya pada lebih dari 40 perangkat dan iPhone dan iPada yang tidak kompatibel dengan Airpods 3.

Selain itu juga ada iPad Pro 2021 yang tidak lagi kompatibel dang magic keyboard lama dan aplikasi Instagram yang tidak ada di iPad.

Baca Juga: 11 Cara Mempercepat HP Android Lemot, Jangan Buru-buru Ganti HP Baru!

Berbeda dengan semua perangkat tersebut, Google akan merilis “Extension Software Developer Kit” yang memungkinkan pengembang seperti pemilih foto baru di Android 13 juga akan ada di versi Android 11 dan 12.

Dilansir dari The Verge, Google mengatakan akan "memperluas dukungan fungsionalitas platform tertentu ke versi Android yang ada.

Ini hanyalah upaya terbaru dari Google untuk memastikan bahwa pengguna masih bisa mendapatkan fitur baru.

Untuk Android 10, Google akan memperkenalkan "Project Mainline" yang dimaksudkan agar beberapa bagian OS dapat diperbarui melalui Play Store.

Baca Juga: Siap-siap! Android 12 Bakal Segera Dirilis Google Bulan Depan

Selain itu, kamu juga bisa melihat pembaruan pada beberapa sistem Android yang lama untuk mengontrol WiFi, izin, hingga Android Runtime yang tela dimodulasi.

Artinya Google telah memberikan lebih banyak kontrol pembaruannya pada versi Android lama.

Google juga telah meluncurkan fitur-fitur baru seperti kartu ID negara digital yang secara teoritis dapat digunakan pada perangkat yang menjalankan Android 8.

Nantinya berbagai pembaruan-pembaruan untuk Android lama akan dhadirkan melalui pembaruan di play store.

Tag :

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : The Verge

Baca Lainnya