TikTok Tambahkan Tag Acara TV dan Film Baru, Didukung oleh IMDb

Sabtu, 07 Januari 2023 | 19:00
news18

Ilustrasi aplikasi TikTok Music

Nextren.com - TikTok, aplikasi berbagi video pendek itu memang sering melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

Kerjasama TikTok dilakukan untuk meningkatkan konten dari topik tertentu atau kerjasam untuk menghadirkan fitur-fitur terbaru.

Misalnya seperti kerjasama TikTok dengan Halodoc untuk memberikan edukasi mengenai kesehatan ibu dan kerjasama dengan kemendikbud untuk kampanyekan serunya belajar.

Kemudian TikTok juga kerjasama dengan Liktree untuk hadirkan fitur ink yang langsung terintegrasi ke dalam profil TikTok.

Tak sampai disitu, kini TikTok juga bekerjasama dengan IMDb, platform paling populer dan otoritatif untuk konten film, TV, dan selebritas.

Baca Juga: TikTok Update Sistem Deteksi Konten Berbahaya, Bebas Dari Video Porno

TikTok telah menambahkan opsi baru yang memungkinkan pengguna memberikan tagging acara TV dan film pada unggahannya.

Tagging tersebut akan langsung tertaut ke halaman IMDb untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai acara TV dan film yang diunggahnya.

TikTok telah melisensikan data dari IMDb untuk menguatakan fitur barunya yang akan memudahkan pengguna mendapatkan informasi mengenai acara TV atau film.

Lisensi data dari IMDb tersebut akan memberikan informasi atau data yang lebih relevan dari suatu film atau acara TV.

Informasi mengenai film atau acara TV tersebut terkait dengan pemeran, tanggal rilis dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Staf DPR AS Dilarang Punya Aplikasi TikTok di Perangkatnya

Jadi jika pengguna TikTok mengunggah konten mengenai suatu acara TV atau film, pengguna bisa menyertakan tagging dari acara TV atau film tersebut.

Konten yang diberi tag tersebut akan muncul di atas teks setelah konten video diunggah dan penonton yang melihat bisa klik tag tersebut.

Penonton akan diarahkan untuk masuk ke halaman lain yang menyediakan informasi dari IMDb.

Selain informasi mengenai film, penonton yang mengklik tag tersebut juga dapat melihat video TikTok lainnya yang juga menandai film atau acara TV yang sama.

Selain menautkan tagging informasi film atau acara TV di konten video, kreator TikTok juga bisa menautkan tagging informasi film atau acara TV di profil mereka.

Sama dengan tagging di video, tagging di profil juga akan mengarahkan yang klik ke halaman IMDb.

Baca Juga: TikTok Uji Coba Tampilan Video Horizontal, Mau Meniru YouTube?

Kerjasama yang dilakukan TikTok dengan IMDb diinisiasi berdasarkan minat pengguna TikTok dalam mengunggah konten mengenai film dan acara TV.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, menurut Grace Li, direktur kemitraan strategis TikTok, terdapat 25 miliar video yang diberi tag #FilmTok, #MovieTok, dan #TVTok.

Tagging-tagging tersebut menunjukan banyaknya minat kreator dan penonton TikTok pada film atau acara TV.

Maka untuk itu TikTok menghadirkan tagging yang bekerjasama dengan IMDb untuk memfasilitasi minat tersebut.

Lebih dari pada itu, dengan hadirnya fitur tagging film atau acara TV ini, TikTok bisa dijadikan media promosi.

Tag

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber The Hollywood Reporter