Kemenparekraf dan Tiket.com Ungkap Tren Wisata 2022, Outbond Jadi Favorit!

Jumat, 16 Desember 2022 | 18:30
Mattias helge

Ilustrasi liburan dengan tema outdoor

Nextren.com - Di penghujung 2022, Tiket.com dan Kemenparekrafmembagikan data baru terkait tren wisata sepanjang tahun 2022.

13 Desember lalu, Kemenparekraf dan Tiket.com menyelenggarakan webinar yang mengungkap aktivitas wisata favorit masyarakat Indonesia di tahun 2022.

Menurut data dari Kemenparekraf, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan pencetak devisa negara.

Setelah situasi pandemi mulai terkendali, kini secara perlahan sektor pariwisata mulai pulih.

Melalui beragam inovasi yang dilakukan, sektor pariwisata mulai bangkit dan membuat Indonesia menjadi salah satu negara yang kondisi pariwisatanya mampu bertahan di saat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Transjakarta Pakai GoPay di Aplikasi Tije, Gak Perlu Isi Saldo Lagi

Tren Wisata 2022

Mengacu pada rangkuman data kolaborasi tiket.com bersama Pusdatin Kemenparekraf, tiga destinasi favorit masyarakat untuk bepergian dalam negeri masih didominasi dengan tujuan di Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Jumlah outbound tourism Indonesia mengalami peningkatan dengan kenaikan pemesanan sebesar 81,8% dan jumlah pax 90,9%.

Tiket penerbangan domestik mengalami peningkatan dari tahun 2020 di mana menggambarkan bahwa perilaku konsumen cenderung stabil.

Baca Juga: Liburan ke Turki Lebih Nyaman dengan Internet Roaming XL Pass Mulai Rp 78 Ribu per Hari

Liburan berjenis Staycation disebutsemakin populer, membuat tingkat hunian kamar hotel berbintang mengalami peningkatan sebesar 49,85% (menurut data BPS Mei 2021 - Mei 2022).

Tren ini juga terefleksi dari data tiket.com, di mana vila dan apartemen pun semakin diminati seiring dengan maraknya tren staycation.

Angka pemesanan meningkat dua kali lipat dari sebelum pandemi menjadi 204% dengan tiga kota yang menjadi tujuan favorit masyarakat untuk staycation yakni area: DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Rendy Novantino
Rendy Novantino

Ilustrasi staycation di Bali

Rata-rata booking dan jumlah pax dari setiap kategori yakni transportasi (termasuk penyewaan kendaraan), akomodasi, serta event baik secara daring maupun luring mengalami tren peningkatan dan persentase pembatalan mengalami penurunan.

Hal ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat untuk bepergian ataupun berwisata mulai pulih ke arah yang lebih positif.

Baca Juga: 5 Film Netflix Bertema Keluarga Terbaru, Cocok Ditonton Saat Liburan

Kebangkitan sekotr keperiwisataan Indonesia disambut secara optimis oleh co-founder tiket.com Gaery Undarsa.

Gaery Undarsa mengungkapkan bahwa perusahaannya akan turut berkontribusi dalam menjaga ekosistem pariwisata agar mampu bertahan 2023.

“Kami di tiket.com berkomitmen untuk berperan aktif dalam menjaga ekosistem pariwisata sehingga terus bertahan dari berbagai tantangan yang mungkin hadir di 2023, serta di saat yang sama berkembang dan bersiap untuk peningkatan animo pariwisata," ujarnya.

"Selain meluncurkan berbagai program promo yang bertujuan untuk menambah minat masyarakat untuk berwisata, kami juga terus bersinergi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk mendukung berbagai program Pemerintah, khususnya program pemberdayaan bagi pelaku usaha wisata dan program yang berbasis riset, sehingga upaya pemulihan serta pertumbuhan industri pariwisata dapat tercapai dengan lebih solid," sambung Gaery.

Tiket.com
Tiket.com

Acara virtual Tiket.com

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto