Indonesia Cetak Pertumbuhan Sampah hingga 31,3 Juta Ton, Great Eastern Life Indonesia Gagas Program Reach for a Greener Tomorrow

Selasa, 13 Desember 2022 | 18:03
Shutterstock

Gaya hidup zero waste menjadi salah satu upaya penyelamatan lingkungan dan meningkatkan kualitas hidup.

Nextren.id –Indonesia merupakan salah satu negara dengan masalah sampah tertinggi. Dilansir dariSistem Informasi Pengelolaan Sampah NasionalmilikKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (SIPSN KLHK),per Desember 2021,sebanyak31,3 juta tonsampah telah dibuang oleh masyarakat Indonesia.

Untuk mengatasimasalah tersebut, berbagai program telah digalakkan oleh pemerintah maupun swasta. Salah satunya,gaya hidupzero wasteatau nol sampahseperti yang dilakukanolehGreat Eastern Life Indonesiamelalui program “Reach for a Greener Tomorrow”pada 26 Oktober 2022.

Untuk menjangkau banyak partisipan,Great Eastern Life Indonesiamenggandeng tim Saya Pilih Bumi yang merupakan bagian dariNational Geographic Indonesia. Kegiatan dilakukan dengan berbagai cara, mulai darikampanye gaya hidupzero wastemelaluimedia sosial hingga melibatkan komunitas.

Di Instagram,Great Eastern Life Indonesiajuga mengadakan sesi tanya jawab yang dilakukan secara virtual melalui Instagram Live.

Acara yang dikemas dengan tema“Zero Waste for Beginners”ini disampaikan olehHead of Marketing Great Eastern Life Indonesia Roy HendratadanCommunity Officer Saya Pilih BumidariNational Geographic IndonesiaAndi Pananrang.

Keduanya berbagi edukasi dan berinteraksi denganfollowersmelaluiInstagram @greateasternid dan @sayapilihbumi tentang langkah mudah untuk memulai gaya hidupzero waste.

Pada kesempatan tersebut, Roy mengatakan bahwagaya hidupzero wastedapatdimulaidengandisiplin mengurangi sampah seminimal mungkin setiap hari.Selain itu, ia jugaberharap generasi muda tertarik untuk mengikutigerakan inibukankarena faktorfear of missing outatauFOMO.

“Jangan menerapkan gaya hidupzero wastekarena ikut-ikutan oranglain. Selain itu, selalupikirkan manfaatmengurangi sampahuntuk diri sendiri danmasyarakatsekitar,”ujar Roy.

Langkah pertama untuk membiasakanzero waste,ujar Roy, bisa dilakukan sederhana, sepertimembawakantong belanjaketika bepergian,tidak membuang-buang makanan,sertatidak membeli pakaian berlebihan.

Roy berharap programReach for a Greener Tomorrowdapat menyampaikan misi besar Great Eastern Indonesia yakni mewujudkan kualitas hidup yang lebih baiksebagaibagian dari langkah untuk menjadi hebat dan menjadi versi terbaik dari diri sendiri(Reach for Great).

“Mewujudkan kualitas hidup yang lebih baik adalah bagian dari langkah untuk menjadihebat dan menjadi versi terbaik dari diri sendiri,” pungkas Roy.

Editor : Sheila Respati