Nextren Editorial Choice 2022, Gadget dan Teknologi Pilihan Redaksi

Kamis, 15 Desember 2022 | 18:05
nextren

Nextren Editorial Choice 2022, kembali hadir dalam berbagai macam jenis kategori pilihan redaksi

Laporan Editorial Nextren - Kama Adritya

Nextren.com -Tak terasa kini sudah memasuki penghujung tahun 2022, yang artinya adalah saatnya untuk memilih gadget dan teknologi pilihan redaksi.

Seperti sudah menjadi kebiasaan setiap akhir tahun, redaksi nextren dihadapi dengan pilihan sulit untuk menentukan isi dari Nextren Editorial Choice 2022.

Mengapa sulit? Karena ada hampir ratusan produk yang dikirimkan ke redaksi untuk direview.

Dari smartphone, laptop, alat pembersih udara, sampai ke kendaraan listrik semua diterima redaksi nextrenuntuk diuji dan dibuatkan konten untuk pembaca maupun penonton setia nextren.

Kebetulan sekali pada tahun ini, kualitas produknya juga beda-beda tipis antara masing-masing produsen sehingga untuk menentukan produk pilihan menjadi semakin sulit.

Terutama pada produk jenis gadget yang secara spesifikasi mirip-mirip dikarenakan perkembangan teknologi chipset juga melambat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Namun, teknologi tahun ini tidak hanya berbentuk gadget karena perkembangannya semakin canggih dan sudah merambah ke produk untuk end user.

Baik itu dalam bentuk Internet of Things (IoT), perabotan rumah tangga, perangkat keamanan, sampai dengan ke kendaraan listrik.

Untuk itu, berbeda dengan tahun sebelumnya kali ini redaksi nextrenmenambahkan kategori pilihan untuk memudahkan pembaca dan penonton untuk menyimaknya.

Apa saja kategorinya? Mari kita simak:

1. Kategori Laptop

Pada kategori ini, redaksi nextren kedapatan cukup banyak produk laptop dari berbagai macam vendor.

Hal ini disebabkan karena setelah pandemi, pekerja-pekerja ataupun anak sekolah membutuhkan perangkat komputer yang ringkas dan memiliki mobilitas tinggi.

Maka tak heran kalau kemudian para produsen laptop langsung membanjiri pasar dengan laptop-laptop yang ditujukan ke pasar yang berbeda-beda.

Untuk itu, redaksi nextrenmemilah-milahnya ke dalam beberapa kategori yaitu untuk kebutuhan bisnis, lalu untuk kebutuhan hybrid yang artinya bisa untuk kerja maupun entertainment, dan untuk kebutuhan gaming yang membutuhkan spesifikasi tinggi.

2. Kategori Tablet

Sama seperti laptop, perangkat tablet juga jadi naik daun karena pandemi yang memaksa kita untuk dapat bekerja dari mana saja.

Namun bukan hanya untuk bekerja, tablet juga bisa digunakan untuk multimedia maupun untuk mengembangkan kreativitas kita untuk berkarya tanpa kerepotan dengan membawa-bawa perangkat komputer.

Itu sebabnya kenapa para pelajar yang masih di bangku sekolah juga sangat menggemari perangkat tablet untuk mendukung proses belajar mereka.

Untuk itu, redaksi nextrenmembagi kategori ini dalam beberapa kriteria yaitu untuk pelajar, tablet yang harganya ekonomis, dan tablet kelas atas yang bisa digunakan untuk multimedia.

3. Kategori IoT

Kalau tahun lalu, kategori ini berdiri sendiri. Namun, kali ini kategori ini terbagi dalam 3 bagian, yaitu Wearables, Smarthome, dan TWS.

Mengingat semakin mainstream-nya wearables dalam bentuk smart watch maupun smart band, maka kategori ini akan berisi produk wearables yang terbagi dalam kriteria fitur yang lengkap dan wearables yang memiliki desain keren.

Kemudian ada TWS yang juga semakin banyak menggantikan earphone berkabel maupun headset berkabel. Untuk kategori TWS ada kriteria yang dilihat dari performanya yang mantap, lalu dilihat dari desainnya yang keren dan ringan, lalu juga dilihat dari segi harganya yang ekonomis.

Terakhir pada kategori ini adalah kategori smarthome. Seiring dengan semakin banyaknya produk-produk untuk rumah yang berbasis teknologi maka dari itu redaksi nextren akan memilih berdasarkan kriteria keamanan, produk untuk isi rumah (home), dan perabotan rumah tangga (appliances).

4. Kategori Aksesoris

Kategori ini juga tidak bisa ditinggalkan, karena aksesoris juga sudah menjadi bagian dari perangkat gadget.

Dengan aksesoris, gadget yang kita miliki juga menjadi semakin lengkap. Baik untuk membuat konten kreatif sampai ke kebutuhan sehari-hari.

Untuk itu redaksi nextrenmembagi kategori ini dalam beberapa kriteria, yaitu drone yang sudah menjadi hobi sekaligus melengkapi pembuatan konten, lalu ada gimbal yang sangat membantu proses pembuatan video dan foto dengan gadget, dan tentunya semua ini membutuhkan router agar dapat terhubung dengan internet.

5. Kategori Smartphone

Kategori ini tentu saja tidak mungkin dilupakan karena kebanyakan dari produk-produk gadget masih mendominasi pasar.

Masih ada pemain-pemain global yang kuat di pasar smartphone yang membuat persaingan mereka semakin ketat.

Untuk itu, redaksi nextrenmembagi kategori ini dalam beberapa kriteria yang cukup banyak jika dibandingkan kriteria yang lain.

Seperti kriteria hape 5G yang digadang-gadang sebagai konektivitas masa depan, lalu ada kriteria yang mengusung hasil video yang mantap, kemudian ada kriteria yang mengedepankan sisi perangkat lunaknya (software Operating System) dalam antar muka, lalu kriteria ketahanan baterai yang awet, hasil kamera dengan foto yang keren, kriteria flagship yang menjadi andalan masing-masing merek, dari segi harga yang ekonomis, di kriteria kelas menengah, dan hape dengan spesifikasi gaming yang mantap.

6. Kategori Special Mention

Untuk kategori ini, kita akan memilih produk-produk yang pernah direview oleh nextrenyang mungkin tidak mendapatkan tempat di kategori-kategori di atas.

Meski demikian, kategori ini diangkap penting karena merupakan bagian dari masa depan dalam dunia teknologi.

7. Kategori Pilihan MakeMac

Karena MakeMac juga merupakan bagian dari redaksi nextren, redaksi MakeMac juga ingin menyampaikan beberapa produk dari Apple dan pendukung pihak ketiganya yang terpilih sebagai produk pilihan MakeMac tahun ini.

Baik itu dari iPhone flagship tahun ini, iPhone dengan best value tahun ini, iPad, Macbook, TWS, sampai dengan aksesoris untuk iPhone maupun MacBook.

Pilihan dan Harapan Redaksi

Dengan terpilihnya produk-produk ini oleh redaksi, harapannya ini dapat membantu pembaca maupun penonton nextrenuntuk dapat menentukan pilihannya sendiri untuk dibeli atau dimiliki.

Redaksi juga tidak sembarang memilih produk-produk ini tanpa dasar. Ada perumusan dan penilaian tersendiri yang menentukan produk tersebut terpiilih.

Meskipun masih ada faktor subyektivitas yang menentukan. Khususnya subyektivitas dari mata pengguna (end user). Karena menurut kami, angka besar namun jika tidak mengacu ke kegunaan bagi si pengguna maka angka tersebut tidaklah relevan.

Secara garis besar, ada dua hal yang menentukan pilihan redaksi. Yaitu, produk tersebut pernah direview oleh redaksi nextren. Sehingga jika ada produk yang tidak pernah kami review, maka produk tersebut dengan berat hati tidak bisa masuk dalam pilihan.

Yang terakhir adalah produk tersebut masih dapat dibeli di tahun 2022 ini. Sehingga produk-produk yang sudah discontinued ataupun ghoib di pasaran maka tidak bisa masuk dalam pemilihan.

Tentunya, semua hasil pilihan tersebut adalah hak redaksi yang tidak bisa diganggu gugat. Tidak ada campur tangan dari pihak di luar redaksi terkait pilihan ini.

Siapa saja yang terpilih dari masing-masing kategori? Nantikan pengumumannya secara live lewat Chat Tech nextrendi Instagram, Facebook, maupun YouTube nextren mulai dari tanggal 19 sampai 23 Desember 2022.

Artikel dan videonya juga akan bisa dibaca dan ditonton mulai dari tanggal 19 sampai 23 Desember 2022 juga.

Apakah produk pilihanmu juga akan dipilih oleh redaksi nextren? Jangan lupa nanti mulai dari tanggal 19 Desember 2022 ya!

(*)

Editor : Kama

Baca Lainnya