Review OPPO Pad Air, Tablet Android 10 Inch Tidak Sampai 5 Juta

Rabu, 14 Desember 2022 | 17:30
bagus

OPPO Pad Air jadi tablet dengan ukuran 10 inch dengan fitur yang cukup banyak dan cocok sebagai pendamping kerja

Nextren.com - Setelah eksis selama beberapa tahun di Indonesia, OPPO Indonesia akhirnya memperkenalkan produk tablet untuk pertama kalinya yaitu Oppo PadAir.

Sebagai pemain baru di dunia tablet tanah air, OPPO Pad Air bisa kami bilang memiliki spesifikasi yang cukup kompetitif di kelas harganya.

OPPO Pad Air hadir dengan Chipset Snapdragon 680, sistem 4 speaker dan layar besar 10 inch di harga RP 3.999.000.

Desain

Seperti tablet pada umumnya, OPPO Pad Air menggunakan bahan aluminium di belakang sampai pada frame samping yang membuat Tablet lebih solid dan terasa mewah.

Namun untuk bisa berbeda dari produk tablet lain di pasaran, OPPO Pad Air mengadopsi desain two tone.

Setengah sisi dari tablet menggunakan sentuhan berbeda yang disebut terbuat dari kaca dengan tekstur seperti kertas yang lecek.

Kami sebenarnya suka dengan sentuhan tersebut karena memberikan grip yang lebih meyakinkan dibanding tekstur glossy aluminium biasa.

bagus

OPPO Pad Air mulai bisa melakukan pendaftaran bagi konsumen yang berminat

Lalu pada bagian kiri dan kanan (dalam posisi horizontal) terdapat sistem 4 speaker dan tulisan Dolby Atmos yang menegaskan fungsi entertainment dari OPPO Pad Air.

Baca Juga: Huawei dan OPPO Resmi Teken Perjanjian Lisensi Silang Paten Global

Posisi tombol volume ada di ujung kiri atas yang berdekatan dengan tombol power di sebelah kiri.

bagus

Detail bagian-bagian dari OPPO Pad Air dalam posisi vertikal, speaker & volume di sisi kiri, kosong di sisi bawah, speaker dan port USB-C di sisi kanan, port micro SD, dan tombol volume dan port micro SD di sisi atas

Sebagai varian non seluler atau WiFi only, OPPO Pad Air yang masuk ke Indonesia dilengkapi dengan slot untuk memasukkan SIM card di sisi atas yang memiliki mekanisme persis seperti memasukkan SIM card.

Kami secara keseluruhan sangat suka dengan desain dari OPPO Pad Air yang solid dan mewah baik saat dilihat ataupun disentuh.

Produktivitas

OPPO Pad Air menggunakan sistem operasi ColorOS 12.1 berbasiskan android 12 yang sudah kami kenal memiliki banyak fitur pendukung produktivitas.

Misalkan fitur split screen dapat membagi layar OPPO Pad Air menjadi 2 bagian untuk membuka 2 aplikasi sekaligus.

Fitur ini sering kali terpakai ketika harus membuka pers release pakai pdf reader di sebelah kanan dan mengetik artikel pakai notes di sebelah kiri.

bagus

OPPO Pad Air dilengkapi fitur produktivitas yang cukup beragam yaitu split screen, floating window, dan multi-screen connect

Lalu ada juga fitur floating window untuk membuka aplikasi dalam tampilan layar yang lebih kecil, sehingga bisa membuka aplikasi lain di latar tanpa terganggu tampilan aplikasi lain.

Tidak sampai di sini, fitur produktivitas paling keren di OPPO Pad Air yang sebenarnya smart screen connect.

Baca Juga: Harga HP Second OPPO A16 4/64GB Desember 2022, Cuma Sejutaan!

Fitur ini dapat memproyeksikan tampilan layar HP OPPO ke dalam tampilan layar tablet sampai melakukan beberapa fungsi HP melalui tablet.

Pengguna bisa membuka catatan, email, sampai mentransfer data dari HP ke tablet secara mudah dan cepat.

Menurut klaimnya, fitur multi screen connect ini bisa digunakan untuk berbagai HP OPPO yang sudah menggunakan ColorOS 12.1.

Namun untuk saat ini kami baru mencobanya di perangkat OPPO Reno8 5G saja.

Pengalaman Entertainment

OPPO Pad Air Dilengkapi dengan layar 10.36 inch beresolusi 1200 x 2000 pixel dan memiliki tingkat kecerahan mencapai 352 nits.

Layar ini tergolong besar dan cukup memuaskan untuk pengalaman entertainment sampai produktivitas seperti mengetik di aplikasi pencatat sampai mengedit video.

Namun catatan terbesar dari layar OPPO Pad Air ini ada di tingkat kontras yang menurut kami sedikit kurang terutama pada saat dilihat dari sisi lain.

bagus

OPPO Pad Air memiliki layar yanc cukup luas dengan bentang layar 10.36 inch beresolusi 2K

Tingkat kecerahan pada layar OPPO Pad Air juga menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna yang menggunakan tablet di luar ruangan yang cukup cerah.

Buat pengguna yang sering menggunakan tablet untuk menonton di tempat-tempat gelap seperti di kamera pada malam hari, layar ini mungkin akan cocok.

Baca Juga: OPPO Bagikan Jadwal Rilis ColorOS 13 untuk 46 Seri HP, Ada Punyamu?

Layar dari OPPO Pad Air juga memiliki warna cenderung ke biru yang masih bisa diatur sedikit lebih hangat melalui pengaturan suhu warna layar.

Pengaturan layar juga memiliki fitur untuk mengubah warna menjadi hitam putih atau mode membaca e-book yang pastinya membuat mata semakin nyaman ketika harus memandang layar dalam waktu lama.

Dalam pemakaian sehari-hari, beberapa hal di atas tidak begitu mengganggu kami dalam menggunakan OPPO Pad Air ini baik untuk menonton youtube, main game, sampai mengedit video shorts.

Walaupun aktivitas dengan OPPO Pad Air ini lebih banyak kami lakukan di dalam ruangan sambil menemani aktivitas kerja.

Speaker

OPPO Pad Air merupakan salah satu produk tablet di bawah 5 juta yang berbaik hati memberikan sistem 4 speaker dan dilengkapi teknologi Dolby Atmos.

Sistem speaker di OPPO Pad Air menurut kami cukup kencang dengan clarity yang jelas untuk kebutuhan di dalam ruangan ketika menonton pertandingan bola sampai sekedar marathon drama korea.

bagus

OPPO Pad Air Dilengkapi dengan sistem 4 speaker di sisi kanan dan kiri tablet

Walaupun menurut selera kami, speaker OPPO Pad Air sedikit kekurangan pada frekuensi low atau bass yang sangat dibutuhkan ketika menonton film.

Teknologi Dolby Atmos akan aktif secara default dan memiliki beberapa pengaturan preset yang bisa diakses melalui menu pengaturan suara.

Baca Juga: Harga dan Spesifikasi OPPO Reno 9, Bawa RAM Besar dan Layar Cantik

Ada beberapa menu pengaturan preset suara yang bisa diatur berdasarkan environment atau skenario penggunaan.

Sayangnya memang tidak ada equalizer untuk mengatur audio untuk memaksimalkan kualitas suara dari OPPO Pad Air sesuai kelas harganya.

Performa

OPPO Pad Air menggunakan chipset andalan OPPO dalam beberapa seri HP-nya yaitu Snapdragon 680 yang didukung oleh RAM 4GB.

Sedangkan untuk kapasitas penyimpanan, OPPO Indonesia menjual versi64 GB yang berbeda dari unit review kami yaitu 128GB yang seharusnya tidak berpengaruh besar pada hasil akhir review ataupun benchmark.

Untuk hasil skor benchmark AnTuTu, Snapdragon 680 di OPPO Pad Air tidak memiliki perbedaan yang begitu jauh antara Smartphone ataupun tablet.

Hasil ini sebenarnya sudah sangat cukup untuk pemakaian sehari-hari seperti mengedit video di capcut, membuat ilustrasi di canva, sampai gaming yang ringan.

Bagus

Skor Benchmark (mulai dari kiri atas) AnTuTu, Geekbench, PC Mark, dan 3D Mark

Untuk gaming yang kompetitif, OPPO Pad Air bisa menjadi catatan tersendiri karena di game seperti PUBG MOBILE bisa berjalan di pengaturan smooth dan genshin di low dengan beberapa kali frame drop ketika fighting.

Kabar baiknya kami bisa bermain game di OPPO Pad Air dengan sangat memuaskan di beberapa judul game favorit seperti menjadi kapten kapal -perang di game modern warship sampai menjadi bapak kos di game Rent Please!.

Kami yakin kalau OPPO Pad Air akan jauh lebih menyenangkan untuk bermain game-game yang bersifat lebih santai ataupun genre arcade.

Baca Juga: Cara Mengubah Indikator Baterai OPPO A17 Jadi Sederhana dan Clean

Baterai

OPPO Pad Air dilengkapi dengan baterai yang tidak begitu besar bagi sebuah tablet di kelasnya yaitu 7100mAh dengan dukungan pengisian daya 18W.

Dalam pemakaian sehari-hari ala kami yang biasa menonton youtube dan bermain game-game ringan, OPPO Pad Air bisa bertahan antara 2 hingga 3 hari dengan screen on time sekitar 8 sampai 10 jam.

bagus

OPPO Pad Air dalam skenario pemakaian ala kami bisa bertahan sampai lebih dari 2 hari dengan screen on time mencapai 10 jam

Menurut kami angka ini tidak spesial dan standar bisa dihasilkan oleh sejumlah tablet lain di kelasnya.

Lalu kami juga agak skeptis dengan pengisian daya dari OPPO Pad air yang hanya 18W.

bagus

OPPO Pad Air dengan pengisian daya 18W membutuhkan waktu 49 menit untuk bisa terisi dari 10 - 50%, sedangkan untuk 10 - 100% membutuhkan waktu 2 jam 26 menit saja

Namun ternyata baterai dari OPPO Pad Air bisa terisi dari 10 sampai 100% dalam waktu sekitar 2 jam 26 menit saja.

Sedangkan untuk pengisian daya selama 30 menit saja bisa terisi dari 10 sampai 35%.

Kamera

Sektor terakhir yang bisa dibahas dari OPPO Pad Air adalah segi kameranya yang bisa dibilang menjadi bagian yang jarang diperhatikan dari sebuah tablet.

Baca Juga: Cara Mengubah Indikator Baterai OPPO A17 Jadi Sederhana dan Clean

OPPO Pad Air menggunakan setup 1 kamera 8MP di belakang dan 5MP di depan dengan kemampuan perekaman video hingga 1080p saja.

Bagus

Hasil foto dari kamera belakang OPPO Pad AIr

Setelah menjajal kamera OPPO Pad Air secara langsung, kami berpendapat kalau kamera ini tidak begitu spesial dengan hasil yang tidak terlalu tajam namun sekedar cukup untuk melakukan dokumentasi.

Kami tidak menemukan optimasi kamera yang bisa dilakukan OPPO untuk produk smartphonenya seperti pada warna ataupun cahaya.

bagus

Hasil foto kamera depan OPPO Pad Air

Hal serupa juga terjadi di kamera depannya yang setidaknya masih bisa dipakai untuk melakukan panggilan video dengan cukup jelas.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, OPPO Pad Air menjadi perangkat dengan kemampuan multitasking yang sangat dibutuhkan beberapa pengguna tablet android.

Tidak hanya sekedar bicara perangkat keras yang cukup kencang dan layar besar, tapi OPPO Pad Air dengan perangkat lunak ColorOS 12 memiliki sejumlah fitur yang memenuhi kebutuhan akan produktivitas penggunanya.

Kebutuhan dari segi hiburan juga dipenuhi melalui sistem 4 speaker dan layar besar yang lebih dari cukup untuk menikmati konten di platform streaming atau media sosial.

Walaupun memiliki performa yang cukup untuk produktivitas sampai mengedit video, performa gaming di OPPO Pad Air bisa dibilang sedikit kurang kompetitif.

Baca Juga: Dibalik Fitur Dual Orbit Light OPPO Reno8 Z 5G Yang Cantik dan Fungsional

Tablet ini lebih cocok dipakai untuk bermain game dengan tujuan bersantai seperti game-game arcade ataupun game-game strategi yang lebih membutuhkan layar besar dibanding responsivitas yang tinggi.

Bagus

OPPO Pad Air

Sedangkan untuk sektor perangkat keras yang lain seperti kamera dan baterai, OPPO Pad Air masih tergolong tidak istimewa dan sekedar cukup untuk skenario sehari-hari, terlepas dari desainnya yang istimewa dari sejumlah produk tablet di pasaran.

Bagi yang tertarik, OPPO Pad Air dijual secara resmi di Indonesia dengan harga Rp3.999.000 dengan satu varian warna saja yaitu abu- abu.

Chipset QualcommSnapdragon 680 4G (6 nm)
Dimensi Ketebalan 6.9 mm, Berat 440 g
Kamera Belakang 8 MP, f/2.0 (belakang) + 5 MP, f/2.2 (depan)
Layar 10.36 inch, IPS LCD, 1200 x 2000 pixels
RAM / Penyimpanan 4 GB / 64GB (support MicroSD)
Audio 4 Speaker, Dolby Atmos
Baterai 7100mAh, Charger 18W
Sistem Operasi ColorOS 12,Android12
Warna Abu-Abu
Harga Rp 3.999.000
(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya