Intip Teknologi Mediatek Helio G99, Chipset Dibalik Performa Poco M5

Rabu, 07 Desember 2022 | 21:30
bagus

POCO M5 dengan Chipset MediaTek Helio G99 disebut memiliki performa yang kencang dibandingkan chipset dengan teknologi 6nm lainnya (in frame : Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia)

nextren.com - Hadir di Indonesia pada bulan November lalu, POCO M5 menjagokan performa sebagai sorotan utama dari perangkat yang dibandrol dengan harga 2 jutaan.

Performa ini disebut berkat pemakaian chipset MediaTek Helio G99 yang dibuat dengan teknologi fabrikasi canggih dari TSMC.

Dengan skor benchmark yang tinggi, POCO M5 dengan MediaTek Helio G99 disebut sebagai smartphone dengan performa yang berada di atas rata-rata smartphone lain di kelasnya.

Rahasia dibalik Performa POCO M5

Alasan dibalik tingginya performa POCO M5 berasal dari pemakaian chipset terbaru dari MediaTek yaitu Helio G99.

Chipset ini dibuat dengan proses manufaktur 6nm yang canggih dari TSMC dan diklaim 35% lebih tinggi dari chipset 4G lain dengan teknologi yang sama.

CPU yang dari Helio G99 menggunakan formasi 2 Arm Cortex A76 2.2GHz dan 6 Arm Cortex A55 2.0GHz yang efisien, serta GPU ARM Mali-G57 MC3.

Kombinasi ini menghasilkan performa yang cukup tinggi untuk chipset di kelasnya dengan klaim 40% lebih baik dibandingkan chipset 4G lain berteknologi manufaktur 6nm serta GPU yang lebih baik 75%.

bagus

MediaTek Helio G99 diklaim memiliki performa lebih tinggi dibanding chipset lain dengan teknologi 6nm lainnya

Walau tidak menyebutkan skor secara spesifik, skor AnTuTu MediaTek Helio G99 diklaim lebih tinggi 136% lebih tinggi dari chipset kompetitor dengan teknologi 4G dan 6nm.

Baca Juga: Inilah 4 Fitur Gaming Unggulan POCO M5, HP Gaming Harga Rp 2 Jutaan!

Lalu jika dibandingkan dengan chipset pendahulunya yaitu Helio G96 dan chipset kompetitor yang menggunakan teknologi 8nm, performa Helio G99 juga lebih sedikit mengungguli keduanya.

Menurut keterangan Deputy Director of Corporate Sales, Southeast Asia MediaTek, Cedric Chang, mengatakan bahwa “Secara data jelas terlihat bagaimana MediaTek Helio G99 mampu mendongkrak performa baik dari sisi CPU maupun GPU dengan signifikan.

Disamping itu faktor yang membuat POCO M5 menjadi semakin maksimal berkat kemampuannya mempertahankan kestabilan performa.

Hal ini tentu sangat penting agar performa smartphone tetap terjaga pada saat digunakan secara intens dalam waktu yang lama, seperti saat bermain game."

Bagus

Dari kiri atas ke kanan bawah, Jeksen, Product Marketing Manager POCO Indonesia, Andi Renreng, Head of Marketing POCO Indonesia, ChuChuan Yen, Program Manager, Customer, MediaTek, dan Cedric Chang, Country Manager Indonesia and Philippines MediaTek

Fitur & Spek POCO M5

Selain chipset yang kencang, POCO M5 sendiri sudah melakukan optimalisasi secara software melalui MediaTek Hyper Engine 2.0 Lite dan Game Turbo 5 untuk meningkatkan performa gaming di POCO M5.

Lalu untuk efisiensi daya, POCO M5 menggunakan fitur Msync 1.0.

POCO M5 juga dilengkapi spek seperti RAM LPDDR4X dan UFS 2.2 untuk kapasitas penyimpanannya.

Untuk mendukung performa tersebut, POCO M5 memiliki baterai 5000mAh yang diklaim bisa menyala selama 15 jam untuk bermain game, 21 Jam menonton, 42 jam telepon, dan 476 jam standby.

POCO M5 tersedia dalam 3 varian warna yaitu kuning, hijau, dan hitam.

Sedangkan untuk varian konfigurasi RAM dan memori tersedia dalam pilihan :

  • 4+1/64GB dengan harga Rp 2.199.000
  • 4+2/128GB dengan harga Rp 2.399.000
Baca Juga: Durasi Pengisian Baterai POCO M5 Jadi Pertanyaan, Ini Klarifikasinya

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya