Anantarupa Boyong Game Lokal Lokapala Go International Usai Disuntik Dana Rp 46 M

Selasa, 06 Desember 2022 | 20:30
Dunia Games

Ilustrasi game Lokapala

Nextren.com -Game lokal Lokapala mendapat angin segar untuk melanjutkan kesuksesannya menuju pasar global.

Game MOBA karya developer lokal ini siap melakukan ekspansi ke pasar internasional setelah mendapat pendanaan besar dari perusahaan modal ventura asal Singapura.

Anantarupa Studios selaku developer Lokapala mengungkapkan bahwa pihaknya mendapat suntikan dana senilai USD 3 juta atau sekitar Rp 46,9 miliar dari Oriza Greenwillow Technology Fund.

Penandatanganan investasi dari Oriza Greenwillow Technology Fund untuk Anantarupa Studios ini difasilitasi oleh Kemenparekraf RI sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah Indonesia terhadap industri gim dan industri kekayaan intelektual (IP) nasional.

Baca Juga: DANA Gelar Kompetisi Esports Dukung Perkembangan Industri Gaming

Dalam keterangan pers yang diterima Nextren, Greenwillow bersedia mengucurkan dana puluhan miliar ke Anantarupa Studios berkat konten game yang unik dan mengangkat kekayaan sejarah dan budaya Indonesia dan Asia Tenggara.

Managing Partner Oriza Greenwillow, Loh Wai Kong mengatakan bahwa keunikan konten game Lokapala akan mampu membentuk kekuatan ekonomi kreatif baru di Indonesia dan Asia Tenggara.

"Konten gim Lokapala yang unik dapat menjadi IP unggulan dalam industri konten lain yang selalu membutuhkan konten-konten baru, seperti komik, animasi, film, medium bercerita lainnya serta merchandising dan gamifikasi konten edukasi," ujar Loh Wai Keong.

"Seluruh sektor ini tentunya akan membentuk kekuatan ekonomi kreatif baru yang berbasis IP bagi Indonesia dan wilayah Asia Tenggara lainnya, serta mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi para millenial,” sambungnya.

Baca Juga: Game Lokal Battle of Satria Dewa Dipertandingkan di PPE 2021

Sementara itu, CEO Anantarupa Studios Ivan Chen mengatakan bahwa kerja sama ini telah membuktikan bahwa game lokal Lokapala mampu menembus pasar internasional.

"Kami membuktikan bahwa Lokapala sebagai IP Indonesia mempunyai potensi besar untuk menembus pasar global," ujar Ivan Chen.

"Untuk itu kami juga mempersiapkan pengembangan IP Lokapala dengan berkolaborasi bersama sektor lain untuk memproduksi komik, animasi, film, musik, dan merchandising. Kami berharap Lokapala dapat membawa IP Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi," sambungnya.

Peluang Besar Lokapala

Lokapala mempunyai peluang besar untuk menguasai pasar Asia Tenggara, mengingat 90% pemain gim di Asia Tenggara memainkan gim esports.

Bahkan beberapa negara di Asia Tenggara mulai mengembangkan wisata esports sebagai program pariwisata negaranya karena esports menjadi medium komunikasi bagi generasi muda, melintasi batasan-batasan budaya dan bahasa.

Saat ini, Anantarupa Studios sedang mempersiapkan uji server untuk kawasan Asia Tenggara, serta mengembangkan beberapa mode gim dan fitur baru seperti Battle Pass dan inter-regional matchmaking untuk mengakomodasi para pemain lintas negara.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto