Elon Musk Beri 'Amnesti' Akun Twitter yang Diblokir Mulai Pekan Depan

Jumat, 25 November 2022 | 18:30
inc. Magazine

Ilustrasi Elon Musk dan Twitter

Nextren.com -Elon Musk kembali melakukan perubahan besar di platform Twitter.

CEO baru Twitter ini mengungkapkan bahwa Twitter akan memberikan "amnesti umum" untuk beberapa akun Twitter yang telah diblokir.

Elon Musk mengumumkan kebijakan baru Twitter ini melalui sebuah Tweet pada hari Kamis (24/11).

Sebelumnya, Elon Musk telah melakukan polling untuk menentukan kebijakan baru Twitter tersebut.

"Haruskan Twitter menawarkan amnesti umum untuk akun yang ditangguhkan, asalkan mereka tidak melanggar hukum atau terlibat dalam spam yang parah?" tulis Elon Musk dalam keterangan polling.

Baca Juga: 20 ribu Tweet Per Detik Soal Piala Dunia 2022 Beredar di Twitter, Begini Kata Elon Musk

Hasil polling menunjukan bahwa 72,4% dari 3,16 juta pengguna Twitter mendukung Twitter memberikan amnesti untuk akun yang ditangguhkan.

Artinya, akun Twitter yang telah diblokir diizinkan untuk mengajukan permohonan pengampunan agar akun mereka bisa kembali.

Namun, Elon Musk menegaskan syarat utama agar akun Twitter bisa "diampuni" adalah tak melanggar hukum atau terlibat spam parah.

Elon Musk juga mengatakan bahwa amnesti untuk akun yang ditangguhkan akan dilakukan mulai pekan depan.

Baca Juga: Elon Musk Minta Karyawan Terus Kerja Lembur, Ratusan Karyawan Mundur dan Kantor Terpaksa Tutup

Tanggapan Netizen Twitter

Keputusan Elon Musk untuk memberi amnesti kepada akun yang ditangguhkan mendapat tanggapan beragam dari netizen.

Pada umumnya, mereka berterima kasih karena Elon Musk telah memutuskan untuk memberi amnesti kepada akun Twitter yang ditangguhkan.

Selain itu, beberapa akun influencer Twitter memperingatkan Elon Musk untuk konsisten terhadap apapun aturan yang dibuatnya.

"Baik apa pun yang diputuskan untuk dilaksanakan, Twitter harus jelas dan konsisten tentang aturan dan hukumannya jika melanggarnya. Penegakan aturan harus tidak memihak, dan mekanisme penegakan tidak boleh mudah disalahgunakan oleh oran-orang yang memiliki agenda," tulis akun Twitter dengan handle @BillyM2k.

Baca Juga: Elon Musk Buka Lowongan Kerja Baru Usai PHK Massal Ribuan Karyawan Twitter

Sebagai informasi, Elon Musk pekan lalu telah mengaktifkan kembali beberapa akun Twitter yang ditangguhkan, termasuk akun Twitter Donald Trump, situs satir Babylon Bee, dan komedia Kathy Griffin.

Hal ini lah yang kemudian mendorong Elon Musk untuk menerapkan amnesti akun Twitter yang telah diblokir secara lebih luas.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya