YouTube Short Hadirkan Fitur Tagging Produk, Mirip TikTok!

Rabu, 16 November 2022 | 17:00
Mashable

Ilustrasi logo YouTube Shorts dan TikTok

Nextren.com - Dilansir dari Social Media Today, YouTube Short keluarkan fitur taggung produk untuk memonetisasi YouTube Short.

Fitur baru ini merupakan eksperimen baru yang bermanfaat untuk para konten kreator.

Pada YouTube short konten kreator bisa menandai atau taging produk yang ada dalam klip YouTube Short untuk dibeli.

Sebelumnya YouTube telah melakukan uji coba fitur baru ini pada beberapa konten kreator terpilih di Amerika Serikat.

Kemudian penonton YouTube Short di Amerika Serikat, Brasil, Kanada dan Australia dapat melihat tag yang dicantumkan pada klip YouTube Short.

Penonton yang melihat tag bisa langsung klik tag tersebut dan langsung berbelanja di aplikasi tujuan.

Social Media Today
Social Media Today

Tag produk pada Youtube Short

Baca Juga: YouTube Shorts Hadir di TV, Bisa Nonton Bareng Keluarga Deh!

Fitur ini dibuat untuk mensiasati iklan ditengah video yang relatif lebih sulit ditempatkan pada video pendek seperti YouTube Short.

Sebelumnya, YouTube telah mengumumkan akan menampilkan iklan diantara video YouTube Short yang muncul.

Pendapatan dari hasil iklan di YouTube Short tersebut akan dibagikan dengan konten kreator dengan persentase berdasarkan kinerja YouTube Short.

Namun sepertinya hal tersebut kurang efektif, fitur tagging dalam video YouTube Short justru dirasa lebih menguntungkan.

Tagging produk pada video YouTube Short lebih menguntungkan karena alokasi dana bisa langsung diterima konten kreator.

Fitur ini merupakan cara baru bagi para konten kreator untuk memperbanyak kemungkinan mereka menerima pundi-pundi uang.

Baca Juga: TikTok Rilis Update Baru, Hadirkan Banyak Fitur Edit Video Seru Nih!

Sementara itu, platform video pendek terbesar TikTok, sebelumnya sudah lebih dahulu menggunakan fitur tagging seperti yang dilakukan YouTube ini.

Apakah tag YouTube ini akan mirip dengan tag TikTok, yang jelas ini adalah upaya monetisasi yang disempurnakan oleh YouTube.

Upaya lain yang dilakukan YouTube yaitu YouTube juga akan memungkinkan pembuat Shorts untuk memasukkan lebih dari 15 detik durasi video.

Upaya tersebut tentu memungkinkan kreator menggunakan lebih banyak musik dana akan membantu meningkatkan promosi musik, sekaligus memicu tren kreatif baru.

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Social Media Today

Baca Lainnya