Apple dan Samsung Masih Jadi Penguasa Pasar HP Flagship Indonesia

Senin, 14 November 2022 | 20:30
PhoneArena

HP flagship Samsung Galaxy S22 Ultra dan iPhone 13 Pro Max

Nextren.com -Konsumen di Indonesia masih memfavoritkan Samsung dan Apple sebagai produsen penghasil smartphone flagship terbaik.

Hal ini terbukti dari banyaknya pengiriman smartphone flagship Samsung dan Apple di Indonesia pada Q3 2022.

Dilansir dari Counterpoint Research, pengiriman produk smartphoneflagship Apple dan Samsung menjadi yang terbesar di Indonesia pada Q3 2022.

Kategori smartphoneflagship yang dimaksud dalam artikel ini adalah smartphone yang dibanderol dengan harga lebih dari USD 700 atau sekitar Rp 10,8 juta.

Adapun seri smartphone Apple yang masuk dalam kategori flagship meliputi iPhone 12 Series, iPhone 13 Series, iPhone 14 Series.

Sedangkan seri smartphone Samsung yang masuk dalam kategoriflagship meliputi Galaxy Z Fold series, Galaxy Z Flip series, dan Galaxy S series.

Baca Juga: Promo HP Samsung di Shopee 11.11, Galaxy S22 Ultra 5G Diskon Rp 2 Jutaan!

Laporan Counterpoint menunjukan data unik tentang pengiriman smartphone di Indonesia.

Pengiriman smartphone dengan hargadi bawah Rp 7 juta tercatat mengalami penurunan dibandingkan dengan Q3 2021.

Sedangkan pengiriman smartphone dengan harga di atas Rp 7 juta mengalami peningkatan.

Counterpoint mencatat pengiriman smartphone dengan range harga Rp 7 juta hingga 10 juta meningkat 134% pada Q3 2022.

Sedangkan penjulan smartphone dengan harga lebih dari 10 juta meningkat sebesar 19% pada Q3 2022.

Baca Juga: Samsung Waspadai Rencana iPad Layar Lipat Apple, Rilis 2024?

Apple berhasil menjadi vendor terfavorit smartphone di range harga lebih dari 10 juta, tapi tetap dibuntuti oleh Samsung di tempat kedua.

Pada range harga Rp 7 juta hingga 10 juta, Samsung dan Oppo menjadi brand yang paling laris di Indonesia.

Counterpoint Research
Counterpoint Research

Grafik penjualan smartphone Indonesia pada Q3 2022

Kondisi ekonomi global yang tidak menentu berdampak pada pengiriman smartphone di Indonesia, khususnya pada smartphone kelas entry-level dan mid-range.

Counterpoint Research mengungkapkan bahwa pengiriman smartphone high-end bisa bertumbuh karena tak begitu terpengaruh oleh hambatan ekonomi makro.

Hal ini dikarenakan kapasitas ekonomi kelompok konsumen high-end yang lebih leluasa di kondisi ekonomi makro yang mengalami hambatan.

Baca Juga: Sindiran Keras Samsung untuk Apple Fan Boy: Masih Nunggu iPhone Lipat?

Apple sendiri lebih dominan meluncurkansmartphone high-end daripda mid-range.

Apple meluncurkan iPhone generasi baru dengan banderol harga mulai dari Rp 15 juta.

Sedangkan untuk iPhone entry-level seperti iPhone SE dibanderol dengan harga mulai dari Rp 7 jutaan.

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto