Beginilah Situasi Rumah Dilengkapi Perangkat IoT Smart Home dari iT, Canggih!

Rabu, 09 November 2022 | 21:30
Bagus

Sejumlah produk iT yang terpasang di rumah display menunjukkan ekosistem IoT Smart Home yang telah terpasang

Nextren.com - iT (Immersive Tech) memamerkan kepada awak media sebuah rumah yang sudah dilengkapi dengan sejumlah produk smart home di suatu komplek hunian di PIK, Jakarta (11/8).

Di dalam rumah bertajuk Milenial ini, iT memasang sejumlah alat rumah tangga yang sudah memiliki teknologi pintar seperti rumah masa depan dan bergaransi TAM.

Beberapa produk ini meliputi keamanan seperti kamera CCTV, doorlock, sampai alat yang menjaga kebersihan rumah seperti Robot Vacuum dan air purifier.

Keamanan

iT memasang beberapa produk untuk menjaga keamanan di rumah pengguna seperti IT Smart Outdoor Camera W01, IT Smart Wireless Doorbell WD01, IT Smart Door Lock X3, dan IT Smart Door Window Sensor S02.

Bagus

IT Smart Outdoor Camera W01 (kiri), IT IT Smart Door Lock X3 (tengah), Smart Wireless Doorbell WD01 (kanan)

IT Smart Outdoor Camera W01 memiliki keunikan yaitu bisa dipasang tanpa atau menggunakan kabel yang sering menjadi kesulitan dari pemasangan CCTV outdoor.

CCTV ini memiliki baterai yang bisa bertahan hingga 18 bulan tergantung seberapa sering fitur auto detect aktif untuk merekam aktivitas yang terdeteksi secara otomatis.

Lalu pada bagian pintu, terdapat IT Smart Wireless Doorbell WD01 yang dilengkapi dengan kamera untuk melihat siapa yang berada di depan pintu.

Bel pintar ini juga bisa dipakai sebagai alat berkomunikasi dengan perangkat melalui aplikasi iT.

Sehingga memiliki rumah bisa saja berkomunikasi dengan kurir belanja online yang sedang menunggu di luar pintu tanpa harus menemui secara langsung.

Baca Juga: Daftar Harga Perangkat IoT OPPO Terbaru Akhir Oktober 2022, Cek Yuk!

Pintu rumah dari rumah ini juga dilengkapi dengan IT Smart Door Lock X3 yang bisa membuka pintu dengan berbagai cara seperti Pin, sidik jari, kartu uang elektronik, bahkan sampai KTP.

Smart Door Lock dari iT ini bisa menyimpan hingga 300 identitas akses yang semuanya bisa dikelola dan datanya tersimpan di aplikasi iT Smart.

Semua akses pengaturan serta feed video dari CCTV dan Door Lock iT juga bisa diakses melalui aplikasi iT Smart yang tersedia baik untuk android atau iOS.

Tidak ketinggalan, iT juga memiliki Smart Door Window Sensor S02 yang dapat mendeteksi kalau ada jendela atau pintu yang terbuka.

Bagus

IT Smart CCTV

Lalu untuk CCTV indoor, pengguna bisa menggunakan IT Smart CCTV Camera yang bisa digerakkan melalui aplikasi bagi atas bawah atau kiri kanan.

Kelistrikan

Untuk kelistrikan di rumah, iT juga melengkapi rumah dengan beberapa alat iOT Smart Home yang bisa melakukan otomatisasi sistem listrik di rumah.

Misalkan ada 2 Gang Smart Lamp Switch yang bisa mengatur nyala dan mati lampu menggunakan aplikasi atau otomatisasi berdasarkan jam.

Bagus

iT Smart Lamp (kiri) & Smart Lamp Switch (Kanan)

Dengan saklar pintar ini, pengguna bisa menyala matikan lampu rumah dari manapun seperti luar kota atau luar negeri menggunakan aplikasi iT Smart.

Baca Juga: IT Rilis 20 Produk Smart Home, Dari Colokan Sampai Robot Vacumm

Namun iT juga memiliki produk bohlam pintar yang lebih mudah untuk digunakan karena bisa dipasang seperti menggunakan lampu biasa.

Salah satu kelebihan dari pemakaian bohlam pintar ini adalah pengguna yang bisa mendapatkan fitur lampu pintar tanpa perlu membongkar saklar lampu biasa.

Lalu iT juga memiliki Smart Power Socket Extension PS01 yang merupakan colokan listrik dengan 4 socket serta port USB yang bisa dikendalikan nyala dan mati melalui aplikasi iT Smart.

Bagus

iT Smart Dual Plug (atas) & Smart Power Socket Extension (bawah)

Jika colokan ini dirasa terlalu besar, iT memiliki versi 2 socket saja yaitu IT Smart Dual Plug PS02 yang juga masih memiliki dukungan 2 port USB dengan fungsi dan fitur yang kurang lebih sama.

Port USB yang tersedia juga bisa dipasangkan ke perangkat pintar dari iT lain yaitu IT Smart Universal IR Remote S06 untuk mengendalikan perangkat elektronik menggunakan infrared seperti Televisi dan AC.

Bagus

iT Smart IR Remote versi 5 meter (atas) dan 10 meter (bawah)

Alat yang satu ini sering kali terpakai untuk menyalakan AC ketika pengguna masih berada jauh dari rumah dan bisa masuk dalam kondisi dingin.

Satu IR Remote ini bisa digunakan untuk beberapa peralatan elektronik sekaligus seperti AC dan TV di kamas untuk menggantikan berbagai remote.

Dapur

iT juga memiliki 2 produk untuk dapur rumah yaitu IT Smart Air Fryer B02 & IT Smart Gas Detector.

Baca Juga: 5 Produk Smart Home TP-Link Mulai Rp 90 Ribu, Dekorasi Anti Mahal

IT Smart Gas Detector dapat dipasang di dinding untuk mendeteksi kalau ada kebocoran gas baik elpiji ataupun karbon monoksida dari mobil atau genset.

Bagus

IT Smart Gas Detector

Suara dari Gas detector ini juga cukup kencang yang seharusnya bisa membangunkan seisi rumah dan ada juga peringatan dari smartphone melalui aplikasi iT Smart.

Lalu untuk IT Smart Air Fryer B02 memiliki fungsi yang kurang lebih sama seperti air fryer pada umumnya dengan kapasitas mencapai 5.2 Liter.

Namun melalui aplikasi iT smart, pengguna dapat menyimpan, membuat, atau mengubah durasi dan suhu berdasarkan bahan makanan yang diproses.

Bagus

IT Smart Air Fryer

Secara default sudah tersedia beberapa pilihan memasak seperti ayam dan kentang, namun masih bisa diubah sesuai selera masing-masing pengguna melalui aplikasi.

Kebersihan

Untuk menunjang kebersihan, iT juga memiliki produk Robot Vacuum dan 3 ukuran Air Purifier sesuai kebutuhan ruangan.

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 dapat membersihkan lantai rumah baik menyapu atau pel secara otomatis.

Robot vacuum dari iT ini dapat mendeteksi dan memetakan lantai rumah secara otomatis, menghindari halangan, dan naik ke atas karpet.

Baca Juga: Viral di TikTok: Pintu Smart Door Lock Error, Begini Cara Mengatasinya

Pengguna juga bisa meletakkan robot vacuum ini di lantai 2 karena sudah dilengkapi dengan pendeteksi ketinggian untuk mencegahnya jatuh dari tangga.

Bagus

IT Robot Vacumm dengan dock stationnya

IT Smart Robot Vacuum Cleaner GS01 datang bersama dengan port atau stasiun pengisian daya dimana robot bisa kembali secara otomatis ketika tugasnya sudah selesai atau butuh melakukan pengisian daya.

Lalu untuk menjaga kebersihan udara, iT memiliki 3 ukuran air purifier yaitu IT Smart Air Purifier S130 untuk ruangan yang kecil, IT Smart Air Purifier S280 untuk ruangan berukuran medium, dan IT Smart Air Purifier P400 untuk ruangan yang lebih besar.

Bagus

IT Smart Air Purifier S130 (kiri), IT Smart Air Purifier S280 (tengah), dan IT Smart Air Purifier P400 (kanan)

Ketiga air purifier ini sudah dilengkapi juga dengan kemampuan untuk mendeteksi kualitas udara di rumah dan memiliki beberapa settingan kecepatan kipas untuk menyesuaikan suara bisingnya.

Pengaturan ini bisa dilakukan melalui tombol sentuh di air purifier ataupun menggunakan aplikasi IT Smart.

Baca Juga: Ini Gadget Terbaik Untuk Rumah Berkonsep Smart Home di CES 2021

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya