Cara Mengaktifkan Autosave di Microsoft Word, Khawatir Dokumen Hilang!

Rabu, 13 September 2023 | 15:44
Crust

Ilustrasi Microsoft Word

Nextren.com - Pernahkah kamu mengalami laptop mati secara tiba tiba atau dokumen microsoft word tertutup mendadak saat kamu sedang menulis.

Hal tersebut mungkin membuat kamu panik dan khawatir file yang sudah kamu tulis akan hilang dan kamu perlu menulis ulang.

Jika hal tersebut terjadi, tentu membuang-buang waktu, dan kamu belum tentu mengingat atau menulis ulang dengan persis dengan sebelumnya.

Untuk mengantisipasi kejadian tersebut terjadi, Microsoft Word memiliki fitur AutoSave atau menyimpan otomatis saat program Microsoft Word tertutup tiba-tiba

Baca Juga: Cara Mengatur Margin Di Word, Sesuaikan dengan Pedoman Skripsi! Berikut cara mengaktifkan fitur AutoSave di Microsoft Word.

1. Klik menu "file" di sudut kanan atas dokumen Microsoft Word.

Screenshot

cara mengaktifkan autosave microsoft word

2. Setelah laman file terbuka, pilih "option".

Screenshot

3. Kemudian laman option terbuka dan pilih menu "save".

4. Setelah itu kamu bisa memilih beberapa menu yang bisa kamu klik atau beri ceklis untuk mengaktifkan fitur AutoSave.

mengaktifkan AutoSave di Microsoft Word

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word, Mudah dan Praktis!

Menu yang harus kamu klik atau beri ceklis untuk mengaktifkan fitur AutoSave yaitu menu "AutoSave files stored in the Cloud by default in Word".

Jika menu tersebut sudah terceklis, artinya fitur AutoSave di Microsoft Word kamu sudah aktif dan secara otomatis Microsoft Word akan menyimpan file walaupun program Microsoft Word tertutup secara tiba-tiba.

Kamu juga bisa memilih pengaturan waktu penyimpanan otomatis, misalnya kamu memilih 10 menit.

Artinya dokumen yang akan tersimpan secara otomatis adalah dokumen yang sudah diperbaharui dalam waktu 10 menit terakhir.

Jika kamu memilih opsi 10 menit namun dokumen tersebut baru kamu perbaharui tulisannya 2 menit yang lalu dan tiba-tiba Microsoft Word tertutup, makan tulisan yang kamu baru perbaharui 2 menit lalu tidak akan tersimpan.

Sebaiknya kamu bisa memilih waktu yang relatif sebentar, semakin sering dokumen disimpan, semakin besar peluang untuk mendapatkan kembali semua perubahan jika Microsoft Word tertutup tiba-tiba.

Selain itu kamu juga perlu klik atau ceklis menu "Keep the last AutoRecovered version if I close without saving", menu ini memungkinkan kamu mendapatkan kembali file meski kamu lupa menyimpannya.

Hal lain yang bisa kamu pilih pada menu AutoSave tersebut yaitu, format dokumen yang kamu simpan dan lokasi file yang otomatis akan tersimpan.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya