Bos Apple Craig Federighi Jawab Kemungkinan iMessage Hadir di HP Android

Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:00

Craig Federighi sempat menjawab kemungkinan hadirnya iMessage di hp Android dapat membuat rugi Apple.

Nextren.com - iMessage menjadi salah satu aplikasi pesan yang cukup unik dan menarik namun hanya hadir di Apple.

Sebenarnya, pihak Google sempat menyinggung sistem iMessage yang sempat disalah pahami netizen sebagai langkah rayuan agar iMessage hadir di hp Android.

Hal ini pun juga sudah diselesaikan langsung dengan klarifikasi pihak Google. Kalian bisa baca lebih lengkap disini.

Adapun informasi terbaru bersumber dari pihak Apple yang merespon kemungkinan iMessage hadir di Android itu hampir tidak ada.

Baca Juga: Apple Rilis 2 Fitur Baru iMessage di iOS 16, Bisa Edit dan Batalkan Pesan!

Menurut wccftech, ada pembicaraan di masa lalu tentang membawa iMessage ke Android.

Faktanya, Craig Federighi, seorang eksekutif perusahaan dan salah satu pembicara utama untuk Apple, mengirim email kembali pada tahun 2013.

Isi emalinya menunjukkan bahwa jika Apple merilis iMessage versi Android, itu akan menghasilkan penjualan Android yang lebih tinggi.

Terkait isi email tersebut, Wall Street Journal kembali mewawancarai Federighi, menanyakan tentang kurangnya iMessage di Android.

Baca Juga: Apple Berpotensi Pakai USB Type C di iPhone 15, Tapi Cuma di Sini

"Saya khawatir iMessage di Android hanya akan berfungsi untuk menghilangkan hambatan bagi keluarga iPhone yang memberikan ponsel Android kepada anak-anak mereka," ujar Federighi.

Maksud dari pernyataannya tersebut menyimpulkan jika iMessage ada di Android maka keluarga iPhone bisa memberikan hp Android kepada anaknya, ketimbang membelikan produk Apple.

Federighi menjelaskan bila perusahaan memasuki pasar dan mulai membangun aplikasi maka haru menemukan cara yang membuat mereka berbeda.

Dengan begitu perusahaan dapat memiliki banyak pelanggan dan akan mendapat pengalaman yang memuaskan.

"Jadi, jika kami baru saja mengirimkan aplikasi yang benar-benar tidak mendapatkan massa kritis di platform lain, apa yang akan dicapai adalah itu akan menahan kami dalam berinovasi dalam semua cara kami ingin berinovasi dalam pesan untuk pelanggan kami, dan tidak akan mencapai banyak hal dengan cara lain," lanjutnya.

Sederhananya, pada saat itu di tahun 2013, Apple merasa harus memilih di mana ia akan menginvestasikan sumber dayanya untuk membuat perbedaan.

Baca Juga: Bos Google Dituduh Merayu Apple Rilis iMessage di Android, Benarkah?

Federighi juga mengatakan bahwa menambahkankan versi Android dari iMessage tampak seperti membuang yang tidak akan melayani dunia atau dengan kata lain, tujuan yang hilang.

Sampai saat ini, Google atau android telah mencoba yang terbaik untuk membuat Apple memiliki cara komunikasi yang lebih baik antara kedua platform.

Google hanya ingin Apple menggunakan standar olah pesan modern dengan mengadopsi sistem RCS.

Tak hanya mengajukan ajakan untuk mendukung RCS di iOS, Hiroshi Lockheimer juga menawarkan bantuan kepada Apple terkait penerapan RCS di iOS.

Baca Juga: Cara Membuat Polling di Grup iMessage, Bikin Grup Keluarga Makin Seru!

Hal ini menunjukan bahwa Google sangat ingin merealisasikan penggunaan RCS sebagai layanan olah pesan universal pengganti SMS dan MMS.

Menurut pantauan wccftech, saat ini ada beberapa perbaikan yang dilakukan, namun dukungan penuh masih belum terlihat. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya