Google Ubah Format Tampilan Pencarian, Lebih Jelas dan Transparan

Senin, 17 Oktober 2022 | 14:54
Profesional Beauty

Ilustrasi Google Search

Nextren.com -Dilansir dari socialmediatoday.com, Google mengumumkan adanya perubahan pada tampilan hasil pencarian untuk memberikan kejelasan dan transparansi yang lebih dari daftar pencariannya.

Perubahan ini seharusnya tidak memiliki dampak yang signifikan pada penggunaan SEO (Search Engine Optimization).

Pertama, Google menambahkan nama situs pada pencarian di seluler, hal ini ditujukan kepada pengguna agar lebih mudah mengidentifikasi situs web yang terkait dengan melihat hanya sekilas.

socialmediatoday.com

Tampilan Google Search yang Baru

Baca Juga: Mode Incognito Google Chrome Tak Sepenuhnya Aman, Ini Penyebabnya!

Seperti yang dapat dilihat dalam gambar diatas, terdapat nama situs web dan URL pada setiap daftar pencarian.

Nama situs web dan URL dapat memberikan lebih banyak konteks mengenai situs tersebut.

Google juga memperluas ukuran favicon atau ikon dari situs terkait dengan URL yang ditampilkan.

Ikon tersebut tentu memberikan lebih banyak eksposur bagi suatu brand.

Untuk menampilkan detail situs berupa ikon tersebut perlu pembaruan, yang mungkin akan menjadi pertimbangan SEO.

Adanya ikon situs dapat membantu meningkatkan kehadiran sebuah situs dalam daftar pencarian di Google App, dan meningkatkan kesadaran dan visibilitas brand.

Baca Juga: Video TikTok & IG Akan Muncul di Google Search, Lebih Gampang Viral!

Kemudian perubahan lainnya pada tampilan hasil pencarian di Google yaitu Google merubah pemberitahuan iklan dari “Iklan” menjadi “Bersponsor”.

Selain untuk memudahkan pengguna mengidentifikasi situs web, perubahan ini dilakukan untuk memastikan bahwa iklan diberi label dengan jelas.

Kini label “bersponsor” akan ditampilkan pada baris sudut kiri atas penelusuran.

Google ingin label “bersponsor” dalam teks hitam tebal tersebut menonjol dan jelas pada berbagai jenis konten berbayar.

Label baru tersebut memudahkan pengguna untuk membedakan daftar hasil pencarian serta memperjelas informasi tentang konten berbayar.

Ini bukanlah perubahan besar, tetapi bisa berdampak jika sebuah situs tidak selaras dengan skema konfigurasi Google.

Varian 'iklan' dan 'disponsori' telah dikaburkan oleh daftar yang berbeda selama bertahun-tahun di aplikasi sosial, dan hari ini, kebanyakan orang tahu bahwa hasil pertama di tampilan pencarian Google manapun dibayar.

Tag

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber Social Media Today