Xiaomi 12T Pro Resmi Jadi HP Pertama Xiaomi Dengan Sensor Kamera 200MP

Rabu, 05 Oktober 2022 | 11:36
Xiaomi

Tampilan penampang belakang dan kamera 200MP Xiaomi 12T Pro.

Nextren.com - Xiaomi baru saja secara resmi mengumumkan flagship terbaru mereka yakni Xiaomi 12T Pro yang memiliki kamera monster sebesar 200MP.Akhirnya setelah lama ditunggu-tunggu Xiaomi akhirnya mengungkap wujud dan spesifikasi dari Xiaomi 12T Pro pada acara Xiaomi Lauch Oktober di Munich, Jerman. (4/10/2022)Tak tanggung-tanggu lagi, mereka langsung mengusung spesifikasi andalan yakni sensor kamera 200MP pertama pada smartphone mereka.Xiaomi menggunakan sensor Samsung HP 1 yang memiliki dengan ukuran base pixel 0.64μm dan aperture f/1.69 .Jenis sensor ini di lucncurkan tahun lalu dengan didukung dengan teknolkogi kamera pixel bining yang membuatnya dapat melihat detail gambat secara halus.

Baca Juga: Xiaomi Akan Luncurkan Seri Xiaomi 12T Pada 4 Oktober, Kameranya 108MP dan 200MP

Teknologi ini mampu mengkombinasikan 16 pixel untuk memproduksi gambar 12,5MP atau sekitar (2,56μm ukutan pixel).Selain itu juga dapat melaukan kombinasi pada 4 pixel untuk memproduksi 50MP gambar (1,28μm ukuran pixel) atau memproduksi 200MP gambar beresolusi penuh.Sebagai perbandingan, iPhone 14 Pro yang hadir dengan kamera 48MP memiliki ukuran pixel 2.44μm.

Xiaomi
Xiaomi

Tampilan kamera utama, ultrawide dan makro pada Xiaomi 12T Pro.

Tak hanya itu, sensor utama kamera ini memiliki fitur 2X zoom, mode foto malam dan perekaman video mencapai resolusi 8K.

Xiaomi sendiri menyatakan bahwa resolusi megapixel sensor hp ini bisa menghasilkan gambar yang sangat detail dan tajam.Selain itu juga memiliki kedalaman warna pada siang hari maupun saat situasi cahaya yang sedikit.

Baca Juga: Harga HP Second Xiaomi 12 8/256GB September 2022, Turun Lebih dari Rp 2 Juta!Disamping ukuran sensor yang melimpah, pemerosesan gambar pasca memfoto juga akan sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar yang dihasilkan.Pada bagian videonya, kamera utama hp ini dapat merekam video hingga resolusi 4K pada 30/60fps dan resokusi 8K pada 24fps. Oleh karena itu, memliki 200MP bukanlah jaminan hp ini bisa mengungguli hasil jepretan kamera dengan resolusi lebih rendah.

Kamera ini juga delengkapi dengan fitur OIS yang mampu menstabilkan pengambilan gambar foto maupun video.Pada bagian belakang, kamera utamanya ini juga ditemani dengan kamera makro berukuran 2MP dan kamera ultrawide sebesar 8MP. Sedangkan, kamera selfie hp ini memiliki resolusi sebesar 20MP yang mampu merekam video hingga 1080p pada 30/60fps.

Baca Juga: Hasil foto Xiaomi 12S Ultra Xiaomi 12S Ultra Berlensa Leica dan Sensor Sony IMX989 vs Galaxy S22 Ultra dan iPhone 13 Pro Max

Selain ukuran kamera yang fantastis, hp ini juga membawa beberapa spesifikasi lainnya yang tak kalah menarik.Seperti flagship android kebanyakan, Xiaomi 12T Pro ditenagai dengan prosesor Qualcomm yaitu Snapdragon 8+ Gen 1.

Xiaomi
Xiaomi

Chipset Snapdragon 8+ Gen 1 pada Xiaomi 12T Pro

Xiaomi juga mengklaim memiliki sistem pendinginan 65% lebih baik dari pendahulunya agar mampu menjinakan performa kencang chipsetnya.Hp ini juga hadir dengan kapasitas RAM 8GB atau 12GB dan kapasitas memori internal UFS 3.1 sebanyak 128 GB atau 256 GB.Layarnya sendiri dilengkapi dengan layar CrystaRes AMOLED berukuran 6,67 inci yang punya refresh rate hingga 120Hz.Sedangkan, kaca layarnya dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 5 yang super kokoh dan aman.Hp ini juga dilengkapi dengan rating IP53 sehingga membuanya mampu aman dari debu dan air.

Baca Juga: Perbedaan Spesifikasi Xiaomi 12S dan Xiaomi 12, Akankah Masuk Indonesia?Flagship andalan Xiaomi ini juga dibekali dengan baterai 5.000mAh yang super besar sehingga membuatnya bisa lebih awet.Tak hanya itu, pengguna juga mampu mengisi daya baterainya dengan sangat cepat menggunakan charger 120W hp ini.

Xiaomi
Xiaomi

Baterai 5000mAh Xiaomi 12T Pro

Xiaomi mengklaim Xiaomi 12T Pro ini dapat melakukan pengisian daya hanya dengan waktu 19 menit.

Tentunya hal ini akan sangat memudahkan pengguna yang dikejar waktu namun harus tetap mengisi baterai hpnya. Selain itu, pengguna juga bisa menikmati audio yang mantap dengan menggunakan speaker stereo dari Harman Kardon.Sebagai sebuah hp flagship, tentunya Xiaomi 12T Pro ini akan hadir dengan jaringan 5G dan juga dilengkapi dengan NFC.Hp ini akan menjalankan sistem operasi seluler Android 12 dan juga menggunakan user interface MIUI 13 di dalamnya.Pada bulan lalu, kamera 200MP dengan sensor Samsung ini juga diluncurkan oleh Motorola dengan nama Motorola Edge 30.

Baca Juga: Ada Promo Poco dan Xiaomi, Xiaomi 12 dan Xiaomi 11T Pro Turun Rp 1 juta Ini menandakan bahwa persaingan spesifikasi antara merek-merek besar masih hidup dan akan terus membawa inovasi terbaru kepada konsumen.Setelah diumumkan kemarin, hp ini akan mulai dijual ke konsumen tanggal 13 Oktober 2022. Sayangnya, sampai saat ini masih belum ada kabar kapan hp ini akan mulai di jual secara di Indonesia.Xiaomi 12T Pro akan hadir ke pasaran dengan varian warna Black, Blue, dan Silver dan mulai dibanderol pada harga €749 atau sekitar Rp 11.300.000.Bagaimana sobat Nextren makin ga sabar kan buat nunggu hp ini masuk di Indonesia.Buat update terus info seputar gadget dan tren lainnya, tetep stay tune di Nextren.com ya!(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : Tech Crunch, GSM Arena, Xiaomi

Baca Lainnya