Mulai November Netflix Akan Hadirkan Layanan Iklan, Bersiaplah!

Senin, 17 Oktober 2022 | 12:00
KOMPAS.com

Ilustrasi Netflix

Nextren.com - Setelah beberapa bulan muncul spekulasi mengenai peluncuran iklan pada layanan streaming video Netflix, kini kabar tersebut benar adanya.

Dilansir dari usatoday.com, menurut Netflix, pengguna di berbagai negara termasuk Amerika Serikat dapat berlangganan paket “Basic with Ads” mulai 3 November mendatang seharga $6,99 atau sekitar Rp 108 ribu per bulan.

Paket “Basic with Ads” memiliki tiga paket layanan bebas iklan yaitu Paket Basic seharga $9,99 atau sekitar Rp 150 ribu, Standard seharga $15,49 atau sekitar Rp 239 ribu, dan Premium seharga $19.99 atau sekitar Rp 309 ribu.

Paket-paket iklan ini akan di 11 negara, termasuk Kanada, Australia, Korea Selatan, Inggris, Prancis, Jerman dan mungkin juga dengan negara-negara lainnya di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Film Indonesia Akan Meluncur di Netflix, Gandeng Sutradara Ternama

Setidaknya pada awal-awal peluncuran iklan, sekitar 5% hingga 10% dari film dan acara TV di Netflix tidak akan muncul pada beberapa paket, karena pembatasan lisensi.

Kemudian, pelanggan paket iklan iklan tersebut tidak akan memiliki opsi untuk mengunduh acara atau film.

Netflix mengatakan paket Basic with Ads akan menampilkan rata-rata hingga empat hingga lima menit iklan per jam.

Iklan akan berdurasi antara 15 dan 30 detik, dan diputar sebelum atau selama film berlangsung.

Netflix tidak akan menerima iklan politik atau kebijakan, atau untuk produk rokok atau senjata api.

Baca Juga: Rekomendasi Film Horror Netflix Selain Incantation, Auto Merinding!

Keputusan untuk memasukkan iklan menandai poros tajam untuk Netflix, mengingat selama ini Netflix menjadi platform dengan branding layanan streaming tanpa iklan.

Pada bulan April, salah satu pendiri dan CEO Netflix Reed Hastings dengan para investor-nya mengatakan bahwa ia menentang kompleksitas periklanan, dan lebih model berlangganan yang lebih sederhana.

Sepertinya memang banyak audiens yang lebih bisa menerima iklan pada layanan streaming dengan ganjaran mereka bisa menghemat uang lebih banyak.

Sebuah survei bulan Desember dari Forrester menemukan 44% orang dewasa yang menggunakan layanan streaming di Amerika Serikat, lebih memilih mengeluarkan uang lebih sedikit meski layanan streaming tersebut terdapat iklan.

Baca Juga: YouTube Bakal Hadirkan Layanan Video Streaming, Ikuti Jejak Netflix Disney dkk

Netflix berharap pendapatan iklan akan mengimbangi penurunan dari harga langganan yang lebih rendah dan mendorong lebih banyak orang untuk mendaftar.

Netflix berharap banyak orang yang mendaftar terutama pada paket Standard dan Premium, karena paket ini menawarkan kemampuan menonton di lebih dari satu layardan dapat mengunduh konten.

Tag :

Editor : Wahyu Subyanto

Sumber : USA Today

Baca Lainnya