Perlindungan Keamanan Data & Privasi di Smartphone OPPO Lewat ColorOS 12 dan ColorOS 13

Rabu, 31 Agustus 2022 | 12:51
bagus

HP OPPO dengan ColorOS 12 dan ColorOS 13 dilengkapi sejumlah fitur untuk melindungi keamanan data dan privasi pengguna

nextren.com - Smartphone asal Tiongkok tengah diterpa dengan isu keamanan terkait data pribadi dan privasi pengguna yang menimbulkan keraguan.

Salah satu merek smartphone di Indonesia, OPPO justru sangat peduli dengan keamanan data pengguna melalui sejumlah fitur yang dihadirkan di sistem operasi smartphone ColorOS 12 dan ColorOS 13.

Fitur-fitur ini dapat meminimalkan kebocoran data pribadi dan menjaga keamanan data pengguna menggunakan teknologi yang telah dikembangkan oleh OPPO.

Perangkat smartphone OPPO mulai dari seri Find dan Reno mendapatkan jaminan update security selama 4 tahun setelah diluncurkan.

Sedangkan perangkat OPPO seri A akan mendapatkan update selama 3 tahun setelah peluncuran.

Sistem penjaga privasi di perangkat OPPO dengan ColorOS 12 dan ColorOS 13 juga sudah tersertifikasiseperti ePrivacy,TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

“OPPO sangat peduli dengan kemanan data dan privasi penggunanya.

Oleh karena itu, melalui sistem operasi ColorOS, OPPO menjamin perangkat lini seri Find dan Reno untuk menerima security update selama 4 tahun kedepan setelah diluncurkan, sementara perangkat lini seri A akan menerima peningkatan security update selama 3 tahun kedepan sejak diluncurkan.

Selain meluncurkan pembaruan security update pada sistem operasi ColorOS, OPPO juga bekerjasama dengan erat dengan pengembang chipset untuk penelitian dan pengembangan bersama untuk menambal berbagai celah keamanan,” ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Segala resiko mengenai kebocoran data dan keamanan dari pengguna smartphone OPPO telah diminimalisir dengan berbagai fitur keamanan yang ada di sistem operasi smartphone seperti ColorOS 12 dan ColorOS 13.

Teknologi-teknologi yang dihadirkan oleh OPPO ini didesain untuk meningkatkan keamanan data dan privasi pengguna smartphone OPPO.

Baca Juga: True Wireless Stereo (TWS) Enco Buds 2 Diperkenalkan OPPO Lewat Acara Silent Disco

Privasi History & Pikselasi otomatis

Fitur yang satu ini dikembangkan oleh OPPO untuk menghapus riwayat clipboard setelah beberapa saat untuk mencegah kebocoran informasi sensitif yang disebabkan oleh malware.

Sedangkan pikselisasi otomatis dapat membuat tampilan foto profil dan nama pada suatu tangkapan layar percakapan menjadi blur atau tidak jelas.

Fitur ini dapat aktif dengan satu ketukan saja.

Nearby Wi-Fi

Saat berada di tempat umum dan menggunakan jaringan Wi-Fi umum, pengguna harus waspada akan data yang ikut ditransmisikan.

Namun pengguna HP OPPO dengan ColorOS dilengkapi dengan fitur Nearby Wi-Fi agar informasi dan lokasi pengguna tidak dapat dilihat oleh pengguna lain saat perangkat terhubung dengan koneksi Wi-Fi tersebut di tempat umum.

Payment Protection

Smartphone yang biasa digunakan untuk berbelanja online di berbagai situs juga tidak luput dari perhatian sistem perlindungan di ColorOS.

Salah satunya adalah secure keyboard yang bisa mencegah perekaman input angka atau teks yang dilakukan oleh keylogger maupun malware.

Serta mencegah pengiriman data yang diinput ke jaringan internet.

Baca Juga: Harga HP Second Oppo Reno 6 5G 128GB Agustus 2022, Sudah Turun Loh!

Fitur payment protection ioni akan otomatis aktif ketika pengguna membuka aplikasi keuangan dengan tanda huruf "S" di status bar sebagai indikator bahwa pengguna tengah dilindungi.

Brankas Pribadi

Fitur Brankas pribadi menggunakan enkripsi dengan standar enkripsi lanjutan (AES) untuk memberikan pelindungan tingkat lebih tinggi.

Brankas pribadi dapat digunakan oleh pengguna untuk menyembunyikan dokumen atau informasi sensitif yang hanya dapat diakses dengan password, pola, pin, atau sidik jari.

Ini akan membantu pengguna apabila hendak menyembunyikan foto, video, maupun dokumen yang bersifat pribadi agar tidak dapat diakses orang lain karena tidak dapat dilihat secara langsung melalui aplikasi Photos maupun File Manager.

Standar Privasi dan Keamanan Terbaik

Sistem keamanan di ColorOS memberikan perlingunfan privasi dan keselamatan optimal yang terpercaya.

Hal ini didasarkan pada pemberian standar otentikasi privasi dan keamanan otoritatif seperti ePrivacy,TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

“Walaupun telah mengembangkan berbagai fitur keamanan data, OPPO tetap menghimbau untuk tetap berhati – hati dalam penggunaan data secara daring baik yang melibatkan berbagai akses ke sistem operasi maupun pembayaran daring.

OPPO juga mengingatkan untuk konsumen tidak melakukan modifikasi sistem operasi dengan menembus sistem kemanana seperti melakukan rooting yang mengakibatkan beberapa celah dapat terbuka dan menjadikan perangkat smartphone menjadi lebih rentan,” tambah Aryo.

Ada beberapa smartphone OPPO yang sudah mendapatkan fitur-fitur keamanan tertinggi ini, khususnya yang sudah menggunakan sistem operasi ColorOS 12.

Baca Juga: OPPO Reno8 & OPPO Reno8 5G Mulai Dijual, Bisa Dipesan Sekarang Dapat Promo Menarik

Salah satunya adalah Reno8 series dan sejumlah perangkat OPPO lain yang terus ditingkatkan fitur keamanannya nanti pada android 13 melalui ColorOS 13 versi Beta.

Beberapa perangkat seperti Find X5 Pro sudah dapat menikmati fitur keamanan ini sejak pertengahan Agustus.

Sementara, Reno8 Pro 5G akan mendapatkan ColorOS 13 versi Beta pada September, disusul dengan OPPO Reno8 5G pada bulan Oktober dan ditutup OPPO Reno8 Z 5G dan OPPO Reno8 pada bulan Desember 2022.

OPPO berkomitmen untuk meningkatkan keamanan perangkatnya dengan peningkatan ColorOS 13 ke lebih dari 20 perangkat mulai tahun 2023.

Baca Juga: Harga HP Second Oppo Reno 6 4G 128GB Agustus 2022, Cuma Rp 2 Jutaan!

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya