Bocoran Harga Langganan Netflix dengan Iklan, Makin Murah Nih?

Senin, 29 Agustus 2022 | 19:30
MaxPixel's contributors

Ilustrasi harga langganan Netflix dengan iklan

Nextren.com -Mulai tahun ini, Netflix akan meluncurkan iklan di paltform streaming mereka.

Peluncuran iklan di Netflix bertujuan untuk menghadirkan opsi berlangganan murah bagi pengguna.

Nantinya konsumen bisa memilih harga langganan yang lebih rendah namun dengan kehadiran iklan di aplikasi.

Kehadiran iklan di Netflix juga diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengguna dan pendapatan Netflix yang sempat jatuh di kuartal pertama 2022.

Baca Juga: Rekomendasi Film Horror Netflix Selain Incantation, Auto Merinding!

Berdasarkan bocoran terbaru, Netflix akan membanderol harga langganan dengan iklan 50% lebih murah daripada harga berlangganan standar.

Bocoran dari Bloomberg menyebutkan bahwa Netflix akan membanderol paket berlangganan dengan iklan mulai dariUSD 7 atau sekitar Rp 100 ribu.

Bloomberg menyebutkan, pengguna akan melihat iklan singkat dalam paket berlangganan tersebut.

Pemilihan iklan singkat ini ditujukan agar pengalaman pengguna saat menonton film tak terganggu oleh iklan.

Baca Juga: Stranger Things Season 5 Diprediksi Akan Hadir, Apa yang Beda?

Sebagai informasi paket berlangganan Netflix di Indonesia mulai dari Rp 54 ribu.

Harga langganan di Indonesia cukup murah karena dibatasi oleh aksesibilitas, kualitas resolusi film, dll.

Jika pengguna berlangganan paket Netflix dengan iklan, pengguna kemungkinan akan mendapat akses penuh dengan harga yang lebih murah.

Bloomberg mencatat bahwa Netflix masih mencoba untuk menyeimbangkan harga dengan hati-hati.

Mereka tentu tak ingin mengecewakan pengguna ataupun pihak pengiklan.

Baca Juga: Netflix PHK Karyawan 300 Orang Karena Keuntungan Menipis, Terancam Bangkrut?

Perlu diketahui, 19 April lalu, CEO Netflix Reed Hastings mengatakan bahwa Netflixakan mempertimbangkan pilihanuntuk menawarkan harga berlangganan yang lebih rendah dengan iklan.

Hastings mengungkapkan pernyataan tersebut dalam laporan pendapatan Netflix di Q1 2022.

Hastings mengakui bahwa memperkenalkan konten yang didukung iklan akan menjadi perbahan besardari segi mindset untuk perusahaan.

Secara historis, Netflix teguh melawan kerumitan dunia periklanan digital dan merupakan penggemar berat kesederhanaan berlangganan.

Setelah bertahun-tahun menolak menghadirkan iklan, Neflix kini memutuskan bersedia untuk menghadirkan iklan di platformnya.

Baca Juga: Ini Fungsi Fitur Terbaru Netflix 'Mystery Box', Penting Buat Orang Tua!

Hastings mengungkapkan gagasan tentang iklan di Netflix karena mendengar permintaan konsumen yang ingin mendapatkan harga berlangganan yang lebih rendah.

Ia merasa bahwa Netflix harus lebih toleran terhadap iklan jika ingin mewujudkan permintaan konsumen.

Netflix sendiri juga berusaha mati-matian untuk mewujudkan keinginan pelanggan setianya karena mereka telah kehilangan banyak pelanggan di Q1 2022.

Tak main-main, Netflix kehilangan 200.000 pelanggan secara global. Angka ini menjadi yang terbesar bagi Netflix dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga: Review ViewSonic M1 Mini Plus, Pilihan Pas Buat Presentasi sampai Netflix and Chill

Netflix banyak kehilangan pelanggannya karena persaingan di industri streaming film/serial tv yang semakin ketat.

Pesaing seperti Hulu, Peacock, dan HBO Max menawarkan paket yang memungkinkan konsumen membayar lebih sedikit dengan adanya iklan di dalam platform.

Bagaimana pendapat soba Nextren terkait harga berlangganan Netflix dengan ikaln tersebut? Bagikan di kolom komentar ya!

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto