Review Tecno pova 3, Kehebatan Lain Dibalik Spesifikasi Baterai Besar

Sabtu, 03 September 2022 | 11:32
bagus

Tecno Pova 3 tidak hanya menawarkan baterai besar 7000mAh saja, namun juga sejumlah kelebihan lain

nextren.com - Tecno Pova 3 menawarkan spesifikasi yang cukup berbeda di Indonesia, terutama pada kelasnya dengan baterai berukluran 7000mAh.

Dengan baterai sebesar ini, Tecno Pova 3 juga menawarkan hal besar lainnya seperti ukuran layar dan dimensi smartphone di harga Rp 2.599.000.

Namun apakah Tecno Pova 3 bisa menjadi perangkat yang bisa diandalkan dalam pemakaian sehari-hari ?

Baterai Besar

Dimulai dari sorotan utama dari Tecno Pova 3 yaitu baterai 7000mAh yang saat ini terbesar di kelasnya di Indonesia.

Baterai sebesar ini memang membuat perangkat bisa dipakai 2 hari dengan nilai screen on time 9 jam 5 menit, dimana cukup impresif tanpa memandang ukuran baterainya.

bagus

Konsumsi baterai Tecno Pova 3

Pemakaian ini memungkinkan HP untuk bertahan seharian pada skenario yang intensif hingga 3 hari dengan skenario yang lebih normal.

Sedangkan pada pengujian sintetis, Baterai Tecno Pova 3 bisa dipakai untuk bermain game sebesar 6 % selama 30 Menit.

Lalu untuk menonton youtube bisa gabis 5 % selama 60 menit.

Sedangkan untuk mendengarkan musik dengan earphone bluetooth, Baterai Tecno Pova 3 bisa berkurang sebesar 3 % selama 75 menit.

Tapi ukuran baterai besar dan ketahanan yang cukup lama ini harus dibayar dengan berat mencapai 230 gram dan ukuran yang cukup besar.

Tecno Pova 3 bisa jadi tidak sesuai bagi yang menginginkan perangkat smartphone yang mudah untuk digenggam dengan satu tangan dan disimpan dalam katung celana.

Selama kami pakai untuk aktivitas sehari-hari, HP ini sering kali harus kami pegang atau dimasukkan ke tas sekalian saat di bawa berjalan karena tidak akan nyaman kalau dimasukkan ke kantung celana.

Hal ini memang sudah menjadi konsekuensi dari perangkat smartphone yang memilki baterai besar.

Namun, baterai besar ini membawa kita ke kelebihan lain dari Tecno Pova 3.

Pengalaman entertainment maksimal

Salah satu pengalaman paing menyenangkan dari menggunakan Tecno Pova 3 ini datang dari layarnya yang berukuran besar.

Tecno Pova 3 menggunakan layar 6.9 inch 90Hz dan beresolusi FHD.

Panel layar Pova 3 tergolong luas saat ini dibandingkan sejumlah HP yang dijual saat ini di Indonesia.

bagus

Bagian belakang (kiri) dan depan (kanan) Tecno Pova 3

Sehingga Tecno Pova 3 masuk ke dalam list HP yang memuaskan untuk bermain game, menonton Netflix, sampai mengedit ilustrasi di Canva.

Walaupun satu catatan dari layar Tecno Pova 3 ini adalah pada warna dan ketajaman.

Bahkan ketika mengetik review ini di aplikasi keep, kami bisa merasakan tone warna layar yang mengarah ke biru yang bisa menjadi gangguan untuk beberapa orang.

Selanjutnya adalah faktor ketajaman yang kurang yang mungkin adalah konsekuensi dari ukuran layar besar beresolusi FHD+ saja.

Tapi secara keseluruhan, layar besar Tecno Pova 3 cukup menyenangkan bagi yang senang bermain game, menonton konten di medsos, dan tentu saja kegiatan produktif.

Performa

Soal performa, Tecno Pova 3 dibekali chipset kelas menengah dari mediatek Helio G88 dengan RAM 6GB.

Kombinasi ini cukup untuk menghasilkan angka Benchmark sebagai berikut.

bagus

Hasil benchmark Tecno Pova 3

Angka yang dihasilkan ini sekedar cukup untuk menunjang pemakaian sehari-hari penggunanya.

Dalam pemakaian normal sehari hari sekalipun, Hi OS v8 berbasiskan android 12 di HP ini terasa lancar untuk digunakan multitasking.

Kalau untuk bermain game, Tecno Pova ini masih bisa memainkan Genshin Impact di kualitas grafis low di 30FPS dengan cukup lancar.

Walaupun bisa dipaksa di medium, gameplay masih bisa dimainkan dengan sedikit frame drop ketika melawan musuh.

Sedangkan untuk game seperti Modern Warship bisa dimainkan hingga pengaturan sangat tinggi dengan lancar.

Kamera

Menurut kami, sektor kamera adalah hal terakhir yang bisa dipertimbangkan sebelum membeli Tecno Pova 3.

Spesifikasi dari kamera Tecno Pova 3 cukup menjanjikan jika dilihat di atas kertas, yaitu setup 3 kamera 50MP di belakang dan 8MP di depan.

Hasil akhir dari kamera utama 50MP bisa dibilang tidak begitu spektakuler dengan hasil yang sekedar cukup dari segi ketajaman dan tanpa ada optimasi pada pewarnaan.

bagus

Hasil foto dari kamera utama 50MP Tecno Pova 3

bagus

Hasil foto malam Tecno Pova 3

Kendala HDR yang biasa dihadapi HP di kelas ini juga terjadi di Tecno Pova 3 walaupun tidak begitu buruk.

bagus

Pengguna masih harus memilih antara objek atau latar ketika mau mengambil foto backlit

Namun pengguna masih harus tetap memilih salah satu di antara objek atau latar yang terang ketika mengambil foto backlit.

Sedangkan untuk foto selfie, Tecno Pova 3 memang memiliki hasil foto yang sekedar cukup untuk dokumentasi karena hasil yang masih rata rata di kelasnya.

bagus

Hasil foto selfie Tecno Pova 3

Namun setidaknya pada kamera Tecno Pova 3 sudah terintegrasi dengan google lens untuk langsung "menggoogling" objek yang ada di depan dengan kamera.

Sedangkan untuk perekaman video, Tecno Pova 3 bisa melakukan perekaman hingga resolusi 2K baik kamera depan dan belakang.

Kelengkapan

Fitur - fitur lain yang dipasangkan di Tecno Pova 3 tergolong cukup lengkap seperti NFC, lubang Jack 3.5mm, dan sistem speaker stereo.

Namun ada satu hal yang spesial dari speaker Tecno Pova 3 adalah posisi ya yang berada di sisi samping, berbeda dari mayoritas smartphone yang salah satu speaker berada di dalam earpiece.

Sehingga suara stereo yang dihasilkan cukup seimbang dan menyenangkan untuk dipakai bermain game FPS seperti Call of Duty mobile.

Kesimpulan

Tecno Pova 3 saat ini bisa menjadi pilihan yang menarik bagi pengguna yang membutuhkan HP dengan baterai dan layar besar.

Layar yang besar memungkinkan pengguna mendapatkan pengalan yang lebih baik dalam bermain game sampai kegiatan produktif.

Kami cukup puas dalam menggunakan Tecno Pova 3 untuk berkerja seperti menulis script sampai mengedit ilustrasi di canva.

bagus

Tecno Pova 3 dengan baterai 7000mAh

Walaupun hal ini harus dibayar dengan bobot yang berat dan dimensi dari HP yang tidak ringkas, selain uang sebesar Rp 2.599.000 tentu saja.

Bagi yang memiliki tangan besar seperti kami, efek besarnya HP tentu saja tidak sebesar bagi yang memiliki ukuran tangan cukup standar.

Hadirnya sistem dua speaker juga menjadi atribut positif dari HP ini ketika pengguna ingin bermain game atau sekedar menikmati konten di media sosial.

Sedangkan untuk faktor lain seperti kamera dan performa, Tecno Pova 3 sudah dibekali dengan spesifikasi yang cukup untuk menunjang skenario pemakaian yang normal.

SpesifikasiTecno Pova 3

Chipset MediaTek Helio G88 (12nm)
Dimensi Ketebalan 9.4 mm, Berat 230 gram
Kamera Depan 8 MP, f/2.0
Kamera Belakang 50 MP+ 2x 2MP Camera
Layar 6.9 inch, IPS LCD, 90Hz,
RAM / Penyimpanan 6GB / 128GB
Baterai 7000mAh, 33W
Sistem Operasi HIOS, Android 12
Warna Electric Blue, Tech Silver, & Eco Black
Harga Rp 2.599.000 - Rp 2.699.000
(*)

Editor : Wahyu Subyanto