TikTok Hadirkan Program Untuk UMKM Kembangkan Bisnis di Aplikasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 15:26
Zi

TikTok hadirkan program MajuBarengTikTok untuk UMKM kembangkan bisnis di dunia digital.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com - Memeriahkan hari UMKM Nasional pada (12/8), TikTok hadirkan program untuk UMKM kembangkan bisnis di aplikasi.

Program TikTok untuk UMKM akan berbentuk kelas yang terdiri dari tiga kelas dan bisa diikuti oleh siapa saja.

Inovasi yang dihadirkan oleh TikTok ini berdasarkan dari niatan pemerintah untuk membawa 30 juta pelaku UMKM ke platform lokapasar pada tahun 2023 mendatang.

Baca Juga: Viral Video Pria Ngamuk di TikTok, Diduga Akibat Aplikasi Judi Online

Program #MajuBarengTikTok ini akan berjalan selama satu tahun penuh untuk UMKM dapat kembangkan bisnisnya di dunia digital.

Program ini akan dibagi ke dalam berbagai periode, serta tersedia dalam format online dan offline di berbagai kota di Indonesia agar memiliki cakupan nasional.

Topik yang akan dibagikan di program tahun ini meliputi tiga fokus untuk para UMKM belajar bersama.

Yaitu TikTok LIVE dan kolaborasi bersama kreator, TikTok Shop untuk mengembangkan performa penjualan, serta TikTok For Business untuk membantu UMKM menjangkau target audiens melalui strategi pemasaran dan cara beriklan tepat guna di TikTok.

Untuk mengikuti program ini, TikTok juga membagikan link pendaftaran yang bisa kalian cek berikut ini.

Kalian bisa mengikuti program #MajuBarengTikTok di link https://www.indonesia.travel/creative/id/home atau bisa cek diSINI.

Pendaftaran program #MajuBarengTikTok resmi dibuka pada tanggal 12 Agustus 2022 dan dapat diikuti oleh UMKM di Indonesia secara gratis.

Kelas pertama program TikTok ini akan dimulai pada bulan September 2022.

Pada acara virtual peresmian program TikTok terdapat juga UMKM yang pernah mengikuti program di tahun sebelumnya.

Baca Juga: ByteDance Daftarkan Paten TikTok Music, Pesaing Baru Spotify dan Apple Music?

Arbert, Owner, Bio Herbal, mengaku memakai TikTok pada tahun 2021 semenjak pandemi Covid-19 sedang meningkat pesat.

Untuk bantu mengembangkan bisnisnya yang mulai lesu, ia mengikuti program #MajuBarengTikTok.

"Saat itu saya bergabung dalam program training #MajuBarengTikTok yang membantu saya mengunakan platform digital TikTok untuk mengembangkan bisnis," ujar Arbert.

Ia menceritakan program ini membantunya memanfaatkan fitur-fitur TikTok, yang pada akhirnya memudahkannya menampilkan image produk di suatu platform digital.

Selain program #MajuBarengTikTok, TikTok juga menyelenggarakan program TikTok Shop Seller Conference kedua pada Hari UMKM Nasional.

Tak hanya materi dan penyuluhan terkait TikTok Shop untuk para seller yang diberikan, acara ini juga menyediakan kesempatan bagi seller, kreator, dan pengguna untuk bertemu dan berkolaborasi dalam bisnis mereka di TikTok Shop.

Kedua program ini menjadi bagian dari kampanye #SerunyaIndonesia dalam rangka merayakan HUT RI ke-77 untuk membantu Indonesia pulih dan bangkit lebih cepat.

Jadi apakah kalian tertarik dengan program ini sobat Nextren? (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya