Bos Whatsapp Peringatkan Banyak Malware dan Scam di WhatsApp GB dan WA Mod

Rabu, 13 Juli 2022 | 20:00
Canaltech

Ilustrasi scam dan malware di WhatsApp GB

Nextren.com -Aplikasi WhatsApp GB dan WA Mod lainnya menawarkan fitur lengkap dan menarik.

Namun, di balik keunggulan fitur yang ditawarkan, WhatsApp GB dan WA Mod sangat berbahaya untuk digunakan pengguna umum.

Pasalnya, WhatsApp GB dan WA Mod rentan disusupi malware dan scam yang dapat menyerang perangkat pengguna.

Baca Juga: Fitur Baru WhatsApp Akan Ijinkan Pengguna Sinkronisasi Riwayat Obrolan

Pada 11 Juli lalu, bos WhatsApp Will Catchart memperingatkan pengguna akan bahaya malware dan scam di WhatsApp GB dan WA Mod lainnya.

Will Chatchart menuliskan sebuah thread di akun twitter pribadinya yang mengatakan bahwa aplikasi WhatsAPp hasil modifikasi tak terjamin keamananannya dan berpotensi mencuri data pengguna.

"Baru-baru ini tim keamanan kami menemukan malware tersemunyi di dalam aplikasi Hai WhatsApp dan aplikasi WA Mod lainnya," tulis Will.

"Aplikasi ini menjanjikan fitur baru tetapi itu sebenarnya hanya tipuan untuk mencuri data pribadi yang disimpan di ponsel pengguna," sambungnya.

CEO WhatsApp menghimbau kepada pengikutnya untuk hanya menggunakan aplikasi WhatsApp resmi dan menghindari instalasi WhatsApp Mod.

Ia menegaskan bahwa WhatsApp akan terus berkomitmen untuk mendeteksi dan memblokir aplikasi WhatsApp palsu di iOS maupun Android.

Baca Juga: Cara Pindahkan Chat Yowhatsapp ke WhatsApp Resmi Meski Sudah Diblokir

Selain mengandung malware dan scam, penggunaan aplikasi WhatsApp GB dan WhatsApp Mod dapat membuat pengguna diblokir oleh WhatsApp.

Whatsapp sejak lama telah memberi peringatan bahwa mereka akan memblokir secara permanen pengguna Whatsapp GB dan WhatsApp Mod yang melanggar kebijakan.

"Aplikasi tidak resmi ini dikembangkan oleh pihak ketiga dan melanggar ketentuan layanan kami," tulis WhatsApp di halaman FAQ.

WhatsApp akan memblokir akun pengguna WhatsApp GB dan WhatsApp Mod secara bertahap.

Pemblokiran akun akan dilakukan secara permanen untuk memberikan efek jera kepada pengguna.

Meski berlaku permanen, WhatsApp melakukan pemblokiran akun pengguna WhatsApp GB dan WhatsApp Mod secara bertahap.

Awalnya akan muncul notifikasi bahwa akun pengguna diblokir untuk sementara dan pengguna bisa menyelamatkan akunnya dengan berpindah ke WhatsApp resmi.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto