Pengguna iOS Kini Bisa Belanja Online Bareng Pakai Fitur SharePlay, Sudah Tahu?

Rabu, 29 Juni 2022 | 10:11
Dok. Istimewa

Fitur SharePlay bisa digunakan untuk mengakses beragam aplikasi secara bersamaan dengan pengguna lain.

Nextren.com –Ketika pandemi Covid-19 melanda pada awal 2020, dunia serempak menerapkan kebijakansocial distancingguna memutus rantai penularan Covid-19.

Selama kebijakan tersebut diterapkan, interaksi dengan orang lain menjadi serba terbatas. Orang-orang pun akhirnya mengandalkan aplikasi pesan langsung atau media sosial agar tetap terhubung dengan keluarga, kerabat, maupun rekan bisnis.

Di sisi lain,pembatasan mobilitas masyarakat telah mendorongpara penyedia platform komunikasiuntukmelahirkan inovasi lewat fitur-fitur yang dapat membuat komunikasi secara virtual terasa lebih nyata. Salah satunya seperti yang dihadirkan oleh Apple.

Pada 2021, Apple meluncurkan fitur SharePlay pada aplikasi panggilan video (video call) FaceTime. Fitur ini tersedia untuk gadget Apple yang sudah didukung iOS 15.1 dan versi yang lebih baru.

Baca Juga: Inilah 4 Fitur Spesial FaceTime untuk Video Call Tanpa Gangguan

Sederhananya, fitur SharePlay memungkinkan pengguna untuk membagikan layar device kepada lawan bicara saat melakukan video call melalui FaceTime. Dengan begitu, pengguna dapat menonton film, mendengarkan musik, dan browsing di internet bersama secara real time.

Semakin menarik, fitur SharePlay juga tersedia pada beberapa aplikasi pihak ketiga (third-party applications). Ketika terhubung dengan fitur SharePlay,pengguna dapat mengakses satu aplikasi secara bersamaan dengan lawan bicarasaat melakukanvideo calllewat FaceTime.

Di Indonesia, salah satu aplikasi yang dapat terhubung dengan fitur SharePlayadalah Tokopedia.

Melalui fitur Belanja Bersama, Tokopedia memudahkan para pengguna iOS untuk berbelanja online bersama keluarga atau kerabat, meski berada di lokasi yang berbeda. Pengguna dapat meminta pendapat, penilaian, dan rekomendasi dari kerabat layaknya saat berbelanja offline.

Baca Juga: Dukung Peran Perempuan dan Difabel, Tokopedia Luncurkan Tokopedia Care di Yogyakarta

“Sebelum pandemi, kita sering belanja bersama teman atau keluarga di pusat perbelanjaan.Biasanya kita bisa saling menunjukkan atau berdiskusi langsung mengenai produk yang ingin dibeli. Fitur Belanja Bersama kami hadirkan untuk memfasilitasi hal tersebut di ranahonline,” ujar Head of Engineering iOS Tokopedia, Tonito.

Dengan koneksi real time, fitur Belanja Bersama juga memungkinkan pengguna untuk memilih, berdiskusi, dan menentukan produk yang ingin dibeli di aplikasi Tokopedia secara bersamaan.

Untuk mengaktifkan fitur Belanja Bersama, pengguna iOS harus membuat panggilan terlebih dahulu melalui aplikasi FaceTime. Setelah terhubung lewatvideo call, buka aplikasi Tokopedia dan klik tulisan “Mulai SharePlay”.

Setiap pengguna yang tergabung dalam panggilan dapat memulai SharePlay dari device masing-masing dan mengundang pengguna lain untuk bergabung.

Baca Juga: Dorong Transaksi Digital Lewat Modul Belajar Keuangan untuk UMKM dari Tokopedia, OJK dan BI

Masing-masing pengguna juga dapat mencari produk dan membagikan produk yang mereka sukai dengan menekan opsi “Bagikan” pada panel bawah. Pengguna lain pun akan langsung mendapatkan notifikasi produk yang dibagikan.

Setelah berdiskusi dan menemukan produk yang disukai, pengguna dapat langsung membeli produk tersebut.

Sebagai informasi,fitur Belanja Bersamahanya bisa dilakukan oleh sesama pengguna Tokopedia yang memiliki perangkat Apple dengan dukungan fiturSharePlay.

Apabila Anda ataupengguna lain yang diajak melakukan Belanja Bersama di aplikasi Tokopedia belum memiliki fitur tersebut,makasistem iOSperlu diperbaruiterlebih dahulu melalui pengaturan pada device Apple.

Editor : Wandha Nur Hidayat