Fujifilm X-H2s Resmi Hadir Dengan Dukungan Codec Pro Res dan Burst 40 FPS

Rabu, 22 Juni 2022 | 11:00
bagus

Kamera Fujifilm X-H2s & lensa XF150-600mm

nextren.com-Fujifilm X-H2s Resmi diperkenalkan di Indonesia dengan membawa sejumlah pembaharuan dibanding pendahulunya X-H1.

Ada beberapa alsan mengapa kamera Fujifilm X-H2s ini disebut sebagai kamera mirrorless kelas flagship dengan nerbagai macam kemampuan dan fitur yang ditawarkan.

Kamera Fujifilm X-H2s ini mampu mengambil foto burst hingga 40 frame per-detik, serta kemampuan pengambilan video dengan codec Apple Pro Res serta resolusi 6K.

“Pada tahun 2012, Fujifilm pertama kali merilis kamera digital mirrorless ‘FUJIFILM X-Pro1’, dengan sensor gambar dan prosesor yang dirancang sendiri oleh perusahaan kami.

Sejak saat itu, FUJIFILM terus mengembangkan lini seri X, dengan peluncuran empat generasi perangkat selama satu dekade terakhir, untuk mengejar kesempurnaan gambar dan portabilitas yang lebih canggih,” jelas Masato Yamamoto selaku Presiden Direktur FUJIFILM Indonesia.

bagus

Dari kiri ke kanan: Mr. Takashi Miyako (GM Corporate Planning FUJIFILM Indonesia), Mr. Masato Yamamoto (President Director FUJIFILM Indonesia), Mr. Johanes Rampi (GM Electronic Imaging FUJFILM Indonesia)

Sensor Baru & ProsesorLebih Kencang

Fujifilm X-H2s menggunakan sensor terbaru yang bernama “X-TransTM CMOS 5 HS”, dengan klaim lebih cepat dalam melakukan pengiriman sinyal gambar berkat teknologi stacked layer yang pertama kali diterapkan dalam sensor APSC.

Baca Juga: Fujifilm Rilis Layanan ChatFoto, Bisa Cetak Foto Cuma Lewat WhatsApp

Proses pengolahan gambar pun juga menggunakan X-Processor 5 yang memiliki kecepatan lebih tinggi serta dukungan codec video yang cukup beragam, salah satunya adalah Pro Res yang banyak dipakai videografer.

Pemakaian prosesor terbaru ini juga memungkinkan sejumlah fitur yang mendukung aktivitas memotret dan video menjadi lebih mudah, seperti stabilisasi 5 axis up to 4K/60p dan HDMI 2.1.

Kecepatan dari sensor dan prosesr yang digunakan Fujifilm X-H2s, memungkinkan fotografer untuk mengambil foto secara burst hingga 40 foto per detik dan video hingga resolusi 6K/30p atau 4K/120p.

Teknologi autofocus juga telah ditingkatkan dengan teknologi kecerdasan buatan atau AI yang dapat mengenali objek tertentu secara cepat, akurat, dan berkelanjutan di setiap gambar yang diambil.

Desain Lebih Ringan

Secara desain, Fujifilm X-H2s memiliki ukuran body yang sedikit lebih ringan dari pendahulunya serta weather shield.

Kamera juga dilengkapi dengan dial putar yang biasa kita temukan pada kamera pada umumnya untuk berganti antar mode pengambilan gambar secara cepat dan mudah.

Bagus

Dial putar dan layar monocromatic di Fujifilm X-H2s

Tidak ketinggalan sebuah layar kedua monokromatik pada bagian atas untuk menampilkan settingan kamera, dukungan media penyimpanan Type-B CFexpress dan SD Card yang bisa merekam secara simultan atau sequence.

Baca Juga: FUJIFILM Hadirkan instax mini Evo, Bisa Foto Sekaligus Cetak

Fujifilm X-H2s juga menggunakan port HDMI Type-A atau full yang bisa dimanfaatkan untuk setup rig di kamera.

bagus

Port CFexpress type B (Kiri), port HDMI Full & USB C (kanan)

Dengan Lensa Baru

Kehadiran kamera Fujifilm X-H2s juga tidak sendiri karena dibarengi dengan 2 buah lensa yaitu FUJINON XF12-120mm F4 LM PZ WR dan FUJINON XF150-600mmF5.6-8 R LM OIS WR.

bagus

lensa FUJINON XF150-600mmF5.6-8 R

Lensa XF18-120mmF4 memiliki panjang fokus (focal lengths) mulai dari wide-angle 18mm hingga telefoto 120mm (setara dengan 27mm – 183mm dalam format film 35mm), serta dilengkapi zoom 6.7x yang sangat cocok untuk berbagai situasi pemotretan, termasuk lanskap (sudut lebar) dan potret (telefoto).

Sedangkan lensa XF150-600mm F5.6-8 R memiliki panjang fokus (focal lengths) mulai dari telefoto 150mm hingga super-telefoto 600mm (setara dengan 229mm – 914mm dalam format film 35mm).

Lensa ini mendukung teleconverter dan, jika dilengkapi dengan XF2X TC WR, jangkauannya meluas hingga 1200mm (setara dengan 1828mm dalam format film 35mm), sehingga membentuk framing yang lebih bebas, cocok untuk pemotretan satwa liar atau atlet dalam fotografi olahraga.

LensaXF150-600mm akan dijual secara bundling dengan kameranya danXF 18-120mm akan mulai dijual pada bulan september mendatang.

Baca Juga: Cara Edit Video Slow Motion Kayak di Kamera Pakai Aplikasi CapCut, Cuma Lima Langkah!

Harga& Ketersediaan

Fujifilm X-H2s ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 39.999.000 hanya badan saja.

Namun jika dibundling dengan lensa XF150-600mm, maka harganya akan menjadi Rp 70.999.000.

bagus

Harga & ketersedian Fujifilm X-H2s

Sedangkan lensa XF18-120mm akan mulai hadir di Indonesia pada bulan September 2022.

Masa pre-order akan dimulai pada tanggal 25 Juni hingga 5 Juli 2022 dengan bonus berupa CFE Express Type B 128GB, SmallRig Case, dan baterai.

Baca Juga: Kamera Canon EOS R5 C Rilis di Indonesia, Kasih Bonus Rp 16 juta!

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya