Nextren.com – Pelanggan Telkomsel yang mencapai 173,5 juta nomor dan 92 juta pengguna sosmed aktif, tentu merupakan sumber data yang sangat berlimpah.
Ada banyak informasi yang bisa diperoleh dari sana, tentunya lewat survei sesuai kebutuhan lalu data diolah dengan benar.
Hari ini (24/5), Telkomsel memperluas portofolio bisnis layanan digitalnya dengan meluncurkan platform tSurvey.id untuk publik.
Layanan terbaru Telkomsel ini dirilis secara virtual dalam ajang tahunan Insight for Indonesia 2022: Consumer Insight by Telkomsel tSurvey.id, (24/5).
tSurvey.id adalah platform survei digital yang menawarkan solusi bagi seluruh kebutuhan riset pelanggan, baik dalam lingkup akademik, komersial lintas industri, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.
Baca Juga: Jumlah Game yang Bisa Dimainkan di Steam Deck Sentuh Dua Ribuan, Makin Berkembang Pesat!
Layanan ini adalah hasil inkubasi bisnis dari unit bisnis Data Solution Group Telkomsel, sehingga kemampuan platform tSurvey.id telah diperkaya data insight telco.
Maka tSurvey.id punya beberapa keunggulan, seperti jangkauan basis responden yang luas dari ratusan juta pelanggan Telkomsel, fitur respondent targeting dengan profil yang akurat, keluaran hasil yang lebih cepat, serta fitur manajemen survei yang user friendly.
Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan, “Kehadiran tSurvey.id juga untuk memfasilitasi berbagai pemangku kepentingan, baik akademisi, profesional, Lembaga Swadaya Masyarakat, maupun pelaku usaha lintas sektor industri, dalam membuka lebih banyak peluang kemajuan dengan mendorong pengambilan keputusan berbasis data.”
tSurvey.id hadir sebagai hasil dari program inkubasi program internal Telkomsel InnoXtion (kini Telkomsel TINC Polaris).
Tujuannya untuk mendukung terciptanya data-driven decision-making culture, baik dalam lingkup akademik, komersil, sosial, maupun keperluan riset lainnya secara luas.
Sejak tahun 2021, unit bisnis Data Solution Group Telkomsel telah melakukan pengembangan berkelanjutan untuk memastikan tSurvey.id menjadi platform survei digital dengan kapabilitas unggul di pasar industri market research.
Pada bulan Desember 2021, tSurvey.id mulai diutilisasi secara komersial dan telah melayani kebutuhan riset pasar bagi sejumlah perusahaan di berbagai sektor industri.
Wong Soon Nam lebih lanjut menjelaskan, melalui berbagai tahap pengembangan, kini tSurvey.id telah memiliki beragam keunggulan sebagai platform riset digital.
Keunggulan-keunggulan tersebut meliputi jangkauan basis responden luas di seluruh Indonesia, fitur respondent targeting yang akurat dari hasil analisa perilaku riil pengguna jaringan Telkomsel, kecepatan mendapatkan keluaran hasil, serta platform yang mudah untuk mengelola survei, sejak dari pembuatan, pengiriman, hingga pelaporan hasil survei.
Layanan tSurvey.id berikut fitur dan keunggulannya tersedia di tSurvey.id.
Baca Juga: Bayar Tol Tanpa Berhenti Bakal Berlaku di Indonesia, Pertama di Dunia Cukup Pakai Hape
Cara Membuat Survei Sendiri di tSurvey
Pelanggan Telkomsel bisa membuat survey sendiri sesuai kebutuhannya.
Tarifnya ditetapkan mulai Rp 125 ribu per survei lengkap, tergantung jumlah responden yang dibutuhkan.
Pengguna juga tak perlu membayat jika data survei tidak diterima.
Untuk pertanyaan survei dikirimkan ke pelanggan Telkomsel lewat SMS.
Tentu saja ada hadiah bagi peserta survei, seperti saldo LinkAja, e-Money atau pulsa Telkomsel.
pelanggan bisa membuat sendiri secara bebas sesuai keinginan, namun ada moderasi dari platform tSurvey dari sisi pertanyaan yang diajukan, misalnya jangan sampai ada pertanyaan yang bisa menyebabkan konfik seperti berbau SARA (Suku, Agama dan Ras).
Hasil survei tSurvey tersebut perlu diolah sendiri dan menjadi milik pengguna sepenuhnya.
Untuk memulai survei di tsurvey.id, pelanggan perlu Registrasi lalu browsing di menu yang sudah tersedia untuk membuat survei.
Pengguna bisa mendesain jawaban pilihan ganda atau pertanyaan terbuka (essay) agar responden bisa mengisi sendiri.
Setelah hasil survei didapat, pengguna bisa memilih apakah akan diberikan berupa link yag bersifat gratis, atau didistribusi ke pelanggan Telkomsel lewat broadcast yang berbayar.