Canon Rilis Lensa RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye, Gampang Buat Konten VR

Minggu, 15 Mei 2022 | 10:51
Nextren

Lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Canon rilis lensa RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye di Indonesia untuk para kreator bisa lebih gampang buat konten VR (Virtual Reality).

Diluncurkan bersama dengan kamera Canon EOS R5 C, Kamis (12/5) lalu, lensa unik tersebut diklaim sebagai yang pertama di dunia.

PT Datascrip selaku distributor Canon di Indonesia menyebut kalau lensa RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye merupakan lensa lepas tukar yang dapat mengambil gambar stereoscopic 3D dengan sudut 180 derajat yang dapat dijadikan perangkat untuk membuat konten VR berkualitas tinggi.

"Lensa ini dilengkapi dengan dua lensa fisheye yang menghasilkan efek parallax yang dapat digunakan untuk membuat gambar VR 180 derajat tiga dimensi (3D)," ucap Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa lensa RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye dapat dikolaborasikan ke kamera Canon EOS R5 atau EOS R5 C yang terbaru.

Dengan set up tersebut, para pengguna dikatakan dapat membuat sebuah video dengan resolusi 8K dengan kualitas terbaik.

Pengguna lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye pun diklaim dapat lebih mudah mengonversi video ke format VR standar dengan mengolahnya menggunakansoftware EOS VR utility.

Tak hanya itu, gambar yang dihasilkan oleh lensa terbaru dari Canon itu juga diklaim dapat diolah menggunakan aplikasi Adobe Premiere Pro melaluiEOS VR Plug-in.

Baca Juga: Kamera Canon EOS R5 C Rilis di Indonesia, Kasih Bonus Rp 16 juta!

Perkembangan Konten VR

Kehadiran lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye ini pun dikatakan sebagai wujud nyata dari Canon untuk mengembangkan ekosistem EOS Virtual Reality System yang terdiri dari kamera Canon EOS R Series, lensa RF khusus VR, dansoftwareEOS VR Utility.

Dijelaskan kalau Canon melihat tren perkembangan konten VR terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Teknologi VR pun kini semakin populer dan banyak digunakan di berbagai macam industri.

Canon
Canon

Lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye.

Mulai dari industri hiburan, pariwisata, sampai pendidikan sudah mulai mengadopsi konten VR untuk menarik lebih banyak konsumen.

Selain itu, Canon juga melihat kalau industri olahraga pun sudah mulai menawarkan pengalaman lebih banyak pada konten video dan VR.

Oleh karenanya, lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye dirilis di Indonesia untuk memudahkan kreator saat membuat konten VR.

Harga LensaCanon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye

Berbicara soal harga lensa Canon RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye, PT Datascrip selaku distributor Canon di Indonesia membanderol di angka Rp 39.770.000.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya