Aplikasi Alpukat Betawi Terintegrasi Dengan GoSend, Ambil e-KTP Baru Jadi Gampang!

Kamis, 12 Mei 2022 | 17:32
Dok. Kemendagri

Buat e-KTP jadi lebih mudah di aplikasi Alpukat Betawi.

Laporan Wartawan Nextren, Zihan Fajrin.

Nextren.com -Hari ini (12/5) Gojek melalui GoSend berkolaborasi bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta (Disdukcapil) untuk menghadirkan integrasi terbaru.

Masyarakat kini bisa mendapat e-KTP atau dokumen penting lainnya dengan menggunakan layanan GoSend.

Untuk menggunakan layanan GoSend dalam mengambil e-KTP atau dokumen lainnya, kalian perlu menggunakan aplikasi Alpukat Betawi.

Baca Juga: Rp 65 Juta Uang Driver Ojol Semarang Ini Ludes Setelah Terima Telepon Masuk, Hasil Nabung Selama 7 Tahun

Aplikasi Alpukat Betawi memang diperuntukan bagi warga DKI Jakarta yang berjumlah 11.261.595 jiwa, berdasarkan data Disdukcapil.

Budi Awaludin, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi DKI Jakarta, mengatakan Disdukcapil DKI Jakarta memproses sekurangnya 350 ribu dokumen kependudukan melalui platform Alpukat Betawi sepanjang tahun 2021 saja.

Terintegrasinya GoSend di aplikasi Alpukat Betawi juga sekaligus menghadirkan pembayaran dengan payment gateway Midtrans yang merupakan bagian dari GoTo Financial.

Dengan alat pembayaran ini bisa kalian gunakan untuk membayar layanan GoSend menggunakan scan QRIS atau GoPay.

Lalu, sebenarnya apa saja layanan yang bisa digunakan pada aplikasi Alpukat Betawi selain membuat e-KTP?

Alpukat Betawi tersedia dalam bentuk website dan aplikasi, lewat platform ini,warga DKI Jakarta dapat mengurus dokumen kependudukan mulai akta lahir, kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el), kartu keluarga (KK), kartu identitas anak (KIA), perubahan biodata, hingga akta kematian secara online.

Keamanannya

Untuk memastikan keamanan, kerahasiaan, dan ketepatan dokumen, nomor registrasi dan informasi mitra GoSend akan tercatat dalam sistem Disdukcapil.

Dokumen yang akan dikirimkan akan dimasukan ke dalam amplop yang bersegel dan petugas Disdukcapil akan mencocokan nomor dokumen dan nomor order pengiriman pada saat pick up.

Baca Juga: GoTo Kenalkan Fitur Pohon Kolektif, Bisa Tanam Pohon Sambil Naik Gojek

Budi mengatakan hadirnya layanan GoSend di aplikasi Alpukat Betawi sangat memudahkan masyarakat agar mendapat dokumen dengan cepat.

"Sejak bulan lalu cetak KTP dan KIA dapat diselesaikan dalam 15 menit dari sebelumnya sekitar 1 jam," ujar Budi.

Ia yakin,integrasi ini membuat pelayanan pemerintah lebih optimal dan transparan karena pendataan semua layanan telah terpusat pada satu aplikasi.

Pihak GoSend pun memiliki pemikiran yang sama, bahkan ada hal menarik yang ditemukan Gojek selama pandemi.

"50 persen pengajuan pengurusan dokumenkependudukan kini dilakukan melalui daring di tengah pandemi ini," ungkapDyan Shinto Ekopuri, Direktur Hubungan Pemerintah dan Kebijakan Publik Gojek.

Warga DKI Jakarta yang memesan layanan GoSend untuk pengurusan dokumen kependudukan melalui aplikasi Alpukat Betawi akan langsung mendapatkan diskon ongkir maksimal sebesar Rp6.000 untuk periode 12 Mei 2022 hingga 26 Mei 2022. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya