Ini Rahasia POCO M4 Pro Tetap Adem Saat Ngegame, Layak Disebut HP Gaming?

Kamis, 21 April 2022 | 11:30
Nextren

Teardown POCO M4 Pro untuk melihat komponen apa saja yang digunakan,

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Beberapa waktu lalu Nextren sempat melakukan uji coba POCO M4 Pro dengan bermain game PUBG Mobile untuk melihat sekencang apa performa dari chipset MediaTek Helio G96.

Namun padareviewgaming itu juga ditemukan sebuah penilaian lain, dimana POCO M4 Pro tidak mengalami peningkatan suhu yang berarti saat digunakan untuk bermain game dengan grafis tertinggi serta ditambah penggunaanturbo game mode.

Dan beruntungnya, teka-teki itu pun langsung terjawab melalui acara teardownPOCO M4 Pro yang diselenggarakan di kantor POCO Indonesia, Rabu (20/4) kemarin.

"Teardown ini adalah salah satu acara yang paling sering kita (POCO Indonesia) lakukan, untuk memberikan penjelasan tentang spek-spek apa saja yang ada di produk kita," ucap Head of Marketing POCO Indonesia, Andi Renreng.

"Dengan adanya acarateardownini, kita juga ingin menunjukan transparansi spesifikasi yang ada di dalam POCO M4 Pro," tambahnya.

Untuk melakukan aksiteardown POCO M4 Pro, pihak perusahaan pun menunjuk Product Marketing Manager POCO Indonesia, Jeksen.

Ia bertugas membongkar seluruh bagian perangkat POCO M4 Pro dan menunjukkan apa saja komponen yang digunakan.

Salah satunya ialah komponen yang menjadi rahasia POCO M4 Pro bisa membuat perangkat bisa tetap adem saat ngegame.

Baca Juga: Jangan Gegabah Beli HP POCO M4 Pro! Perhatikan 7 Hal Ini Biar Gak Salah Pilih!

Rahasia POCO M4 Pro Tetap Adem Saat Ngegame

Pada saat pertama kali membuka perangkat, Jeksen langsung menjelaskan bahwa di cover belakang POCO M4 Pro yang terbuat dari bahanpolycarbonatesudah dilapisi denganmaterial graphene.

Kegunaan dari material graphene itu adalah untuk bisa mengatur suhu perangkat agar tidak cepat panas.

"Di sini ada material graphene yang gunanya untuk memaksimalkan performa karena fungsinya untuk menjaga dari peningkatan suhu smartphone," ucapnya.

Nextren
Fahmi Bagas

Sejumlah komponen HP, termasuk Graphite yang berguna untuk menahan peningkatan suhu POCO M4 Pro saat ngegame dan aktivitas.

Lalu, ia juga memperlihatkan bagaimana POCO M4 Pro turut mengemas komponen bernama graphite.

Fungsi dari graphite itu juga untuk menjaga suhu agar tetap stabil ketika smartphone sedang beroperasi.

Selain itu, pihak perusahaan turut menjelaskan kalau seri HPmid-range terbarunya tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi pendingin yakni LiquidCool Technology 1.0 Plus.

Sistem pendingin tersebut dikatakan sebagai sebuah kemampuan yang pada umumnya berada di smartphone kelasflagship.

Baca Juga: Rekomendasi HP 2 Jutaan RAM 6GB Terbaik dan Terbaru April 2022

Baca Juga: Unboxing POCO M4 Pro, Bisa Jadi Nominasi HP Gaming 2 Jutaan Terbaik

Seperti namanya, LiquidCool Technology 1.0 Plus berguna untuk menjaga temparatur ponsel agar tetap dalam batas wajar.

Bahkan teknologi tersebut juga berlaku untuk proses pengisian daya, dimana keberadaan LiquidCool Technology 1.0 Plus diakui mampu membuat perangkat tetap berada dalam kondisi maksimal, meski sedang mengisi daya.

Mobile Freak
Mobile Freak

Settingan grafis game PUBG Mobile di POCO M4 Pro 5G

Uji Coba Gaming POCO M4 Pro

Dari kegiatan teardown POCO M4 Pro, kini kita tahu apa saja komponen yang membuat perangkat bisa menjaga stabilitas suhu agar tidak meningkat secara pesat saat bermain game atau aktivitas lainnya.

Dan bagi kamu yang belum mengetahui seperti apa pengalaman Nextren saat uji coba POCO M4 Pro untuk bermain game PUBG Mobile, bisa langsung kliklink berikut ini.

Lalu sedikit mengingat bahwa POCO M4 Pro berjalan dengan chipset MediaTek Helio G96 yang dibalut dengan konfigurasi RAM 6/128GB atau 8/256GB.

So, apakah POCO M4 Pro layak menyandanga sebagai HP gaming?

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya