Sempat Viral, Ini 3 Fakta Menarik Film Yuni, Tayang di Disney+ Hotstar

Kamis, 21 April 2022 | 09:51

Scene film dari Yuni, tayang di Disney+ Hotstar

Nextren.com -Film Yuni merupakan film yang sempat viral karena memiliki perspektif menarik dalam kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama anak remaja.

Sempat ditayangkan pada bioskop Indonesia, kini film Yuni akan tayang di Disney+ Hotstar.

Perpindahan film bioskop ke Disney+ Hotstar saat ini telah menjadi tren yang cukup membahagiakan bagi mereka yang tidak sempat datang ke bioskop.

Disutradarai oleh Kamila Andini, film Yuni menghadirkan kisah menarik tentang perjalanan seorang gadis remaja bernama Yuni (Arawinda Kirana) yang berjuang untuk mencapai impiannya.

Baca Juga: Nonton Offline, Ini Rekomendasi 6 Film di Migo Temani Bulan Ramadan

Ada beberapa fakta menarik dalam film Yuni yang mungkin akan mendorong kalian untuk menonton film ini.

Film Pertama dengan Bahasa Jawa-Serang

Berlatar di Serang, Banten, film Yuni merupakan satu-satunya film Indonesia yang menggunakan bahasa Jawa-Serang dari awal sampai akhir.

MenurutKamila, bahasa Jawa-Serang jarang digunakan di Indonesia dan pengguna bahasa Jawa-Serang pun tidak terlalu terlihat eksistensinya.

Sehingga ia memutuskan untuk memperkenalkan bahasa tersebut melalui film ini. Fakta film Yuni berikutnya bisa kalian lihat di halaman selanjutnya.

Dedikasi Arawinda Kirana dalam Debut Aktingnya

Film Yuni merupakan debut Arawinda Kirana di dunia perfilman, sebelumnya ia sudah aktif di dunia seni peran melalui pertunjukkan teater musikal dan film pendek.

Arawinda juga seorang penyanyi dan aktif dalam dunia permodelan. Bahkan, salah satu lagu yang dinyanyikan olehnyayaitu Sajak Tafsir, menjadi lagu pembuka dalam film ini.

Untuk mendalami perannya sebagai Yuni, Arawinda membuat akun Instagram @yunihhh__1006, di mana ia mengelola akun tersebut sebagai karakter Yuni.

Baca Juga: Asyik! Film The Batman Bakal Bisa Ditonton di HBO GO Sebentar Lagi

Caption dan foto dalam akun tersebut dibuat sesuai dengan karakter Yuni di dalam film.

Foto yang diunggah kebanyakan bernuansa ungu, warna kesukaan Yuni, dan penulisan caption juga menggunakan bahasa Jawa-Serang.

Tayang di Mancanegara dengan Sederet Penghargaan

Sejak perilisannya pada akhir tahun 2021, film ini sudah ditayangkan di berbagai kota di seluruh dunia seperti di Tokyo, Toronto, Philadelphia, Roma, Vancouver, dan Busan.

Tidak hanya itu, film Yuni juga terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang bergengsi Academy Awards (Oscar) yang ke-94 sebagai salah satu nominasi untuk kategori Best International Feature Film.

Film Yuni juga berhasil meraih berbagai penghargaan seperti Platform Prize Award di 2021 Toronto International Film Festival.

Lalu mendapat penghargaan juga di Silver Yusr Award untuk kategori aktris terbaik di Red Sea International Film Festival 2021.

Ada 7 Penghargaan di Piala Maya 10, Honorary Distinction di Cyprus Film Days International Festival 2022, dan Piala Citra di Festival Film Indonesia.

Film Yuni akan tayang pada 21 April 2022 di Disney+ Hotstar. Simak sinopsis film Yuni yang dilansir dari TribunSeleb.

Baca Juga: Tiket Doctor Strange 2 Sudah Mulai Dijual di 10 Negara, Indonesia Ada?

Sinopsis Yuni

Yuni adalah seorang gadis remaja yang memiliki impian untuk melanjutkan pendidikannya ke bangku perkuliahan.

Sebagai siswa SMA yang ceria dan pintar di sekolahnya, ada permasalahan yang Yuni alami untuk menggapai impiannya.

Hal yang menjadi permasalahan ialah lingkungan tempat tinggal Yuni, dominan masyarakatnya masih memegang prinsip kuat.

Daerah tempat tinggal Yuni menganggap jika anak mereka sudah memiliki pacar maka sebaiknya disegerakan untuk menikah.

Atau anak perempuan yang sudah lulus sekolah diminta untuk segera menikah.

Yuni sebenarnya memiliki pengagum rahasia, Yoga, namun Yoga tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya.

Saat tengah menikmati makan dan minumannya, Yoga dihampiri oleh teman-temannya yang mengatakan jika Yuni telah dilamar oleh seorang pria.

Namun, Yuni tidak menerimanya, karena pria tersebut datang dengan istrinya dengan maksud ingin menjadikan Yuni sebagai istri keduanya.

Baca Juga: Adinia Wirasti Jadi Korban Perselingkuhan di Serial Terbaru Disney+ Hotstar

Yoga menanyakan bagaimana jawaban Yuni tentang lamarannya yang kedua dan Yuni pun menjawab tidak tau dan tidak mau di madu.

Scene film Yuni di Disney+ Hotstar

Terlebih lagi terdapat mitos yang dipercaya, perempuan tidak boleh menolak lamaran lebih dari dua kali karena akan membuat dirinya jauh dari jodoh.

Di satu sisi, Yuni mendapat informasi dari gurunya, terdapat jalur penerimaan calon mahasiswa baru tanpa tes. Namun, syaratnya minimal ranking tiga di sekolah dan belum menikah.

Yuni pun merasa kesal dan kecewa dengan keadaannya. Bagaimanakah kelanjutan kisah Yuni? Kalian bisa menontonnya nanti di Disney+ Hotstar. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya