Index Kebahagiaan Gawai 2022: Konsumen Tak Sepenuhnya Bahagia Pada Suatu Brand

Minggu, 10 April 2022 | 19:19
Nextren

Indeks Kebahagiaan Gawai 2022

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Hasil riset Index Kebahagiaan Gawai 2022 sudah rampung dan dapat dibagikan untuk bisa diketahui oleh para pengguna ponsel di Indonesia.

Salah satu hal yang menjadi bahasan pada Index Kebahagiaan Gawai 2022 ialah indikator-indikator yang membuat konsumen bahagia terhadap sebuah smartphone.

Setidaknya ada 5 indikator yang diukur untuk bisa menunjukkan alasan konsumen merasa bahagia ketika membeli dan menggunakan smartphone dari salah satu brand.

Menariknya, hasil dari kelima indikator tersebut menunjukkan fakta yang bisa berbeda dengan hasil Index Kebahagiaan Gawai 2022 secara keseluruhan.

Terungkap bahwa tidak semua konsumen dari sebuah merek HP selalu merasa bahagia ketika memilikinya.

Bisa jadi, ada satu atau dua indikator yang membuat konsumen tersebut merasa tidak bahagia.

Oleh karena itu, kali ini Nextren akan membahas Index Kebahagiaan Gawai 2022 berdasarkan 5 indikator penilaian.

Penasaran? Simak pemaparan lebih detilnya di halaman berikutnya.

Baca Juga: Index Kebahagiaan Gawai 2022: Merek Hape Apa yang Paling Membuat Bahagia Pemiliknya?

1. Harga

Berbicara soal smartphone, mungkin kita tidak akan bisa terlepas dari pertimbangan harga jual.

Dan pada indikator harga, hasil riset Index Kebahagiaan Gawai 2022 mencatat bahwa Redmi memiliki persentase yaitu 82,75 persen.

Artinya, para pengguna smartphone Redmi merasa bahagia dengan harga yang diberikan.

Hanya saja, beberapa brand ternama seperti Samsung, Xiaomi, iPhone, dan OPPO memiliki persentase yang lebih dari rata-rata.

Redmi
Redmi

Redmi Note 11 Pro

Bahkan, para pengguna iPhone yang sebelum tercatat tidak terlalu mempertimbangkan harga ketika membeli smartphone, justu merupakan konsumen yang paling tidak bahagia untuk indikator harga.

Dari adanya temuan ini, disimpulkan bahwa banyak fans iPhone yang cenderung fanatik, karena mereka tetap membeli iPhone walaupun merasa tidak bahagia dengan harga yang ditawarkan.

2. Design

Lalu untuk indikator berikutnya, Index Kebahagiaan Gawai 2022 menjadikan Design sebagai salah satu penilaian.

Baca Juga: Index Kebahagiaan Gawai 2022: Inilah Pertimbangan Konsumen Saat Beli Smartphone

Dalam indikator design, iPhone meraih persentase yang mengartikan bahwa pengguna iPhone merasa bahagia dengan tampilan smartphonenya.

iPhone pun unggul dari para kompetitor seperti Samsung, OPPO, Redmi, realme, dan lainnya dengan jarak yang cukup terbilang besar.

Jika dibandingkan dengan pengguna Redmi, para konsumen iPhone memiliki tingkat kebahagiaan terhadap desain sekitar 5 persen.

(Apple.com)
(Apple.com)

Ilustrasi iPhone SE 2022

3. Fitur

Dalam memilih sebuah smartphone, kehadiran fitur menjadi salah satu yang dipertimbangkan konsumen.

Dan pada indikator fitur, iPhone masuk ke dalam jajaran merek dagang yang sudah berhasil membuat para konsumennya merasa bahagia.

Namun hal tersebut tidak terjadi pada Xiaomi, dimana para pengguna HP Xiaomi di Index Kebahagiaan Gawai 2022 mengaku belum merasa puas dengan fitur yang diberikan.

4. Spesifikasi

Berikutnya adalah indikator spesifikasi yang juga masuk ke dalam penilaian riset Index Kebahagiaan Gawai 2022.

Baca Juga: Analis Sebut iPhone 14 Pro Akan Punya 'Tonjolan Kamera' Lebih Besar

Pada indikator spesifikasi, Samsung mencatat persentase sebesar 79,9 persen.

Namun persentase tersebut belum mencapai tingkat kebahagiaan konsumen yang berada di angka minimal 80,8 persen.

Sebagai kompetitor dari iPhone, Samsung justru memiliki selisih indikator kebahagiaan spesifikasi sebanyak 5 poin.

Samsung Galaxy S22 Ultra punya S Pen yang memiliki beberapa fungsi.

5. Purnajual

Indikator terakhir yang dinilai pada Index Kebahagiaan Gawai 2022 ialah purnajual atauafter sales.

Dalam indikator purnajual, ada hal menarik yang terjadi pada dua brand yang masih berada di dalam satu grup yaitu Xiaomi dan Redmi,.

Meski memiliki strategi penjualan yang berbeda, dimana Xiaomi fokus penjualan di e-commerce, sedangkan Redmi di retailer.

Namun keduanya dianggap belum memiliki indeks kebahagiaan di sistem purnajual.

Baca Juga: Ini Hasil Foto Kamera Xiaomi 12, HP Flagship yang Bisa Saingi Kamera Profesional!

Baca Juga: Siap-Siap Mirip Artis Korea Jika Foto Dengan Samsung Galaxy A53 5G, Ini Reviewnya

Bahkan untuk indikator purnajual, iPhone memiliki persentase yang lebih besar dari tingkat kebahagiaan penggunanya.

Konsumen iPhone menilai bahwa iPhone dan storenya memilikimanpower sales yang berkualitas baik.

Hal itu pun dibuktikan dengan indikator purnajual yang dicatat oleh iPhone pada Index Kebahagiaan Gawai 2022.

Oppo Find X5 Pro

Sekarang kamu tahu bahwa tidak semua konsumen dari sebuah brand smartphone selalu merasa bahagia ketika memiliki produknya.

Ada sejumlah indikator yang mengungkap fakta lain terhadap kebahagiaan para konsumen.

Terus ikuti perkembangan artikel-artikel terkait Index Kebahagiaan Gawai 2022 di situs Nextren ya!

(*)

Tag

Editor : Wahyu Subyanto