Asus Vivobook Pro 14X OLED (N7400), si Ringkas yang Serbabisa Buat Kreator Konten

Kamis, 31 Maret 2022 | 16:17
Dok. ASUS

Ilustrasi penggunaan laptop Vivobook Pro 14X OLED (N7400)

Nextren.com – Banyak orang mengira kebutuhan laptop bagi seorang kreator konten tidak berbeda dengan seorang gamer.

Tak heran, para kreator konten sering mendapat rekomendasi laptop gaming untuk menunjang kegiatan produksi kontennya.

Alasannya sederhana, laptopgamingdikenal memiliki komponenhardwareyang lebih baik dari laptop padaumumnya di pasaran.

Selain itu, laptop ini memilikirefresh rate dan responsetimeyang lebih baik sehingga layar laptop lebih responsif dalam menampilkan obyeksaat dinavigasikan.

Baca Juga: Inilah Daftar 5 Universitas Swasta Terbaik Indonesia versi Webometrics di Tahun 2022

Namun, pada kenyataannya, spesifikasi yang ditawarkan laptop gaming tersebut tidak terlalu relevan dengan kebutuhan para kreator konten.

Alih-alih melihat gambar denganframe rate tinggi, kreatorkonten justru lebih membutuhkan laptop dengan dua kemampuan, yakni tingkat reproduksi warna yang tinggi dan keakuratan warna yang dihasilkan.

Permasalahan inilah yang disadari oleh produsen laptop asal Tiongkok, ASUS. Mengingat ketersediaan laptop khusus kreator konten masih tergolong minim, ASUS pun membuat solusi dengan “mengawinkan” laptopgamingdengan laptop bervisual tinggi lewat Vivobook Pro 14X OLED (N7400).

Sebagai informasi,Vivobook Pro 14X OLED (N7400) membawa layar berteknologi Organic Light-Emitting Diode (OLED) dengan resolusi 2.8K atau 2880 x 1800 piksel.

Layar OLED tersebut diketahui mampu menghilangkan efekbacklightsehingga gambar tampak lebih tajam meski berada dalam mode kecerahan rendah.

Dok. ASUS

Layar OLED ASUS tampak lebih bersih, tajam, dan kaya warna

Pada tingkat kecerahan 11 persen, misalnya, layar ini tetap mampu menampilkan kualitas visual sama seperti tingkat kecerahan 100 persen. Sementara pada kondisi kecerahan 100 persen, laptop ini mampu menghasilkan rasio kontras warna 1.000.000:1 dengan tingkat kecerahan 500nits.

Bagi kreator konten yang senang bereksplorasi dengan desain dan warna, laptop berukuran layar 14 inci ini juga sudah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sertacolor gamut100 persen DCI-P3.

Sebagai informasi, PANTONE merupakan standar tertinggi dalam keakuratan warna pada layar. Dukungancolor gamutyang tak kalah tinggi di atas sRGB membuat layar Vivobook Pro 14X OLED (N7400) mampu menampilkan warna dengan akurat, layaknya melihat dengan mata secara langsung.

Meski begitu, Anda tidak tidak perlu takut mengalami mata lelah akibat lama menatap layar. Sebab, layar OLED ASUS sudah dilengkapi dengan teknologianti-flickeralias anti mata lelah dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologianti-flickerdanlow blue light.

Baca Juga: Wajib Tahu! Intip Review Non-Spoiler Film Morbius dari Netizen

Didukung fitur HDR

Untuk kebutuhaneditvideo, layar OLEDASUSsudah mendukung format High Dynamic Range (HDR) bersertifikasi Vesa DisplayHDR. Selain itu, layar ini juga memiliki kemampuan menampilkan gambar (response time) secara cepat, yakni hingga 0,2ms.

Mengingat proses edit video membutuhkan sumber dayahardwareyang lebih tinggi, ASUS pun membenamkan kartu grafis dari NVIDIA, GeForce RTX 3050, dengan dukungan memori (RAM) DDR4 3200MHz berkapasitas 16 GB.

Hasilnya, gambar bergerak seperti animasi, video, atau film dapat ditampilkan secara detail dan tajam denganresponse timeyang singkat, yakni berkisar 0,2ms.Hadir juga sistem pendingin IceCool dengan dua kipas.

Baca Juga: Unboxing Samsung Galaxy A13, Fix Jadi Rekomendasi HP 2 Jutaan Terbaru!

Dalam pengujian 3DMark Stress Test mode Time Spy sebanyak 20 kali pengulangan yang dilakukanASUS, sistem pendingin di laptop ini dapat menjaga rata-rata suhu operasional di angka 61 derajat celcius. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika laptop mengalami overheatketika digunakan seharian penuh.

Dapat mengoperasikan berbagai aplikasi kreatif

Di sampingeditvideo, penggunaan aplikasi kreatif lain pun bisa dilibas dengan mudah berkat adanya prosesor teranyar Intel, 11th Gen Intel® Core™ i7-11370H processor dan NVIDIA Studio Driver.

Dok. ASUS

ASUS Vivobook Pro 14X OLED

Kehadiran Studio Driver membuat konten kreator dapat melakukan berbagai kegiatan multitaskingtanpalag. Sebab, fitur ini bisa menyeimbangkan antara penggunaan memori, prosesor, hingga kartu grafis pada masing-masing aplikasi.

Tersedia juga dukunganPCIe SSD 3.0 x 4berkapasitas 1terabyte(TB) sebagai media penyimpanan, sertaASUSDialPad yang tertanam di bagiantouchpaduntuk mempermudah proses edit foto atau video di aplikasi Adobe Lightroom Classic CC, Photoshop CC, Premiere CC, dan After Effects CC.

Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu menggeser ikon yang terdapat di pojok kanan atastouchpad. Namun, apabila memerlukan bantuan media lain seperti tablet grafis atau kartu microSD, laptop ini juga memilikiportyang lengkap.

Porttersebut mencakupportUSB Type-A, HDMI, 3.5mmcombo audio jack, pembaca kartu microSD, dan dukunganportUSB Type-C Thunderbolt 4 dengan fitur USB Power Delivery. Fitur ini memungkinkan Anda mengisi daya laptop menggunakanpowerbankatau adaptor ponsel.

Baca Juga: Apple Akan Pangkas Produksi IPhone SE 2022, Perang Rusia dan Ukraina Bikin Sepi Peminat

Meski begitu, ketahanan daya baterai laptop ini juga tergolong awet. Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test, laptop ini berhasil bertahan lebih dari sembilan jam pada mode Modern Office.

Terkait dukungan konektivitas,ASUSjuga membenamkan modul WiFi 6 atau versi 802.11ax dengan sokonganASUSWiFi Master untuk konektivitas lebih baik. Tersedia juga fitur Bluetooth 5.0 untuk penggunaan speaker, mouse, hinggaheadphonenirkabel.

Hadir juga fiturbacklightpada keyboard untuk penggunaan di area minim cahaya, beserta fitur Link To MyASUS yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan smartphone sebagai layar kedua atauwebcammelalui koneksi nirkabel.

Punya bodi ringkas

Dok. ASUS

ASUS Vivobook Pro 14X OLED

Ketika membaca sepintas tentang spesifikasi yang ditawarkan, umumnya seseorang akan beranggapan bahwa Vivobook Pro 14X OLED (N7400) memiliki bodi bongsor dengan bobot yang cukup tinggi. Padahal, anggapan tersebut tidaklah benar.

Vivobook Pro 14X OLED (N7400) didesainASUSdengan ketebalan bodi 1,79 cm dan bobot 1,45 kg. Dari segi desain,ASUSmembuat gebrakan dengan membawa konsep minimalis modern lewat bodi berbahan metal.

Di sektor keyboard, tampilan aksen warna ganda terlihat mendominasi. Sebagai pelengkap, tombol power disematkan di bagian pojok kanan keyboard dengan fungsihybrid, yakni sebagai pembaca sidik jari (fingerprint sensor) yang terintegrasi otomatis dengan Windows Hello.

Bagi Anda yang mencari laptop untuk aktivitas konten kreator, Vivobook Pro 14X OLED (N7400) bisa menjadi salah satu opsi yang layak untuk dipertimbangkan. Adapun harga yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni di bawah Rp 20 juta.

Untuk informasi lebih lanjut seputar spesifikasi, fitur, serta garansi dan lokasi penjualan, kunjungiwebsiteASUSdi sini.

Editor : Wandha Nur Hidayat