Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra Lebih Baik dari iPhone 13, Ini Kata DxOMark

Minggu, 20 Februari 2022 | 10:10
nextpit

Ilustrasi Samsung Galaxy S22 Ultra vs iPhone 13 Pro Max

Nextren.com - Samsung Galaxy S22 Ultra merupakan seri HP flagship yang baru dirilis sekitar dua minggu lalu secara global melalui acara Galaxy Unpacked 2022.

Ponsel tersebut pun menjadikan sektor kamera sebagai salah satu andalan untuk menggoda para pecinta fotografi hinggasmartphone photographer.

Hal itu dapat dilihat dari bagaimana Samsung mencoba untuk mengembangkan aplikasi Galaxy Expert RAW yang didesain untuk memberikan pengalaman baru pada lini fotografi.

Jika berbicara soal spesifikasi, Samsung Galaxy S22 Ultra sudah dilengkapi dengan formasi Quad Camera yang terdiri dari,108MPmain camera, 12MPultrawide, 10MPtelephoto (10xoptical zoom), dan 10MPtelephoto(3xoptical zoom).

Namun bagaimana penilaian kualitas dan kemampuan kamera Samsung Galaxy S22 Ultra?

Kamera Samsung Galaxy S22 Ultra Lebih Baik dari iPhone 13

Menjawab hal tersebut, DxOMark sebagai situs penilai kemampuan kamera smartphone baru saja merilis hasilreview kamera Samsung Galaxy S22 Ultra.

Pada laman artikel yang diunggah DxOMark, Sabtu (19/2) kemarin, diungkap skor dari kamera Samsung Galaxy S22 Ultra yang dinilai lebih baik dari iPhone 13.

Baca Juga: Perbedaan Spesifikasi Samsung Galaxy S22 dan Galaxy S21, Bagusan Mana?

Situs penilai kamera smartphone itu menyematkan skor sebesar 131 poin untuk kamera Samsung Galaxy S22 Ultra.

Secara rinci diperlihatkan kalau DxOMark memiliki tiga aspek penilaian yang membuat Samsung Galaxy S22 Ultra mengantongi skor tersebut, yaitu Foto, Zoom, dan Video.

Dengan penyematan skor 131 poin dari DxOMark, Samsung Galaxy S22 Ultra pun berhasil menduduki posisi ke 14.

DxOMark
DxOMark

Skor DxOMark kamera Samsung Galaxy S22 Ultra.

Urutan itu pun tiga tingkat lebih baik jika melirik pada posisi iPhone 13 yang menempati nomor 17rankingDxOMark.

Lalu apa alasan DxOMark menilai kamera Samsung Galaxy S22 Ulta lebih baik dari iPhone 13?

Kamera Bekerja dengan Baik

Dilansir dari situs resmi DxOMark, Minggu (20/2), disebutkan kalau kamera Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki kinerja yang cukup baik di kelasnya.

"Dalam mode foto, kamera bekerja dengan baik, terutama untuk warna dan pencahayaan," tulis DxOMark.

Meski begitu, dikatakan pula kalau kamera Samsung Galaxy S22 Ultra masih memunculkannoise luminance di beberapa hasil jepretannya.

Baca Juga: Perbandingan Kamera Samsung Galaxy S22 vs iPhone 13, Bedanya Tipis!

Kemudian DxOMark juga menilai bahwa tingkat detail yang dihasilkan belum dapat dikatakan yang terbaik.

"Penguji kami juga mengamati artifak dering yang kuat di semua kondisi, dan efek ghosting sering terlihat saat menangkap pemandangan dengan kontras tinggi," ungkap DxOMark.

Namun jika berbicara soal kameraultrawide, situs penilai tersebut ada beberapa hal yang membuat kamera Samsung Galaxy S22 lebih baik.

Samsung

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

Dinyatakan kalau kameraultrawide dari seri HP flagship terbaru Samsung itu memiliki kemampuan pengurangan noise yang lebih efektif dari pendahulunya.

Lalu untuk kamera zoom tele, eksposur target pun dikatakan bisa lebih akurat dan memilikiwhite balance yang lebih netral pada cahaya terang.

Dan pada saat digunakan untuk jarak menengah dan panjang, kamera Samsung Galaxy S22 Ultra diklaim mampu bekerja dengan baik berkat sensor 10MPtelephoto10xzoom optical.

Namun perlu dicatat bahwa penilaian DxOMark ini dilakukan pada perangkat Samsung Galaxy S22 Ultra versi chipset Exynos 2200, bukan Snapdragon 8 Gen1 milik Qualcomm.

Jadi, apakah kamu setuju kalau kamera Samsung Galaxy S22 Ultra lebih baik dari iPhone 13?

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya