Pinjol di Shopee Paylater Masuk BI Checking? Ini Kata Banker di TikTok

Selasa, 15 Februari 2022 | 12:00

Shopee Paylater

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - Seorang konten kreator TikTok tengah viral setelah memposting video yang membahas tentang pinjol (pinjaman online).

Dalam sebuah video yang diunggah pada hari Senin (14/2) kemarin, pria dengan akun @hendrayusuf260 mengungkap cara kerja pinjol di Shopee Paylater.

Pembahasan mengenai sistam peminjaman uang melalui Shopee itu pun didasari oleh adanya pertanyaan dari netizen di kolom komentar akun tersebut.

"Nah ini pertanyaan yang sangat menarik sekali," tuturnya saat mengawali video.

Ia pun membacakan pertanyaan dari netizen yang mengaku kalau di SPinjam (Shopee Pinjaman) dan Shopee Paylater bisa masuk BI Checking.

"Di BI Checking saya banyak tagihan-tagihan dari bank. Saya telfoncall center katanya tagihan dari Shopee," ucap Hendra saat membaca pertanyaan dari warganet.

Pinjol di Shopee Paylater Masuk BI Checking

Baca Juga: Viral Cerita Bocah SD Jualan Gambar di Shopee, Bikin Haru Netizen

Menjawab laporan netizen, Hendra menjelaskan bahwa pinjol di Shopee Paylater memang dapat membuat konsumen masuk ke dalam daftar BI Checking.

"Memang benar. Banyak sekali paylater atau yang semacamnya atau yang sejenisnya itu, yang mempunyaijoin financeke bank-bank yang gede," ungkapnya.

"Jadi mereka (Shopee Paylater) bekerjasama dengan bank-bank gede, bank A, bank B, bank C, seperti itu," tambah Hendra.

Lebih lanjut, banker tersebut juga menjelaskan kalau para pengguna Shopee Paylater tidak perlu bingung.

Sebab dengan sistemjoin finance, nama Shopee Paylater tidak akan tercantum dalam BI Checking.

Namun nantinya hanya akan ada nama bank yang berkolaborasi dengan Shopee untuk memberi pinjaman ke kamu.

Minta Surat Lunas ke Pihak Shopee Paylater

Dalam video berdurasi pendek itu turut dijelaskan solusi yang harus dilakukan oleh pengguna Shopee Paylater ketika namanya tercatat dalam BI Checking.

"Kalian harus klarifikasi lagi nih kalau ada kejadian seperti ini (pinjol di Shopee Paylater masuk BI Checking)," ucap Hendra.

Baca Juga: Kantor Pinjol Ilegal Digerebek Polisi, 99 Karyawannya Bekerja Nonstop

Kamu bisa menghubungi pihak Shopee Paylater terlebih dahulu, kemudian tanyakan terkait status pelunasan yang sudah kamu lakukan.

"Jadi kalau mereka (Shopee Paylater) sudah menginfokan (ke bank yang berkolaborasi), otomatis si bank A akan menginformasikan juga ke pihak OJK bahwa pinjaman kalian itu sudah lunas," jelas Hendra.

Oleh karena itu, konten kreator TikTok tersebut menyarankan agar konsumen meminta surat lunas ke pihakpaylater untuk bisa segera dilaporkan langsung ke pihak bank yang berkolaborasi.

"Jadi itu juga penting juga guys, kalian tarik SLIK OJK kalian untuk mengetahuipaylateritu punyajoin financedimana,"

Sebagai informasi, penyebutan SLIK OJK dan BI Checking itu sama saja, karena kini keduanya sudah dinaungi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Dan sejauh ini Nextren sudah mencoba untuk menghubungi pihak Shopee Pay, namun masih belum ada tanggapan resmi terkait video viral tersebut.

Adakah Sobat Nextren yang mengalami pengalaman serupa ketika pinjol di Shopee Paylater?

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya