Apple Umumkan Update AirTag untuk Cegah Pelacakan Ilegal, Segera Rilis

Minggu, 13 Februari 2022 | 20:33
Pixabay

Ilustrasi AirTag

Nextren.com -Apple resmi meluncurkan AirTag di gelara Apple Event April 2021.

AirTag didesain sebagai aksesoris yang berfungsi mengamankan barang pribadi yang mudah hilang seperti dompet, kunci, atau benda penting lainnya.

AirTag berbasis Bluetooth Tracking dan ditenagai oleh U1 Chip besutan Apple.

Sayangnya, perangkat AirTag kerap dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab untuk melakukan pelacakan ilegal, menguntit (stalking), dan semacamnya.

Tercatat, pada tahun 2021 muncul beberapa kasus stalking dan pencurian yang memanfaatkan perangkat AirTag.

Baca Juga: Polisi Tangkap Seorang Pria yang Mencoba Mencuri Mobil Memakai AirTag

Karena beberapa kasusstalkingdengan AirTag semakin marak, Apple akan meluncurkan update AirTag untuk mencegah pelacakan ilegal.

Melansir dari Apple Newsroom,Apple menjelaskan bahwaAirTag tidak diciptakan untuk melacak orang lain tanpa sepengetahuan mereka alias kegiatanstalking.

Untuk pencegahan kasusstalkingsemakin marak, Apple menjelaskan bahwa mereka siap bekerjasama dengan pihak penegak hukum.

Apple menjelaskan bahwa mereka berhak memberikan detail pemilik AirTag yang melakukanstalkingkepada pihak penegak hukum jika diperlukan.

Dalam waktu dekat, Apple juga akan memberikan sejumlah update untuk fitur AirTag dan Find My Network.

Berikut merupakan daftar update fitur AirTag dan Find My Network yang akan dirilis Apple

1. Peringatan Privasi Baru Selama Pengaturan AirTag

Dalam update software yang akan datang, setiap pengguna yang mengatur AirTag untuk pertama kalinya akan melihat pesan yang dengan jelas menyatakan bahwa AirTag dimaksudkan untuk melacak barang-barang mereka sendiri.

Dijelaskanjuga bahwa menggunakan AirTag untuk melacak orang tanpa persetujuan adalah kejahatan di banyak wilayah di seluruh dunia.

AirTag yang digunakan untukstalkingdapat dideteksi oleh korban dan penegak hukum dapat meminta informasi pengenal pemilik AirTag.

Baca Juga:Pria ini Ditangkap Setelah Mencoba Mencuri Mobil Menggunakan AirTag

2. Mengatasi Masalah Peringatan untuk AirPods

Dalam update software yang akan datang, Apple akan memperbarui peringatan yang diterima pengguna untuk menunjukkan bahwa AirPods telah bepergian dengan mereka alih-alih “Aksesori Tidak Dikenal”.

Baca Juga: Apple Akan Luncurkan Aplikasi Pelacak AirTag di Android, Kapan Rilis?

3. Update Dokumen Dukungan

Apple telah memberikan update untuk artikeldukungan pelacakan yang tidak diinginkanuntuk menjelaskan fitur keselamatan yang ada di AirTag, AirPods, dan aksesori yang mendukung Find My Network.

Penjelasan baru yang diberikan membahas seputar perangkat AirTag yang digunakan untukstalkingdan notifikasi yang diterima oleh korban.

Penggunajuga akan menemukan panduan untuk menonaktifkan AirTag atau AirPods yang digunakan untukstalking.

Apple
Apple

Panduan terbaru seputar mencegah stalking dengan AirTag

Dalam waktu yang akan datang, Apple juga akan memberikan update untuk AirTag dengan fitur sebagai berikut:

  • Precision Finding (untuk iPhone 11 series, iPhone 12 series dan iPhone 13 series) akan mendukung pelacakan yang lebih presisi untuk AirTag atau AirPods yang ditemukan dalam korbanstalking.
  • Perangkat iOS akan mendeteksi AirPods yang diduga digunakan untukstalkingdan korbannya dapat melakuka mode memutar suara atau mengaktifkan Precision Finding jika tersedia.
  • Sistem peringatan pelacakan baru yang menggunakan pola canggih untuk memperingatkan pengguna jika ada AirTag atau AirPods milik orang lain yang selalu ada bersama mereka alias digunakan untuk stalking.
  • Mode pengaturan suara untuk notifikasi AirTag yang digunakan untukstalkingagar lebih mudah dicari oleh korban.
Sayangnya, Apple masih belum menjelaskan jadwal peluncuran update fitur baru AirTag.

Tetap ikuti Nextren untuk perkembangan informasi berikutnya.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya