Wartawan Asing Sebut Internet di Mandalika Buruk, Wawancara Marc Marquez Terganggu

Kamis, 10 Februari 2022 | 17:22

Marc Marquez tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Maji, Lombok, NTB

Nextren.com - Seperti biasa, saat ada hajatan besar berskala internasional, tentu ada wartawan dari berbagai negara yang melakukan wawancara.

Begitu pula para pembalap MotoGP yang akan berlaga di Mandalika, Lombok. Seluruh pembalap MotoGP tiba di Sirkuit Mandalika Senin (7/2), dan segera menjalani tes pramusim MotoGP Mandalika pada 11-13 Februari nanti.

Total ada 24 pembalap yang sudah dipastikan mengikuti balapan MotoGP Mandalika, termasuk para bintang balap seperti Marc Marquez, Fabio Quartararo, Joan Mir, hingga Jack Miller.

Baca Juga: Pembalap MotoGP Remy Gardner Permalukan Indonesia? Ini Instastories yang Disorot Netizen

Wawancara para wartawan asing itu dilakukan secara online lewat aplikasi Zoom yang sering dipakai untuk rapat online.

Namun jaringan internet di kawasan MotoGP Mandalika 2022 dianggap buruk oleh jurnalis asing yang mengalami gangguan saat mewawancarai pembalap MotoGP secara online.

Saat itu wartawan MotoGP Simon Patterson mewawancarai dua pembalap Repsol Honda yaitu Poles Espargaro dan Marc Marquez yang saat ini sudah berada di Mandalika.

Sayangnya jaringan internet yang kurang optimal membuat wawancara terganggu.

“Sorotan sejauh ini @HRC_MotoGP tanya jawab media di Zoom sangat menghibur @@marcmarquez93 @polespargaro koneksi internet buruk,” ujar Simon dalam bahasa Inggris, di akun twitternya @denkmit, Kamis (10/2/2022).

Twitter
Twitter

Tweet wartawan MotoGP Simon Patterson tentang buruknya koneksi internet saat wawancara Marc Marquez

Buruknya jaringan internet itu diduga Simon bukan berlokasi di Lombok, namun di tempat menginap para pembalap Honda Repsol.

Pasalnya jaringan WiFi di tempat Simon menginap diklaim baik.

“Saya pikir HRC hanya di hotel yang salah. Wifi saya di Lombok sangat bagus,”tweet Simon.

Tentu saja netizen Indonesia bereaksi terhadap tweet Simon yang mengeluhkan kondisi jaringan internet di Indonesia itu.

Banyak pula yang menautkan keluhan Simon itu ke pihak terkait seperti @telkomsel, @telkomindonesia, Kemenkominfo dan Kemenparekraf.

Akun @Jufan1897 langsung merespon dengan memberitahu tempat protes, "@telkomsel, @telkomindonesia When we had poor connections, we complain to them.

Baca Juga: Aleix Espargaro Kepergok Beli Kartu XL Axiata, Ini Keseruan Para Pembalap MotoGP di Indonesia

Yang menarik admin @telkomsel langsung meresponnya dengan jawaban seperti biasa, Hi, Mr Jufan. Sorry for the problem you're having. For internet connection issues, have you already tried to refresh the network with On-Off data service?"

Seperti kita ketahui bersama, itu adalah jawaban standar yang selalu diberikan admin saat ada masalah di jaringannya.

Sebelumnya Menkominfo Johnny G. Plate mengklaim akan menambah bandwidth dan menghadirkan 5G experience demi kesuksesan event MotoGP Mandalika 2022.

Upayanya dengan memfokuskan jaringan 4G dan 5G ke sejumlah titik seperti tempat berkumpulnya media, akomodasi, keamanan dan lainnya.

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya