Evolusi Fitur Portrait HP OPPO Reno Series Yang Bikin Foto Super Unik

Sabtu, 22 Januari 2022 | 13:00
Bagus

OPPO Reno4 (kiri), Reno5 (tengah) dan Reno6 (kanan)

nextren.com - OPPO Reno series adalah salah satu smartphone kelas menengah favorit di Indonesia dengan sejumlah fitur dan spesifikasi yang menarik bagi para konsumen.

Salah satunya adalah ragam fitur kamera portrait yang menjadi andalan Reno series dengan kemampuan membuat foto unik dan sering kali menjadi yang pertama di kelasnya.

Fitur Portrait akan menjadi andalan OPPO untuk generasi terbaru perangkat Reno series yang rencananya akan hadir di awal tahun 2022 ini.

Kamera memang selalu menjadi andalan Reno series sejak pertama kali diperkenalkan di dunia pada tahun 2019 yang lalu melalui OPPO Reno 10x zoom dan Reno2 series.

Namun fitur kamera portrait yang menjadi andalan, dapat dilihat pertama kali kehadirannya pada Reno4 series melalui fitur AI Color Portrait.

Namun tidak berhenti di situ, OPPO terus mengembangkan fitur portrait kamera Reno series hingga menjadi cukup beragam.

Beragamnya fitur kamera ini juga didukung oleh pengembanganComputational Photography dan kecerdasan buatan (AI) yang dilakukan OPPO selama beberapa tahun terakhir dan menghasilkan paten dan nilai investasi yang tidak sedikit.

Lalu bagaimana jalan perkembangan dari fitur kamera portrait OPPO Reno series ?

Baca Juga: Fitur Kamera Portrait Akan Jadi Andalan Smartphone OPPO di Tahun 2022

AI Color Portrait (OPPO Reno4 series)

Fitur AI Color Portraitadalah fitur yang membuatefek hitam putih pada latar yang sangat menarik dari kamera depan, belakang, dan juga mode video di kedua kamera OPPO Reno4.

Sehingga foto yang dihasilkan dapat membuat gambar memiliki latar hitam putih, namun objek foto yaitu manusia masih memiliki warna normal.

Efek filter ini tidak hanya mendeteksi warna kulit saja, namun juga pakaian yang dipakai oleh objek orang yang difoto.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil foto Selfie Oppo Reno4 F dengan AI Color Portrait

Pada fitur tersebut dicoba di OPPO Reno4, hasil fotonya terbilang cukup rapi berkat teknologi AI yang ditenagai oleh Chipset Snapdragon 720G.

AI ini memiliki peranan penting untuk memisahkan antara latar dan objek foto secara rapih dan juga cepat, lalu memberikan warna hitam putih pada latar.

Kualitas foto yang dihasilkan ketika fitur ini aktif juga sangat baik dengan detail dan tingkat kecerahan objek yang terjaga dengan syarat cahaya yang cukup menerangi objek foto.

Fitur ini tidak berhenti sampai di OPPO Reno4 saja, namun tetap terbawa sampai generasi terkini yaitu OPPO Reno6 bersama fitur - fitur lainnya.

Baca Juga: Tips Mengambil Foto Portrait Dengan Smartphone Biar Makin Estetik

Night Flare Portrait (OPPO Reno4 series)

Jika fitur bokeh di mode portrait sudah menjadi standar di smartphone, maka OPPO Reno4 pada waktu rilis menawarkan sesuati yang lebih dari sekedar membuat latar blur.

Fitur night Flare Portrait di OPPO Reno4 dapat membuat latar foto ketika malam hari tidak hanya blur, melainkan mampu menampilkan efek lingkaran berpendar dari lampu-lampu di latar.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil foto Night Flare Portrait Oppo Reno4

Sehingga foto seakan-akan seperti dihasilkan dari kamera profesional dengan lensa yang memiliki aperture atau bukaan yang besar.

Untuk mewujudkan efek ini, Night Flare Portrait mengandalkanalgoritma Low Light HDR dan algoritma bokeh, yang membuat foto terlihat lebihcantik dan menarik dibanding mode portrait standar.

Ida Bagus Rai Artha Kusuma

Hasil foto Night Flare Portrait Oppo Reno4

Tidak sampai pada latar yang lebih cantik, efek night flare portrait juga bisa membuat objek yang difoto lebih terang dengan sumber cahaya yang cukup saat proses pengambilan foto dilakukan di malam hari.

Efek dari fitur night flare portrait ini memang akan lebih maksimal jika dilakukan pada malam hari dengan latar belakang lampu - lampu kota atau suasana yang remang-remang.

Baca Juga: Lebih Dari Bokeh, Ini Fungsi Lain Fitur Mode Portrait di Kamera HP

AI Higlight Video (OPPO Reno5 series)

Sebuah smartphone biasanya dipakai untuk mengambil video dalam berbagai macam kondisi cahaya dari yang kurang sampai terang benderang.

Untuk mengatasi ini, OPPO Reno5 dilengkapi dengan AI Highlight video, yaitu suatu algoritma AI untuk mendeteksi kondisi cahaya dan secara otomatis menerapkan perhitungan yang diperlukan berdasarkan skenario yang berbeda.

Ada 2 skenario yang dapat mengaktifkan AI Highlight video, yaitu ketika cahaya redup dan backlit.

bagus

AI Highlight Video di HP OPPO Reno Series

Ketika cahaya redup, kamera akan mengaktifkanalgoritma Ultra Night Video untuk mengoptimalkan kualitas video malam hari terlihat cerah, tajam, dan alami saat berada dalam kondisi dalam kurang cahaya seperti dalam ruangan.

Efeknya tentu saja hasil video yang akan lebih terang ketika berada dalam kondisi cahaya yang cukup sulit atau remang-remang.

Sedangkan skenario yang kedua yaitu saat backlit atau latar cahaya yang sangat kuat,HDR Live otomatis bekerja menghasilkan subjek dan latar belakang yang dapat terlihat sama jelasnya melakukan optimalisasi khusus untuk potret saat mendeteksi subjek manusia.

Sehingga baik objek ataupun latar akan memiliki detail yang sama tanpa harus mengkorbankan salah satunya seperti yang terjadi pada smartphone tanpa fitur ini.

Baca Juga: Perangkat 5G Baru OPPO Bakal Meluncur di Indonesia Kuartal 1 2022

AI Mix Portrait (OPPO Reno5 Series)

Reno5 memiliki kemampuanmenggabungkan video portraitdengan video latar belakang AI Mixed Portrait menghadirkan efek video dengan eksposur ganda pada smartphone untuk pertama kalinya.

Fitur ini kurang lebih dapat menggabungkan 2 video yang terdiri dari objek dan latar yang berbeda untuk dijadikan dalam satu video.

Sekilas, fitur ini terlihat sangat artistik dan butuh keahlian khusus untuk menggabungkan secara manual, namun tidak di OPPO Reno5.

Bagus

Hasil AI Mixed Portrait Oppo Reno5

Dalam fitur AI Mix Portrait ini terdapat 2 mode yang dapat dipilih yaitu Blend dan Silhoutte Mode yang masing-masing memiliki ciri khasnya.

Pengguna nantinya bisa menentukan latar video yang diinginkan baik yang tersimpan di galeri ataupun merekam secara langsung.

Lalu dilanjutkan dengan merekam objeknya berupa manusia yang nantinya akan digabungkan dengan latar dan menghasilkan video yang unik dan menarik seperti video clip musik.

Proses ini berlangsung secara otomatis dan tergolong cepat sekali atau instan tanpa perlu sekolah film terlebih dahulu atau menonton tutorial edit video di youtube.

Baca Juga: OPPO Ungkap Strateginya di Tahun 2022, Lebih Fokus ke Perkembangan 5G

Bokeh Flare Video(OPPO Reno6 Series)

Pada OPPO Reno6 terdapat fitur yang sedikit lebih advance dibanding Night flare portrait yaitu Bokeh Flare Video.

Fitur Bokeh Flare Video ini dapat membuat efek latar blur dengan pandaran cahaya seperti Night Flare Portrait, namun kali ini bisa dilakukan juga ketika mengambil video.

Bokeh Flare Portrait Video menggunakan algoritma kecerdasan buatan OPPO untuk menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titikcahaya bokeh pada berbagaitingkatan kedalaman, meniru apa yang dihasilkan oleh kamera profesional.

OPPO
OPPO

Fitur Bokeh Flare Portrait di OPPO Reno6

Hasilnya pengguna akan mendapatkan hasil video seperti menggunakan kamera profesional dengan aperture atau bukaan yang besar dari sebuah smartphone saja.

Fitur ini memang paling pas ketika digunakan untuk merekam video pada malam hari dengan latar lampu perkotaan yang dapat menambah nilai estetika dari gambar.

Meskipun efek pendaran cahaya di latar juga bisa terjadi pada berbagai macam cahaya seperti lampu lilin, lampu kecil, dan bahkan cahaya matahari yang melewati celah pohon.

Sehingga tidak hanya malam hari, efek bokeh flare video juga dapat terlihat ketika mengambil gambar di siang hari.

Baca Juga: Nextren Editor Choice 2021 TWS Baterai Awet: OPPO Enco Air(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya