Hape 5G Xiaomi di Indonesia Bakal Makin Murah, Ini Target Waktunya

Senin, 10 Januari 2022 | 20:09
Zi

Redmi Note 10 5G

Nextren.com - Sejak Mei tahun 2021 lalu, operator seluler di Indonesia sudah menggelar layanan 5G secara komersial.

Semua vendor juga sudah merilis beragam hape 5G dari berbagai kelas, mulai entry level hingga kelas flagship.

Salah satunya Xiaomi, yang juga sudah mulai merilis beragam hape 5G dengan beragam kelas dan harga.

Awal 2022 ini, Xiaomi berniat menurunkan harga hape 5G di Indonesia agar makin murah lagi.

Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, mengungkap hal itu dalam acara "Embrace 2022 with Xiaomi Corporation" hari ini, Jumat (7/1/2022).

Dilansir Kompas.com, Alvin dengan percaya diri menyatakan bahwa Xiaomi Indonesia akan terus memimpin industri ini dengan menurunkan harga smartphone 5G tahun 2022.

Namun, bagaimana cara Xiaomi membuat harga hape 5G bisa lebih murah tahun 2022 ini, belum dijelaskan Alvin secara lebih rinci.

Alvin juga belum menginformasikan harga seri hape 5G yang akan dibawa masuk Indonesia tahun ini.

Sepotong informasi dijelaskan Alvin, bahwa hape 5G Xiaomi di Indonesia disebutnya terbilang "mahal", karena kebanyakan dijual di atas Rp 5 juta.

Menurut Alvin, harga jual di atas Rp 5 juta tersebut terjadi karena ongkos produksi hape 5G juga lebih mahal dari hape biasa (4G LTE).

Baca Juga: Hape 5G Makin Terjangkau, Samsung Umumkan Galaxy A42 5G Sebagai Seri 5G Termurahnya

Memang terlihat di situs resmi Xiaomi Indonesia, hape 5G Xiaomi kebanyakan juga masih seri hape flagship yang terbilang mahal.

Jajaran hape 5G flagship Xiaomi itu harganya antara Rp 5 juta hingga Rp 17 jutaan, seperti Xiaomi Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 10T series, hingga Xiaomi 11T series sebagai seri terbaru.

Padahal harga ponsel 5G di atas Rp 5 juta itu umumnya disebut bertolak belakang dengan kondisi pasar Indonesia saat ini, karena menurut Alvin smartphone yang terjual di Indonesia terbanyak dari segmen entry level.

Di Indonesia, pasar smartphone terus berkembang. "Sekarang kami masih melihat bahwa volume penjualan ponsel terbesar berasal dari smartphone di bawah 2 juta (entry-level)," kata Alvin.

Bicara hape 5G murah di Indonesia, menurut Alvin Xiaomi telah merilis beberapa hape 5G yang lebih terjangkau sejak 2021 lalu.

Misalnya lewat Redmi Note 10 5G seharga Rp 2,9 juta.

Karena itu Alvin berpikir jika Xiaomi Indonesia bisa terus menurunkan harga smartphone 5G, maka adopsi smartphone 5G di Indonesia akan mulai meningkat.

Namun jangan terlalu berharap ya, karena menurut pandangan Alvin, hape 5G terjangkau baru akan lebih bisa dinikmati lebih banyak masyarakat Indonesia bukan tahun ini, namun tahun 2023 nanti.

Editor : Wahyu Subyanto