Ini Bahaya Nonton Bajakan Spider-Man: No Way Home, ATM Bisa Dikuras!

Senin, 27 Desember 2021 | 19:00
Screenrant

Peter Parker dalam 'Spider-Man: No Way Home'

Nextren.com - Berbicara tentang film dengan genre superhero, tentunya tidak lepas dari nama Marvel Studios.

Dalam satu dekade terakhir, telah banyak film-film superhero yang diproduksi oleh Marvel Studios.

Terbaru, Marvel Studios bekerja sama dengan Sony Pictures telah resmi merilis film baru berjudul Spider-Man: No Way Home.

Baca Juga: TIX ID Bocorkan Kemunculan Venom di Film Spider-Man: No Way Home

Spider-Man: No Way Home sendiri sudah dirilis di Indonesia sejak 15 Desember 2021.

Sejak dirilis di tanggal tersebut, laporan menyebutkan bahwa versi bajakan Spider-Man: No Way Home telah beredar di berbagai macam situs ilegal.

Terkait hal tersebut, perusahaan keamanan siber, Kaspersky mengingatkan publik untuk tidak mengunduh versi bajakan Spider-Man: No Way Home.

Selain karena melanggar undang-undang Hak Cipta, Kapersky menemumkan sejumlah link download film bajakan Spider-Man: No Way Home mengandung malware.

Selengkapnya dapat dibaca di halaman kedua.

Melansir dari Kompas TV, malware yang disusupkan penjahat dunia maya di link download film bajakan Spider-Man: No Way Home berpotensi menguras ATM pengguna.

Peneliti Kaspersky menemukan beberapa situsweb phishingyang dibuat untuk mencuri detail bank penonton Spider-Man: No Way Home.

Bahkan, beberapa diantaranyasengaja dibuat sebelum pemutaran perdana film Spider-Man: No Way Home.

"Untuk menonton film sebelum pemutaran perdana, orang-orang diminta untuk mendaftar dan memasukkan informasi kartu kredit mereka," jelas perwakilan Kasperksy, mengutipThe Hindu Businessline via KompasTekno.

"Setelah itu, uang didebit dari kartu mereka dan data pembayaran dikumpulkan oleh penjahat siber, tetapi tidak ada pemutara awal film yang tersedia," sambungnya.

Baca Juga: Inilah Review NON SPOILER Spider-Man: No Way Home dari Netizen

Untuk menarik minat publik, pelaku menggunakan sejumlah trik-trik khusus, salah satunya dengan menggunakan poster tidak resmi.

Poster tersebut menampilkan menampilkan semua aktor Spider-Man, berbeda dengan poster film resmi yang dibagikan Marvel Studios maupun Sony Pictures.

Dengan begitu, akan makin banyak orang tertarik dan mengkliklink download film bajakan Spider-Man: No Way Home yang memang sengaja dibuat pelaku.

Kejahatan tidak berhenti di situ lantaran penonton yang sudah mengunduh file bajakan Spider-Man: No Way Home juga terancam.

Selengkapnya dapat dibaca di halaman ketiga.

Kapersky menerangkan, pada file unduhan bajakan Spider-Man: No Way Home, kemungkinan besar telah disertakan file berbahaya yang tersembunyi.

Berdasarkan analisa dari peneliti Kaspersky, file yang diunduh oleh penonton mengandung malwareyang dapat menginstal program lain yang tidak diinginkan.

Beberapa malware yang sangat berbahaya seperti 'Adware' hingga 'Trojan' juga Kapersky temukan.

Kedua malware tersebut ini akan melakukan tindakan yang tidak diizinkan oleh pengguna.

Beberapa diantaranya seperti mengumpulkan detail informasi pengguna, mengubah data, hingga mengganggu kinerja komputer.

Baca Juga: Fortnite Rilis Skin Spesial Bertema Film Spider-Man: No Way Home

Untuk menhindari gangguan-gangguan malware yang tak diinginkan, pakar keamanan Kaspersky Tatyana Shcherbakova memberikan pendapatnya.

Tatyana memperingatkan publik untukselalu waspada terhadap setiap laman yang dikunjungi saat berselancar di internet.

Selain itu,Tatyana juga menghimbau publik untuk tidakmengunduh file dari situs yang tidak diverifikasi, termasuk file bajakan Spider-Man: No Way Home. (*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya