Bakal Ada Ekskul E-Sports di Sekolah SMP dan SMA, Mulai Januari!

Kamis, 23 Desember 2021 | 10:01
Nextren

Pengurus PBESI dan Garudaku dalam acara konferensi pers, Rabu (22/12), di kawasan SCBD.

Laporan wartawan Nextren, Fahmi Bagas

Nextren.com - PBESI (Pengurus Besar Esports Seluruh Indonesia) tengah menyiapkan rencana baru untuk tahun 2022.

Dalam acara konferensi pers yang diselenggarakan pada hari Rabu (22/12), di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, diterangkan kalau salah satu program PBESI adalah menghadirkan ekskul esports di sekolah-sekolah.

Pihak PBESI menyebut bahwa rencana kehadiran ekskul esports di sekolah itu sudah menarik minat sejumlah sekolah yang ada di Indonesia.

Baca Juga: PBESI Jelaskan Format dan Sistem Kompetisi Esports Nasional 2022

Sekretaris Jenderal PBESI, Frengky Ong pun mengatakan kalau langkah terbaru dari PBESI tersebut akan dijalankan di awal tahun 2022.

"Kami rencanakan itu pada Januari 2022 karena memang sudah ada beberapa sekolah yang meminta pelatih atau coachesports," tuturnya.

Lebih lanjut, pihak PBESI juga menyatakan sudah melakukan tahap pelatihan bagi para pelatih yang nantinya akan mengajarkan kemampuan kepada siswa/i yang ikut ke dalam ekskul esports.

"Minggu lalu kita baru melakukan satu kegiatan pelatihan untuk guru-guru," ujar Frengky.

Ia menambahkan, "(Pertemuan dengan) coach itu untuk mengikuti pelatihan agar bisa berjalan sesuai dengan perencanaan dari PBESI dan tentunya sesuai standar-standar yang sudah kita buat."

Lalu sekolah mana saja yang akan mendapatkan program ekskul esports dari PBESI?

Baca Juga: Siap-siap! Esports akan Menjadi Ekskul di Sekolah, Begini Detailnya

Berdasarkan penuturan Frengky Ong, program ekskul esports akan dimulai dengan memfokuskan diri untuk sekolah di pulau Jawa.

Namun nantinya hal tersebut akan terus dikembangkan seiring dengan bergabungnya sekolah-sekolah lain dalam program tersebut.

Selain itu perlu diketahui juga kalau ekskul esports dari PBESI baru tersedia untuk sekolah swasta saja, mulai dari tingkat SMP hingga SMA.

Baca Juga: DANA Gelar Kompetisi Esports Dukung Perkembangan Industri Gaming

"Sekolahnya nanti ada beberapa, tapi (sekolah) negeri sementara ini belum," jelas Frengky.

Siswa/i akan Ikut Kompetisi

Dengan adanya ekskul esports di sekolah, pihak PBESI menerangkan bahwa nantinya akan ada rencana lanjutan berbentuk kompetisi esports.

Selain itu juga disebutkan kalau terdapat dua kompetisi yaitu Piala Pelajar dan Piala Mahasiswa yang berjalan dengan skema poin sesuai aturan.

Baca Juga: Grand Final Piala Presiden Esports 2021 Digelar di Bali, Ini Alasannya

Namun masih belum diketahui game apa saja yang nantinya akan dipertandingkan di kompetisi tersebut.

Frengky Ong menyebut bahwa nanti pihaknya akan mengkonfirmasi kembali ketika Piala Pelajar dan Piala Mahasiswa sudah mendekati waktu pelaksanaan.

(*)

Editor : Wahyu Subyanto

Baca Lainnya